Blog

Klasifikasi Sistem Menurut Para Ahli

Michael (1996:77) menjelaskan bahwa suatu sistem dapat diklasifikasikan sebagai sistem abstrak lawan sistem fisik, sistem alamiah lawan sistem buatan manusia, sistem pasti lawan sistem probabilistic, dan sistem tertutup lawan sistem tertutup lawan sistem terbuka”. Amsyah (1997:89) menjelaskan bahwa sistem informasi masuk di dalam klasifikasi sistem fisik, sistem buatan manusia, sistem pasti dan sistem terbuka. Sebagai sistem fisik, sistem informasi mempunyai komponen-komponen fisik. Sebagai sistem buatan manusia, karena dirancang dan dibuat oleh analis atau pemakai siste. Sebagai sistem pasti, karena hasil dari sistem ini yang berupa informasi merupakan hasil yang sudah dirancang dan sudah ditentukan sesuai dengan pemakainya. Sebagai sistem yang terbuka, karena sistem ini berhubungan dengan lingkungan luarnya. Lingkungan luar sistem informasi dapat berupa sesuatu di luar sistem informasi ini tetapi masih di lingkungan perusahaannya atau sesuatu di luar lingkungan perusahaannya.

* Suatu sistem dapat diklaifikasikan dari beberapa bagian sudut pandang menurut buku sistem informasi untuk organisasi bisnis (Atin Hafidah dan Dusa Sumartaya, 2003) menjelaskan : 1. Sistem abstrak (abstrac system) dan sistem fisik (physical system) Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak nampak secara fisik. Misalkan sitem teologi, yaitu sistem yang berguna bagi pemikiran-pemikiran hubungan antara Tuhan dengan manusia. Sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik. Misalkan sistem komputer, sistem akuntasi, sistem produksi,dsb. . Sistem alamiah (natural system) dan sistem buatan manusia (human machine system) Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alamiah, tidak dibuat manusia. Misalkan sistem perputaran bumi. Sistem buatan manusia adalah sistem yang dirancang dan dibuat manusia melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin (human machine system). Sistem akuntansi adalah bentuk human machine sistem karena menyangkut penggunaan komputer yang beriteraksi dengan manusia. . Sistem tertentu (deterministic system) dan sistem yang memungkinkan (probalistic system) Sistem tertentu beroperasi dengan tingkah laku yang mudah diprediksi. Sistem komouter merupakan contoh dari sistem tertentu. Sistem tak tertentu adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas. . Sistem sederhana, kompleks dan sangat komplek Klasifikasi ini didasarkan atas banyaknya sub sistem dan hubungan yang terjadi antara sub sistem yang ada. Pada sistem sederhana memiliki sub sistem dan hubungan yang sedikit. Sedangkan sistem yang kompleks memiliki sub sisstem dan hubungan yang lebih banyak dibandingkan dengan sistem sederhana, demikian juga sistem yang sangat komplek memiliki sub sistem dan hubungan yang lebuh banyak daripada sub sistem komplek antara tingkat determinasi dan kompleksitas sistem. . Sistem terbuka (open system) dan sistem tertutup (close sistem) Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem ini menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk lingkungan luar sub sistem yang lainnya. Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomastis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak lainnya.

* Menurut Mustakini (2005:53), Suatu sistem dapat diklasifikasikan :

