Blog

Landasan Teori Database TugasAkhirId

Pengertian Database/Basis Data
Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para pemakai. Pangkalan data atau basis data (database) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Berikut ini adalah pengertian database/basis data menurut para ahli :

* Menurut Kustiyaningsih (2011:146), “Database adalah struktur penyimpanan data. Untuk menambah, mengakses dan memproses data yang disimpan dalam sebuah database komputer, diperlukan sistem manajemen database seperti MySQL Server”
* Menurut Anhar (2010:45), “Database adalah sekumpulan tabel-tabel yang berisi data dan merupakan kumpulan dari field atau kolom. Struktur file yang menyusun sebuah database adalah Data Record dan Field”
* Menurut Martono (2009:32), “Database adalah sebagai kumpulan data dari penempatan tenaga kerja yang saling terikat dan memperngaruhi sesuai dengan tingkat kepentingannya sehingga data tersebut terintegrasi dan independence”
* Menurut Raharjo (2011:3), “Database adalah kumpulan data yang terintegrasi dan diatur sedemikian rupa sehingga data tersebut dapat dimanipulasi, diambil dan dicari secara cepat”
* Menurut Kustiyaningsih (2011:146), “Database adalah struktur penyimpanan data. Untuk menambah, mengakses dan memproses data yang disimpan dalam sebuah database komputer, diperlukan sistem manajemen database seperti MySQL Server”
* Menurut Kadir (2010:3), “Database adalah suatu wadah untuk mengelola data. Sebuah database melibatkan beberapa table”
* Menurut Fathansyah (2012:2), “Database adalah kumpulan file/table/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronis”
* Menurut Yakub (2012:51), “Basis data adalah sebagai markas atau gudang tempat bersarang atau berkumpul dalam suatu database”
* Menurut Sutarman (2012:15), “Database adalah sekumpulan file yang saling berhubungan dan terorganisasi atau kumpulan record-record yang menyimpan data dan hubungan diantaranya”
* Menurut Ladjamudin (2013:129), “Database adalah sekumpulan data store (bisa dalam jumlah yang sangat besar) yang tersimpan dalam magnetic disk, ofical disk, magnetic drum, atau media penyimpanan sekunder lainnya”

Berdasarkan beberapa pendapat ahli yang dikemukakan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa database adalah sekelompok data yang mempunyai ciri-ciri khusus dan dapat dikelola sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan sebuah format data yang baru.

Manfaat Database
Beberapa manfaat basis data adalah untuk kecepatan dan kemudahan, efisien ruang penyimpanan, keakuratan, ketersediaan, kelengkapan, keamanan, dan kebersamaan. Untuk teori lebih lengkapnya dapat dilihat di Landasan Teori Manfaat Database

Daftar Pustaka
* Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Mediakita.
* Kadir, A. 2013. Mudah Mempelajari Database. Yogyakarta: Graha Ilmu
* Raharjo, Budi. 2011. Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan MySQL. Bandung: Informatika.
* Kustiyahningsih, Yeni. 2011. Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL. Jakarta: Graha Ilmu.
* Fathansyah. 2012. Basis Data. Bandung: Informatika.
* Martono. 2011. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Ekosinia
* Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
* Sutarman. 2012. Buku Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara

* Ladjamudin, Al-Bahra Bin. 2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu