Blog

Karakteristik Kebudayaan Pengertian Dan UnsurUnsur

Deskripsi: Pengertian kebudayaan, karakteristik, dan unsur-unsur kebudayaan.

Memahami budaya adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Unsur-unsur budaya yang tak terlihat seperti nilai dan kepercayaan, biasanya paling sulit dipahami orang.

Oleh sebab itu, seseorang harus memahami pengertian kebudayaan dengan sebaik mungkin.

Mengapa? Sebab ketika Anda berinteraksi dengan orang lain dalam situasi lintas budaya, kurangnya kesadaran pada budaya dapat menyebabkan sesuatu yang buruk.

Anda akan kesulitan dalam beradaptasi pada budaya yang berbeda dengan apa yang biasa Anda alami.

pengertian kebudayaanBudaya merupakan bagian yang menjadi satu kesatuan dari proses pembelajaran manusia.

Budaya adalah cara hidup manusia di dalam lingkungan tempat tinggal dan mengarahkan Anda untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan melakukan pendekatan dengan manusia lain.

Budaya adalah warisan yang diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya, mencakup semua cara dan perilaku kehidupan sosial.

Manusia dilahirkan dalam lingkungan budaya, dimana ia mencari cara berperilaku dan bertindak dalam masyarakat tertentu. Memahami budaya adalah masalah yang kompleks karena menyangkut dengan norma manusia.

Berikut adalah beberapa definisi penting kebudayaan menurut sosiolog:

1. Horton dan Hunt
Budaya menurut Horton dan Hunt merupakan segala sesuatu di dalam masyarakat yang dibagikan dan dipelajari secara sosial oleh semua golongan dalam masyarakat tersebut.

2. Edward Tylor
Sementara Tylor mendefinisikan kata budaya dengan sesuatu yang kompleks, terdiri dari keyakinan, seni, nilai, norma, ide, hukum, pengetahuan, adat istiadat, dan kemampuan lain yang diperoleh seseorang sebagai anggota dalam masyarakat.

3. Linton
Kebudayaan menurut Linton adalah keseluruhan pengalaman manusia yang diperoleh dari warisan dari satu generasi ke generasi lainnya.

Kebudayaan adalah mempelajari cara makan, minum, berperilaku, berjalan, berpakaian, dan bekerja

Secara garis besar, pengertian kebudayaan apabila diartikan adalah seni dan manifestasi lain dari pencapaian intelektual manusia secara kolektif.

Kebudayaan juga dipahami sebagai gagasan, adat istiadat, dan perilaku sosial dari orang atau masyarakat tertentu.

1. Budaya Dipelajari
Kebudayaan tidak diwariskan secara biologis, tetapi disandarkan secara sosial oleh manusia dalam masyarakat.

Kebudayaan bukanlah sesuatu yang sifatnya bawaan, tetapi diperoleh oleh manusia dari pergaulan dengan orang lain.

Misalnya, minum, makan, berpakaian, berjalan, berperilaku, membaca semuanya dipelajari oleh manusia. Cara makan, berpakaian, dan sebagainya tidak timbul dengan sendirinya.

2. Budaya adalah Sosial
Budaya bukan sebuah fenomena individu tetapi merupakan produk dari masyarakat.

Budaya berkembang di masyarakat melalui interaksi sosial dan dibagikan oleh satu manusia ke yang lainnya dalam struktur masyarakat.

Tidak ada orang yang bisa mendapatkan kebudayaan, tanpa berhubungan dengan orang lain. Kebudayaan membantu mengembangkan kualitas manusia dalam lingkungan sosial.

3. Budaya Dibagikan
Budaya adalah sesuatu yang dibagikan. Misalnya, adat istiadat, tradisi, nilai, kepercayaan, semuanya dimiliki oleh manusia dalam situasi sosial.

Keyakinan dan praktik ini diadopsi oleh semua orang dengan setara.

4. Budaya Ditularkan
Kebudayaan mampu ditularkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Ciri budaya ditularkan adalah, orang tua melaksanakan acara mitoni atau 7 bulanan ketika anak yang dikandung berusia 7 bulan, maka budaya itu diwariskan kepada anak dan cucunya.

Budaya tidak ditularkan melalui gen tetapi melalui bahasa. Bahasa adalah sarana komunikasi yang mewariskan ciri-ciri budaya dari satu generasi ke generasi lainnya.

5. Budaya Itu Berkelanjutan
Budaya adalah proses yang berkelanjutan, seperti arus yang mengalir dari satu generasi ke generasi lainnya selama berabad-abad. Budaya adalah memori umat manusia.