1. 1. Sistem abstrak (abstact system) dan sistem fisik (phisical system) Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tempak secara fisik, misalnya sistem teknologi yaitu sistem yang berupa pemikiran-pemikiran hubungan antara manusia dengan Tuhan. Sitem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik. . Sistem Alami (natural system) dan Sistem Buatan Manusia (human made system). Sistem alami adalah sistem yang keberadaannya terjadi secara alami/natural tanpa campuran tangan manusia. Sedangkan sistem buatan manusia adalah sebagai hasil kerja manusia. Contoh sistem alamiah adalah sistem tata surya yang terdiri dari atas sekumpulan planet, gugus bintang dan lainnya. Contoh sistem abstrak dapat berupa sistem komponen yang ada sebagai hasil karya teknologi yang dikembangkan manusia. . Sistem pasti (deterministic system) dan sistem tidak tentu (probobalistic system). Sistem tertentu adalah sistem yang tingkah lakunya dapat ditentukan/diperkirakan sebelumnya. Sedangkan sistem tidak tentu sistem tingkah lakunya tidak dapat ditentukan sebelumnya. Sistem aplikasi komputer merupakan contoh sistem yang tingkah lakunya dapat ditentukan sebelumnya. Program aplikasi yang dirancangdan dikembangkan oleh manusia dengan menggunakan prosedur yang jelas, terstruktur dan baku. . Sistem Tertutup (closed system) dan Sistem Terbuka (open system). Sistem tertutup merupakan sistem yang tingkah lakunya tidak dipengaruhi oleh lingkungan luarnya. Sebaliknya, sistem terbuka mempunyai prilaku yang dipengaruhi oleh lingkungannya. Sistem aplikasi komputer merupakan sistem relative tertutup, karena tingkah laku sistem aplikasi komputer tidak dipengaruhi oleh kondisi yang terjadi diluar sistem.

* Menurut Maryati (2008:63), Informasi digolongkan menjadi dua yaitu : 1. Informasi berdasarkan sumbernya * Informasi Internal Informasi yang diperoleh dengan mengolah data yang berasal dari dalam perusahaan sendiri. Informasi internal menggambarkan kondisi atau keadaan dari perusahaan. Analisis dari informasi ini biasanya untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan (Strengh and weakness). * Informasi Eksternal Informasi yang berasal dari luar perusahaan. Analisis dari informasi ini biasanya untuk mengetahui peluang dan ancaman dari usaha yang kita jalankan (Opportunity and thread). . Informasi berdasarkan tujuannya * Informasi untuk perencanaan Informasi ini digunakan untuk membuat keputusan atau penetepan kebijakan ke depan, misalnya untuk membuat perencanaan pembelian bahan, perencanaan promosi, dan lainlain. * Informasi untuk pengendalian Informasi ini digunakan untuk evaluasi yang selanjutnya untuk perbaikan dan pengendalian operasional, misalnya analisis tentang performance perusahaan, kinerja karyawan, dan lainlain.

* Klasifikasi sistem menurut Azhar Sutanto dalam Puspitawati dan Anggadini (2011:6) terbagi menjadi :
1.Sistem terbuka dan tertutup
2.Sistem buatan Manusia dan Tuhan
3.Sistem berjalan dan Konseptual
4.Sistem sederhan dan kompleks
5.Kinerja yang dapat dan tidak dapat dipastikan.
Berikut ini adalah uraian atau penjelasan klasifikasi sistem di atas : 1. Sistem Terbuka dan Tertutup Suatu sistem dikatakan terbuka menurut Ludwig Von Bertanffy (2011:6) : “Bila aktivitas di dalam sistem tersebut dipengaruhi oleh lingkungannya maka itulah sistem terbuka sedangkan suatu sistem dikatakan tetutup bila aktivitas–aktivitas di dalam sistem tersebut tidak terpengaruh oleh perubahan yang terjadi di lingkungannya.” . Sistem Buatan Manusia dan Tuhan Suatu sistem bila diklasifikasi berdasarkan asalnya, sitem tersebut bisa diklasifikasikan sebagai sistem yang ada secara alamiah (buatan Tuhan) atau buatan manusia. Kita adalah sistem yang secara alamiah demikian pula dengan pohon-pohon yang ada di sekitar kita, sedangkan organisasi perusahaan dan perguruan tinggi merupakan contoh lain dari sistem buatan manusia. . Sistem Berjalan dan Konseptual Suatu sistem yang belum diterapkan merupakan disebut sebagai sistem konseptual. Suatu ksistem konseptual yang dapat diterima oleh pemakai sistem sehingga pemakai sistem tersebut menggunakan untuk menunjang operasi sehari-hari maka sistem tersebut berubah menjadi sistem berjalan. . Sistem Sederhana dan Kompleks Sebuah sistem yang sederhan merupakan sebuah sistem yang terbentuk dari sedikit tingkatan dan komponen atau subsistem serta hubungan antara mereka sangat sederhana, misalnya sistem yang digunakan oleh pengantar koran. Sebuah sistem yang kompleks dan jelas terdiri dari banyak komponen dan tingkatan yang dihubungkan dalam berbagai cara yang berbeda, seperti yang ada di perusahaan. . Kinerja yang dapat dan tidak dapat dipastikan Sebuah sistem yang dapat dipastikan kinerjanya, artinya dapat ditentukan pada saat sistem akan dan sedang dibuuat. Sedangkan sistem yang tidak dapat dipastikan kinerjanya artinya tidak dapat ditentukan dari awal tergantung kepada situasi yang si hadapi.

