Blog

Kenali 12 Indikator Kualitas Produk Sebelum Membeli Produk Tertentu

Indikator kualitas produk

Sebagai seorang pembeli terkadang kita merasa bingung saat melihat produk dari sisi kemasan bagus tapi tetapi ketika sudah memakainya, kita merasa kecewa karena kualitasnya hancur. Ada juga penjual yang bilang produknya bagus dan berkualitas. Sehingga harganya lumayan mahal. Tetapi saat kita menggunakannya, tiba-tiba rusak tak terpakai. Lantas bagaimana kita menilai sebuah produk itu berkualitas atau tidak? Berikut beberapa indikator kualitas produk:

1. Keandalan (realibility)
Sebuah produk dikatakan berkualitas bila produk itu mampu bertahan jangka panjang saat digunakan. Orang-orang menyebutnya produk yang awet dan tahan lama. Bukan hanya itu, produk berkualitas adalah produk yang membantu pemiliknya mudah saat menggunakannya. Sehingga akan mengurangi biaya, termasuk biaya perawatan.

2. Penampilan (performance)
Produk yang berkualitas, tentu memilikiperformance(penampilan) yang bagus dan menarik. Mulai dari desain, bentuk, warna dan bahan. Semua memiliki penampilan yang menarik dan sedap dipandang. Penampilan memiliki posisi vital bagi sebuah produk dalam ranah penjualan.

Seseorang yang akan membeli produk, pertama kali dia pasti melihat desain, bentuk, model dan warna. Bila sebuah produk memenuhi persyaratan ini, maka ia layak pakai dan layak jual.

Namun, produk berkualitas tak selalu diukur dengan penampilan ini. Walaupun mempunyai penampilan yang keran, bagus, menarik tetapi bila mudah rusak, cepat aus tetap tidak memenuhi kriteria produk berkualitas.

3. Memiliki Nilai Seni (Aesthetics)
Produk yang berkualitas biasanya memiliki desain yang menarik dan berkesan. Desain yang menarik ini wujud dari nilai seni dan cita rasa yang tinggi. Produk yang memiliki nilai seni, nilai estetika tinggi mampu menaikkan harga jual. Nilai seni nilai estetika termasuk salah satuvalue(nilai tambah) sebuah produk. Orang tak selalu membeli produk karena manfaat dan kegunaannya. Banyak orang mulai mereda karena nilai estetika seni yang tinggi.

Produk yang berkualitas, tentu bukan produk yang mirip-mirip, jiplakan apalagi mitasi. Orang tak akan tertarik pada produk yang imitasi apalagi kw.

4. Mampu Memberikan Servis Pelayanan Serviceability
Produk yang bagus dan berkualitas biasanya memiliki nilai pelayanan (serviceability) yang tinggi. Sehingga kehadirannya mampu memuaskan pemiliknya.

5. Tahan Lama Durability
Produk yang bagus tentu memiliki kualitas manfaat yang tahan lama. Sehingga walaupun harganya lumayan mahal, orang tetap membelinya karena pertimbangan tahan lama saat digunakan. Tahan lama artinya produk itu bisa manfaatkan berkali-kali tanpa ada kendala dan masalah. Sehingga akan memberikan manfaat yang terus menerus tanpa jeda. Sehingga uang yang kita keluarkan untuk membelinya tak sebanding dengan manfaat yang kita dapat.

6. Fitur (Features)
Produk yang bagus dan berkualitas biasanya memiliki karakteristik dan rancangan yang sempurna. Bukan hanya itu, produk yang bagus memiliki fitur yang lengkap yang mampu memenuhi ekspektasi konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

7. Kesan Kualitas (Perceived Quality)
Produk yang bagus mampu membuat kesan dan gengsi penggunanya naik. Sehingga seseorang membeli produk bukan karena fitur, fungsi dan kegunaannya saja. Mereka juga membeli produk karena produk yang memiliki, berkesan karena memiliki kualitas yang tinggi. Sehingga mereka akan bangga saat menggunakannya.

8. Bentuk Yang Sempurna (Form)
produk yang bagus dan berkualitas biasanya memiliki bentuk, ukuran, struktur fisik yang sempurna. Karena produk ini biasanya didesain dengan rancangan yang matang. Sehingga benar-benar mampu memuaskan konsumen dalam jangka panjang.

9. Kualitas Kinerja (Performance Quality)
Produk yang bagus dan berkualitas memiliki karakteristik kualitas yang berbeda dengan produk sejenis. Sehingga pembeli akan merasa memperoleh banyak benefit dari keuntungan membeli produk itu. Keuntungan yang mereka peroleh lebih tinggi daripada harga yang harus mereka bayar untuk produk ini.

10. Kemudahan Perbaikan (Repairability)
Produk yang bagus dan berkualitas memiliki celah untuk melakukan perbaikan, reparasi saat mengalami penurunan kualitas. Sehingga pembeli memiliki ruang dan kesempatan untuk melakukan perbaikan. Sehingga roda yang mereka beli tak habis pakai tetapi masih bisa digunakan dengan cara memperbaiki melakukan servis.

11. Gaya (style)
Produk yang bagus memiliki gaya yang menarik. Gaya ini berbeda dengan produk sejenis yang kualitasnya kurang bagus. Sehingga gaya ini menjadi nilai tambah dimata konsumen.

12. Desain Yang Menarik (Design)
Produk yang bagus dan berkualitas bisa biasanya totalitas dalam fitur rasa warna. Sehingga siapapun yang melihatnya akan tertarik untuk membeli. Sehingga produk itu layak untuk dijual dengan harga mahal. Orang membeli produk ini bukan karena fungsi dan kegunaan lebih dari itu mereka membelinya karena desain yang menarik futuristik dan elegan.