Blog

Ini Dia Pengertian Hotel Yang Sebenarnya Sudah Tahu

PerbesarKamar Hotel, Sumber: KumparanPengertian hotel, apakah sudah tahu arti yang sebenarnya? Hotel bisa kita temukan dimana pun dan juga memiliki banyak bentuk, tidak hanya gedung tinggi, megah, dan mahal. Dari bahasa Perancis Kuno, hotel berasal dari kata hostel yang berarti penampungan bagi pendatang atau bangunan penyedia tempat tinggal dan makanan untuk umum.Ada beberapa pendapat lain dari para ahli seperti:

1. Menurut Endar Sri (1996), pengertian hotel adalah bangunan yang dikelola secara komersial untuk memberikan fasilitas penginapan kepada masyarakat umum dengan fasilitas pelayanan barang bawaan, makanan dan minuman, fasilitas perabot dan hiasan yang ada di dalamnya, serta jasa pencucian pakaian.

2. Menurut Lawson (1997), hotel adalah sarana tempat tinggal umum bagi wisatawan yang memberikan pelayanan jasa kamar, makanan dan minuman, serta akomodasi dengan syarat penggunanya harus membayar.

3. Menurut American Hotel & Motel Association, hotel adalah tempat yang menyediakan penginapan, makan dan minum, serta pelayanan lain yang disewakan kepada para tamu atau orang-orang yang tinggal untuk sementara.

4. Terakhir, menurut Keputusan Menteri Parpostel NO. KM 94/HK103/MPPT 1987 bahwa hotel adalah jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bagian untuk memberikan jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman, serta jasa lain bagi masyarakat umum untuk dikelola secara komersial.

Pengertian Hotel: Jenis-jenis Hotel

Selain pengertian hotel, Anda juga harus tahu, bahwa hotel memiliki varian bentuk bangunan yang berbeda tiap daerahnya. Hotel juga memiliki banyak bentuk tergantung lokasi dan jumlah kamar yang disediakan. Berikut jenis-jenis hotel berdasarkan lokasi:1.City Hotel adalah hotel yang didirikan di perkotaan dan ditujukan untuk masyarakat yang menginap dalam waktu singkat. Dilengkapi dengan fasilitas bisnis (misalnya ruang rapat).

2.Residental Hotel berlokasi di tepi kota dan biasanya menjadi pilihan para tamu yang ingin menginap dalam waktu yang lama sehingga dilengkapi fasilitas untuk keluarga.

3.Resort Hotel adalah hotel yang berada di pegunungan atau di tepi pantai, danau, serta aliran sungai sehingga sering dijadikan tempat berlibur.

4.Motor Hotel (Motel) didirikan dipinggir jalan raya yag menjadi penghubung antar kota dan biasanya terletak di dekat pintu gerbang perbatasan dua kota.

Selanjutnya jenis hotel berdasarkan jumlah kamarnya adalah sebagai berikut:1. Hotel kecil dengan maksimal 28 kamar.

2. Hotel menengah memiliki kamar.

3. Hotel besar dengan lebih dari 300 kamar.

Nah itu dia pengertian hotel dan jenis-jenisnya, semoga informasi ini bermanfaat!