* Menurut Hutahaean (2015:6) Sistem dapat diklasifikasikan dalam beberapasudut pandang antaranya adalah sebagai berikut : 1. Klasifikasi sistem sebagai : * Sistem abstrak (abstract sistem) Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran-pemikiran atau ideide yang tidak tampak secara fisik. * Sistem fisik (physical sistem) Sistem fisik adalah sistem yang ada secara fisik. . Sistem diklasifikasikan sebagai : * Sistem alamiyah (natural sistem) Sistem alamiyah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat oleh manusia. Misalnya sistem perputaran bumi. * Sistem buatan manusia (human made sistem) Sistem buatan manusia adalah sistem yang dibuat oleh manusia yang melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin (human machine sistem) . Sistem diklasifikasikan sebagai : * Sistem tertentu ( deterministicl sistem) Sistem tertentu adalah sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi, sebagai keluaran sistem yang dapat diramalkan. * Sistem tak tentu (probalistic sistem) Sistem tak tentu adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilistic. . Sistem diklasifikasikan sebagai : * Sistem tertutup (close sistem) Sistem tertutup adalah sistem yang tidak terpengaruhi dan tidak berhubungan dengan lingkungan luar, sistem bekerja otomatis tanpa ada turut campur lingkungan luar. Secara teoritis sistem tertutup ini ada, kenyataannya tidak ada sistem yang benar-benar tertutup, yang ada hanya relatively closed sistem. * Sistem terbuka (open sistem) Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan terpengaruhi dengan lingkungan luarnya. Sistem ini menerima input dan output dari lingkungan luar atau subsistem lainnya. Karena sistem terbuka terpengaruh lingkungan luar maka harus mempunyai pengendalian yang baik

* Menurut (Tyoso, 2016:5), sistem dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa aspek, antara lain : 1. Sistem alamiah Sistem alamiah (natural system) muncul secara alamiah tanpa campur tangan manusia. . Sistem tiruan Sistem tiruan Sistem tiruan (artificial system) diciptakan untuk mendukung tujuan tertentu. . Sistem deterministik Sistem deterministik (deterministic system), bekerjanya sistem ini dapat diramalkan sebelumnya. Masukan untuk sistem ini secara pasti menentukan jenis keluarannya. . Sistem probabilistic Sistem probabilistik (probabilistic system) dapat dilacak hanya dengan menggunakan nilai distribusi probabilitas, selalu ada nilai ketidakpastian yang sesungguhnya pada sembarang waktu. . Sistem tertutup Sistem tertutup (closed system), pada sistem ini tidak terjadi pertukaran atau penggunaan sumber daya dengan atau dari lingkungannya, mengingat sistem ini tidak menggunakan input dari lingkungannya, maka output dari sistem ini tidak berkaitan dengan lingkungannya pula. . Sistem terbuka Sistem terbuka (opened system) menggunakan sumber daya dari lingkungannya sehingga keluarannya berkaitan dengan lingkungannya juga.

Pembahasan lainnya :

Sistem Informasi