Blog

katuranggan burung derkuku

katuranggan burung derkuku – Bunyi derkuku memang diketahui sungguh-sungguh baik ia mempunyai anggunan yang dapat menentramkan jiwa saat mendengarnya, melainkan terbukti tak seluruh burung tekukur ini mempunyai bunyi anggunan yang sama.

Untuk menetapkan burung derkuku yang mempunyai bunyi yang baik kita dapat memandang dari takuranggan nya. Jikalau kalian masih linglung apa itu katuranggan adalah pengetahuan perihal wujud lahiriah untuk menetapkan mutu seekor burung.

Format tubuh yang bagus bagi seekor derkuku menonjol dari fisiknya mulai ukuran dan wujud tubuh, kaki, wujud kepalanya dan lainnya secara seksama dan ini ada sebagian katuranggan untuk burung derkuku

yang banyak diaplikasikan oleh pakar dibidang burung ini, baca tulisannya hingga habis sebab ini sungguh-sungguh penting sekali sobat omkicau.

katuranggan-derkuku

Isi  sembunyikan 

1 Tutorial Memilih Derkuku Menurut Katuranggan

1.1 1. Dari Format Kepalanya

1.2 2. Diperhatikan Dari Format Tubuhnya

1.3 3. Mengamati dari Format Ekornya

Tutorial Memilih Derkuku Menurut Katuranggan

1. Dari Format Kepalanya

Bila diamati dari wujud fisiknya burung yang baik mempunyai wujud kepala yang bervariasi seperti :

Njambe nom : Menurut bahasa jawa njambe nom yakni buah pinang muda dimana saat kalian menemukan burung derkuku dengan wujud kepala yang seperti buah pinang yang masih muda

tandanya ia mempunyai bunyi yang baik dengan anggungan yang berirama nikmat didengar. malahan berdasarkan para pecinta burung derkuku suaranya akan konsisten cantik sedangkan si burung telah berusia tua.

Mbeton Nangka : artinya kepala burung derkuku yang seperti biji semangka mempunyai bunyi anggungan yang cantik, melainkan kekurangannya mutu bunyi yang dimilikinya akan kian menurun seiring bertambahnya usia.

Nggobog : Berdasarkan katuranggan, burung tekukur dengan kepala nggobog atau bulat menyerupai wujud uang logam jika diamati dengan bagus sebab tak mungkin juga kepalanya bulat ya gais.

Yang seperti ini juga burung mempunyai bunyi yang baik didengar melainkan juga ketika usianya lebih dari 20 tahun si burung akan menurun kualitasnya.

derkuku-njambe-nom

Mbungkul Bawang : Untuk derkuku yang mempunyai kepala seperti bawang putih sebetulnya kurang istimewa anggungan nya cuma ada sebagian ekor saja yang baik tak semuanya mempunyai mutu malahan ada yang juga jelek.

Nangkir Kwalik : nah untuk yang terakhir ini sekiranya kalian mendapati burung dengan wujud menyerupai takir atau daerah makan yang terbuat dari daun pisang karenanya mutu burung tak baik.

2. Diperhatikan Dari Format Tubuhnya

Ada sebagian ragam wujud burung derkuku menurut katuranggan yang juga mempunyai arti yang berbeda – beda juga seperti :

Nuntut Gedhang : lazimnya tekukur yang mempunyai wujud tubuh nuntut gedhang ini mempunyai bunyi yang panjang dan juga cukup nyaring sehingga terang untuk diperdengarkan di kuping.

Buah Nangka : Jikalau kalian menemukan derkuku yang mempunyai wujud tubuh seperti ini, berdasarkan para pakar lazimnya suaranya kurang baik.

Mbuluk : Berbeda dengan nangka, dimana macam mbuluk ini menggambarkan si burung mempunyai bunyi yang baik dan juga dengan tipe kicauan yang tumpang sari atau bervariasi.

mitos-memelihara-tekukur

Njagung Nglobot : Berdasarkan pakarnya burung derkuku kalian jangan mempunyai burung yang wujud tubuhnya seperti njagung nglobot sebab suaranya kurang baik dari kicauannya dan volume suaranya.

Wungkal Gerang : yang terakhir ini adalah macam tubuh yang menggambarkan si burung mempunyai bunyi yang medium alias sedang tak baik dan tak buruk juga sehingga untuk peliharaan masih lumayan.

3. Mengamati dari Format Ekornya

Dan yang terakhir kalian dapat menetapkan katuranggan tekukur dengan bagus dengan memandang wujud ekornya dimana ada sebagian variasi wujud ekornya terbukti mulai dari nyecak atau toke

figur kukusan, seperti linggis, ada juga macam sapu gerang hingga wujud medok keris ini tentunya mempunyai arti masing – masing melainkan lazimnya wujud ekor tak demikian itu berimbas.

Nah sobat om kicau itulah tadi memilih burung derkuku yang bagus menurut katuranggan derkuku, semoga kabar ini bisa berguna bagi kalian dan kami ucapkan terimakasih banyak telah senantiasa loyal membaca tulisan kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *