Blog

Jenis Fungsi Tujuan Unsur Manfaat

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Pameran Seni Rupa? Mungkin anda pernah mendengar kata Pameran Seni Rupa? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, pengertian menurut para ahli, jenis, fungsi, tujuan, unsur, bentuk, manfaat dan perencanaan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Pengertian Pameran Seni Rupa
Pameran seni rupa adalah kegiatan yang dilakukan oleh para seniman baik itu personal maupun komunitas untuk memberikan ide ataupun inspirasi kepada masyarakat memakai sarana seni rupa sehingga pameran berhasil menjadi perangkat komunikasi antara seniman dengan sang apresiator. Pameran adalah aktivitas yang dilakukan untuk memberikan ide ataupun inspirasi menggunakan karya seni rupa sehingga dapat penghargaan oleh banyak orang. Pengelola pameran tidak saja dapat dilakukan oleh para seniman besar, akan tetapi pengelola pameran dalam latar pengkajian dapat dilakukan di sekolah maupun luar sekolah.

Berikut pengertian pameran seni rupa menurut para ahli yaitu:

1. Menurut Alexander Baum Garton
Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif, serta menjadikan setiap orang yang meilhat atau mendengarnya merasa bahagia.

Seni adalah suatu impian yang tidak bisa direalisasikan dengan rumus-rumus tertentu.

Seni adalah segala sesuatu yang dilakukan seseorang, namun bukan berdasar pada dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan atas kehendak kenikmatan, kemewahan ataupun kebutuhan spriritual.

Seni adalah ungkapan perasaan pencipta yang lalu diungkapkan pada orang lain dengan harapan agar mereka bisa ikut merasakan apa yang dirasakan oleh penciptanya.

Seni adalah usaha peniruan yang dilakukan pada alam, tetapi sifatnya wajib ideal.

Seni adalah hasil peniruan dari alam dengan segala seginya.

Seni adalah ciptaan dari segala hal yang keindahanya mampu membuat orang merasa senang saat mendengar ataupun melihatnya.

Seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari perasaan yang bersifat indah, sehingga mampu menggetarkan hati dan perasaan manusia.

Seni adalah perbuatan manusia yang mencoba untuk merefleksikan kenyataan dalam sebuah karya atau bentuk yang isinya mempunyai daya tarik untuk membangkitkan suatu pengalaman tertentu dalam alam rohani.

Seni adalah aktifitas batin yang melibatkan pengalaman estetis yang diungkapkan dalam sebuah bentuk agung, yang lalu mampu membangkitkan rasa haru dan takjub.

Jenis Pameran Seni Rupa
Berikut ini ada 5 jenis pameran seni rupa, yakni sebagai berikut:

Berdasarkan jumlah pesertanya, jenis ini terdapat 2 bagian, antara lain:

1. Pameran tunggal, ialah pameran seni rupa yang hanya dilaksanakan secara personal.
2. Pameran kelompok, ialah pameran seni rupa yang dilaksanakan untuk baberapa budayawan.

Berdasarkan sifatnya, jenis ini terdapat 3 bagian, antara lain:

1. Pameran insidental, ialah pameran seni rupa yang dilaksanakan menurut periodik yang dirancangkan atas kepentingan yang ada.
2. Pameran rutin, ialah pameran seni rupa yang dilaksanakan pada tahap tertentu menurut konsisten dan berkepanjangan.
3. Pameran permanen, yaitu pameran seni rupa yang dilaksanakan secara terekspos, konsisten dan berkelanjutan.

Berdasarkan ragam yang digelar, jenis ini terdapat 2 bagian, antara lain:

* Pameran homogen, ialah pameran seni rupa yang menampilkan beraneka ragam jenis karya seni rupa.
* Pameran heterogen, ialah pameran seni rupa yang menampilkan satu jenis karya seni rupa yang sejenis.

Berdasarkan tempat berlangsungnya, jenis ini terdapat 3 bagian, antara lain:

1. Pamaran terbuka, ialah pameran seni rupa yang aktif di luar ruangan secara tarbuka.
2. Pameran tertutup, ialah pameran seni rupa yang aktif di dalam ruangan suatu gedung.
3. Pameran bergerak, ialah pameran seni rupa yang dilaksanakan memakai media yang bergerak, misalnya kendaraan.

Berdasarkan jenis dimensi, jenis ini terdapat 2 bagian, antara lain:

> 1. Pameran karya seni rupa dua dimensi
Pameran yang hanya mempersembahkan karya seni rupa pada bagian datar misal gambar, lukisan, seni grafis. Karya ini hanya boleh dilihat dari satu arah.

2. Pameran karya seni rupa tiga dimensi
Pameran yang hanya mempersembahkan karya seni yang mempunyai bagian ataupun citra ruang yang kenyataannya, ialah mempunyai ukuran Panjang, lebar dan tinggi. Karya seni ini dapat dilihat dari beragam arah.

Fungsi Pameran Seni Rupa
Berikut ini adalah fungsi dari pameran seni rupa, yakni sebagai berikut:

1. Sebagai sarana edukasi
Adalah pameran bermanfaat untuk melatih siswa-siswi untuk memahami maknanya keahlian rohani yang berguna untuk menyejajarkan aktivitas ingatan dan pandangan manusia.

2. Sebagai sarana apresiasi
Adalah pameran bermanfaat untuk mengutarakan inspirasi pencipta yang akhirnya para pengunjung akan membagikan apresiasi kepada karya seni yang mereka buat.

3. Sebagai sarana prestasi
Adalah pameran bisa menjadi arena festival bagi para pencipta seni, karena menggunakan karya seni akan tahu sejajar apa ketekunan dan inspirasi pencipta seni dalam menciptakan karya.

4. Sebagai sarana rekreasi
Adalah pameran dapat bermanfaat sebagai area untuk mengambil napas dan menghilangkan stress atas aktivitas sehari-hari baik sekolah maupun di kantor yang banyak menghabiskan energi dan pikiran.

Tujuan Pameran Seni Rupa
Berikut ini adalah tujuan dari pameran seni rupa, yakni sebagai berikut:

* Tujuan sosial ialah karya seni yang memperlihatkan bertekad untuk kebutuhan sosial.
* Tujuan kemanusiaan ialah pameran yang dilakukan dengan harapan demi kebutuhan pelestarian, pembinaan nilai-nilai dan meningkatkan hasil karya seni budaya yang masyarakat punyai. Pameran dengan harapan kemanusiaan akhirnya akan dibantu ke korban bencana, masyarakat kurang mampu atau sebagainya.
* Tujuan komersial ialah pameran harapan untuk menciptakan keuntungan bagi seniman atau pengelola seniman, kepercayaan karya yang dipamerkan terjual.

Unsur Pameran Seni Rupa
Berikut ini adalah unsur dari pameran seni rupa, yakni sebagai berikut:

1. Karya seni rupa yang hendak memperlihatkan
2. Forum, standart display atau box untuk dekorasi karya seni yang akan memperlihatkan
3. Pajangan sebagai perangkat untuk menyediakan karya seni agar terpandang lebih indah
4. Sound system sebagai sarana audio yang dibutuhkan untuk menghasilkan keadaan aman bagi para wisatawan pameran apresiator
5. Identitas karya yang diperankan untuk menulis identitas dan merekat di dekat karya seni yang memperlihatkan
6. Katalog sebagai halaman atribut yang bermakna tentang dilaksanakan oleh pameran.
7. Buku tamu yang nantinya akan diisi oleh wisatawan pameran
8. Buku pesan akan diperankan untuk menangkapi tanggapan wisatawan terhadap karya yang memperlihatkan

Bentuk-Bentuk Pameran Seni Rupa
Berikut ini adalah bentuk-bentuk pameran seni rupa yaitu:

Pameran lukisan yaitu jenis pekan raya yang spesialuntuk mempertunjukkan atau memperkenalkan karya seni rupa berupa seni lukis. Pada pekan raya ini ditampilkan beberapa karya lukisan miliki eksklusif atau adonan dari beberapa seniman. Selain untuk memperkenalkan karya lukisan mereka, pekan raya lukisan biasanya juga dijadikan masukana untuk menjual karya atau menggalang dana.

Fotografi ialah salah satu bentuk seni rupa dari cabang visual art atau desain grafis yang memakai teknologi kamera. Pameran fotografi biasanya diadakan oleh seorang fotografer untuk memperkenalkan karya-karya fotografinya kepada masyarakat. Karya yang dipamerkan tentu saja dalam bentuk foto dengan tema tertentu.