6. Budaya Bersifat Akumulatif
Kebudayaan bukanlah soal bulan atau tahun. Budaya adalah proses yang berkelanjutan dan akan ada ciri-ciri budaya baru untuk ditambahkan ke dalam budaya lama.

Banyak ciri budaya yang dipinjam dari luar dan diserap dalam budaya yang mengadopsinya, karena budaya bersifat akumulatif dan menggabungkan ciri budaya yang sesuai.

7. Budaya Terintegrasi
Semua aspek budaya itu saling terkait satu sama lain. Perkembangan kebudayaan merupakan integrasi dari berbagai bagiannya. Misalnya, sistem nilai yang terkait dengan moralitas, adat istiadat, kepercayaan dan agama.

8. Budaya Pasti Berubah
Budaya akan selalu berubah tetapi tidak statis. Proses budaya mengalami perubahan, tetapi dengan kecepatan yang berbeda dari masyarakat ke masyarakat dan generasi ke generasi.

9. Budaya Bervariasi dari Masyarakat ke Masyarakat
Setiap masyarakat memiliki budaya dan cara berperilaku sendiri-sendiri. Budaya tidak seragam antara satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya.

Semua golongan masyarakat memiliki kebudayaan yang variatif.

Setiap budaya dari masyarakat tertentu bernilai unik dengan sendirinya. Misalnya nilai-nilai, adat istiadat, tradisi, ideologi, agama, kepercayaan, praktek tidak sama, tetapi berbeda di setiap masyarakat.

Bagaimanapun cara makan, minum, berbicara, menyapa, berpakaian dll berbeda dari satu situasi sosial ke situasi lainnya.

10. Budaya Itu Memuaskan
Budaya memberikan semua manusia kesempatan untuk mendapatkan kepuasan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya.

Kebutuhan manusia adalah makanan, papan, sandang dan keinginan manusia adalah status, ketenaran, uang, jenis kelamin dll.

Semua kebutuhan dan keinginan bisa dipenuhi menurut cara budaya. Budaya didefinisikan sebagai proses yang dilalui manusia untuk memenuhi kebutuhan mereka.

11. Budaya Terkait dengan Masyarakat
Salah satu ciri budaya adalah masyarakat dan kebudayaan itu satu dan sama, tidak terpisahkan.

Masyarakat adalah gabungan dari orang-orang dan mereka berinteraksi satu sama lain melalui budaya. Kebudayaan turut mengikat orang-orang di dalam masyarakat.

Unsur-Unsur Kebudayaan
1. Simbol
Setiap budaya dipenuhi dengan simbol, atau hal-hal yang mewakili sesuatu yang lain dan seringkali menimbulkan berbagai reaksi dan emosi.

Beberapa simbol sebenarnya merupakan jenis komunikasi nonverbal, sedangkan simbol lainnya merupakan objek material.

2. Bahasa
Bahasa adalah simbol kunci dari budaya apa pun. Manusia memiliki kemampuan bahasa yang tidak dimiliki oleh makhluk lain.

Anak-anak mempelajari bahasa masyarakat mereka sama seperti mereka mempelajari aspek lain dari budaya mereka.

3. Norma
Budaya sangat berbeda dalam norma ketika berperilaku. Norma adalah aturan formal dan informal mengenai jenis perilaku apa yang dapat diterima dan pantas dalam suatu budaya.

Norma sering dibagi menjadi dua jenis, yakni norma formal dan norma informal. Norma formal, juga disebut moral dan hukum dan mengacu pada pola perilaku, yang dianggap paling penting dalam masyarakat manapun.

4. Ritual
Budaya yang berbeda juga memiliki ritual yang berbeda pula. Ritual mencerminkan dan meneruskan norma budaya dan elemen lain dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Upacara kelulusan di perguruan tinggi dan universitas adalah contoh yang umum dari ritual kelulusan. Di banyak masyarakat, ritual membantu merayakan kebahagian suatu kelompok dalam masyarakat, misal tradisi mitoni, selamatan, dan sebagainya.

5. Nilai
Nilai adalah elemen budaya penting lainnya dan melibatkan penilaian tentang apa yang baik atau buruk dan diinginkan atau tidak diinginkan. Nilai-nilai budaya membentuk normanya.

Dari pengertian kebudayaan yang telah dijelaskan di atas, sudahkah Anda memahami apa makna dari kebudayaan itu sendiri?

Budaya dan masyarakat adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dan akan selalu berkaitan. Di manapun Anda tinggal, maka kebudayaan perlu selalu diaplikasikan.