Di banding lukisan dan fotografi, pekan raya karya patung termasuk salah satu pekan raya yang sudah jarang diadakan lantaran umumnya karya patung mempunyai wadahnya sendiri contohnya museum. Salah satu museum yang memamerkan seni patung yang cukup terkenal yaitu museum patung lilin Madame Tussauds.

Pameran karya arsitektur yaitu pekan raya yang memperkenalkan banyak sekali desain arsitektur biasanya dalam bentuk miniatur atau desain aristektur suatu produk. Pameran ibarat ini umumnya diadakan oleh suatu perusahaan property atau adonan dari beberapa arsitek.

* Pameran Tembikar dan Keramik

Pameran tembikar dan keramik ialah pekan raya yang khusus menampilkan karya-karya kriya berupa tembikar dan keramik. Karya-karya yang dipamerkan bisa bermacam-macam jenis ibarat gerabah, piring, guci, dan beberapa benda pakai lainnya yang mempunyai nilai seni tinggi.

Sesuai dengan namanya, pekan raya tekstil yaitu pekan raya yang memperkenalkan karya-karya kriya tekstil kepada masyarakat. Karya yang dipamerkan yaitu banyak sekali karya yang dibentuk dengan cara tenun atau rajut ibarat batik, aseseoris, pita, kipas, dan sebagainya. Pameran tekstil biasanya diadakan untuk tema kebudayaan.

Manfaat Pameran Seni Rupa
Manfaat pameran seni rupa, yaitu sebagai berikut:

* Bagi seniman, sebagai media atau sarana untuk mengomunikasikan karya-karyanya kepada masyarakat.
* Bagi masyarakat, sebagai sarana untuk apresiasi terhadap karya-karya seniman.

Perencanaan Pameran Seni Rupa
Sebuah pameran seni rupa perlu adanya rancangan yang sistematis dan baik agar waktu pelaksanaan pameran dapat berjalan lancar. Berikut akan diuraikan secara singkat tahapan perencanaan sebuah pameran seni rupa yaitu:

1. Menentukan Tujuan
Langkah pertama adalah menentukan tujuan penyelenggaraan pameran yang akan dilaksanakan nanti untuk apa. Penyelenggaraan pameran dapat bertujuan untuk kemanusiaan, komersil ataupun pendidikan

2. Menentukan Tema
Tema bertujuan untuk memperjelas tujuan penyelenggaraan pameran sehingga misi pameran dapat tercapai.

3. Menyusun Kepanitiaan
Kepanitiaan perlu dibuat untuk mendukung pelaksanaan pameran. Penyusunan struktur organisasi kepanitiaan pameran disesuaikan dengan tingkat kebutuhan, situasi dan kondisi sekolah. Penyelenggaraan pameran akan berjalan lancar apabila ada pembagian tugas yang jelas. Berikut susunan kepanitiaan Pameran seni rupa :

1. Ketua
2. Wakil Ketua
3. Sekretaris
4. Bendahara
5. Seksi Sekretaris
6. Seksi Usaha
7. Seksi Publikasi dan Dokumentasi
8. Seksi Dekorasi dan Penataan Ruang
9. Seksi Stand
10. Seksi Pengumpulan dan Seleksi Karya
11. Seksi Perlengkapan
12. Seksi Keamanan
13. Seksi Konsumsi

4. Menentukan Waktu dan Tempat
Pelaksanaan Pameran disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran, misalnya pada akhir semester atau pada waktu penerimaan raport semester.

5. Menyusun Agenda Kegiatan
Agenda kegiatan disusun dalam sebuah tabel degan mencantumkan komponen jenis kegiatanan, dan waktu pelaksanaan serta siapa yang bertanggungjawab.

6. Menyusun Proposal Kegiatan
Penyusunan kegiatan dapat digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pameran.Selain itu proposal kegiatan bisa digunakan untuk mencari dana dari pihak ketiga (Sponsorship) untuk membantu kelancaran kegiatan. Secara umum isi proposal antara lain; latar belakang, tema, nama kegiatan, landasan dasar penyelenggaran, tujuan, susunan panitia, anggaran biaya, jadwal kegiatan, ketentuan sponsorship dan lain-lain.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Pameran Seni Rupa: Pengertian, Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis, Fungsi, Tujuan, Unsur, Bentuk, Manfaat dan Perencanaan Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.