Blog

Generator Nama Aplikasi Seluler

Sumber Ide Nama Aplikasi Terlengkap Ada Di Sini
Mana yang lebih dulu dilakukan, membuat aplikasi atau mencari ide nama aplikasi? Ratusan developer aplikasi seluler sedunia berlomba menjangkau pengguna. Ide-ide digital yang luar biasa sering kali gagal bersinar karena masalah sepele, ide nama aplikasi yang kurang pas.

Mereka pun mencari akal agar aplikasi ciptaan mereka berhasil meninggalkan impresi positif bagi para pengguna pertama. Di zaman yang serba cepat seperti sekarang, para end-user tidak butuh waktu lama memutuskan berteman baik selamanya dengan sebuah aplikasi. Ide nama aplikasi bisa punya peranan besar dalam hal ini.

Generator nama aplikasi seluler kami akan meringankan pekerjaan Anda dengan cara menawarkan berbagai ide nama aplikasi. Ide-ide ini disusun oleh kecerdasan buatan yang merekam dan menganalisa interaksi jutaan pengguna kami di situs ini setiap harinya.

40 Ide Nama Aplikasi Unik
Tidak tahu harus mulai dari mana? Beberapa ide nama aplikasi berikut ini mungkin bisa menginspirasi Anda. Kami pilihkan nama-nama singkat, unik, dan keren tentunya.

1. Varila
2. Eggs Hunter
3. Rockabilli
4. Strongzilla
5. Mimifest
6. Testmacht
7. Click Sonic
8. Hyperstream
9. Digio
10. Measure.me
11. Clickology
12. Digitops
13. Mastergramm
14. Brain Book
15. Train Surfer.id
16. Freipath
17. Fairy Monkey
18. Virtualita
19. Bookscape
20. FrameUp

Masih belum ada ide? Coba lihat beberapa contoh nama lainnya:

1. Logimore
2. Ventilo
3. Chummerly
4. Vlaforina
5. PayEasy
6. Runner League
7. ClickClock
8. Math Path
9. Coingiza
10. Ninja Alpha
11. AgentCorp
12. Virtulum
13. CyberCube
14. FunFarms
15. PurestPlay
16. Gamester
17. Fly Pilot
18. Webque
19. Grammatica
20. Call Hub

4 Nama Aplikasi Terbaik Saat Ini
Membuat nama aplikasi tidak semudah kelihatannya. Tahu cara membuat ide nama aplikasi terbaik akan membuat aplikasi buatan Anda lebih menonjol di tengah persaingan. Mari kita lihat beberapa nama aplikasi yang sudah sukses, semoga bisa menginspirasi Anda.

1. Warcraft

Melihat namanya siapa pun tahu kalau aplikasi ini ada kaitannya dengan peperangan, meski hanya permainan. Pertama kali muncul sebagai video game komputer di tahun 1994, Warcraft juga dirilis sebagai aplikasi seluler dalam perkembangannya. Kepopulerannya didukung oleh ide nama aplikasi yang kuat dan langsung ke sasaran.

2. WhatsApp

Ada puluhan aplikasi perpesanan seluler di luar sana, tetapi belum ada yang menggeser kepopuleran WhatsApp. Nama uniknya sangat berperan dalam hal ini, yang merupakan gabungan dua kata yaitu “What’s” dan “App”. Ide nama aplikasi ini menggunakan trik permainan kata yang mengubah frasa sapaan “What’s up?” menjadi “WhatsApp”.

3. Telegram

Inilah contoh nama aplikasi yang terinspirasi alat telekomunikasi zaman dahulu, yaitu telegram. Ada nilai filosofi mendalam di balik nama ini, bahwa Telegram masa kini mungkin tidak akan tercipta tanpa kehadiran telegram masa lalu. Cukup mendalam, bukan?

4. Canva

Nama aplikasi ini diambil dari kata “canvas” (kanvas), alat penting dalam penciptaan karya seni lukis. Berkat perkembangan teknologi, siapa pun bisa menggambar kapan pun dan di mana pun dengan memasang aplikasi ini di ponselnya. Canva berhasil menyampaikan pesan ini melalui nama aplikasi yang lugas dan mudah diingat.

Ada banyak cara membuat nama aplikasi yang brandable. Setelah mempelajari empat contoh di atas kita tahu bahwa penggabungan kata, deskripsi singkat tentang aplikasi, bahkan visi dan misi bisa menjadi sumber nama aplikasi. Lalu apa langkah selanjutnya?

10 Langkah Membuat Ide Nama Aplikasi
Menemukan nama aplikasi yang tepat sama seperti mencari nama untuk anak, karena nama ini akan menyertai merek kita selamanya. Calon pengguna mungkin akan terlebih dulu familiar dengan nama aplikasi Anda sebelum benar-benar menggunakannya. Bagaimana cara membuat nama aplikasi yang melekat erat seperti Google atau Facebook?

1. Pelajari dasar penamaan

Ada empat jenis nama yang perlu Anda ketahui, yaitu:

* Nama deskriptif (literal), yaitu nama aplikasi yang menjelaskan fungsinya. Misalnya, nama aplikasi Runner League cocok sebagai nama untuk aplikasi bagi penggemar olahraga lari.
* Nama eksperiensial. Nama eksperiensial sekaligus berfungsi sebagai iklan, karena nama ini “mengumumkan” apa yang bisa didapat atau dirasakan orang ketika menggunakan aplikasi tersebut. Nama aplikasi yang termasuk kategori ini adalah PurestPlay dan Logimore.
* Nama rekaan. Nama aplikasi yang tidak mengandung makna tertentu, atau menggunakan bahasa asing. Contoh: Testmacht, Virtualita, Google.
* Nama ekspresif, yaitu nama yang merepresentasikan aplikasi seluler secara metafor dan bukan dalam makna sesungguhnya. Misalnya: CyberCube, Seed.

2. Pikirkan apa yang bisa dilakukan aplikasi Anda

Ada banyak aplikasi sukses besar karena memiliki nama yang menjelaskan dengan gamblang dan singkat kemampuan dan fungsinya. Kadang impresi pengguna muncul dalam sekejap setelah membaca nama aplikasi, dan bukan karena membaca deskripsi aplikasi. Jangan khawatir, generator nama aplikasi seluler kami akan membantu Anda menemukan nama yang terbaik.

3. Tidak harus deskriptif

Nama deskriptif adalah nama aplikasi yang paling mudah dan sederhana. Namun Anda tidak harus memilih nama jenis ini bila ingin sukses menggaet pengguna sejak pertemuan pertama.

Jangan takut bereksperimen menggunakan kata-kata baru, baik dalam bahasa lokal atau bahasa asing. Ide nama aplikasi yang aneh dan tidak pasaran sering kali berhasil menggugah orang untuk menelusuri lebih jauh tentang aplikasi Anda.

4. Memposisikan aplikasi seluler Anda

Ada dua hal yang bisa dilakukan, yaitu membuat nama aplikasi yang mengikuti standar lokapasar (toko aplikasi) atau membuat nama aplikasi yang menonjol di lokapasar.

Kalau ingin mengikuti standar lokapasar, Anda bisa menggunakan kata-kata sama dengan nama aplikasi lain yang sudah dikenal pengguna. Namun nama aplikasi Anda harus sedikit berbeda supaya tidak terbelit masalah hukum.

Para pengembang aplikasi yang baru saja menjajal bidang ini disarankan memilih ide nama aplikasi unik, belum pernah ada, dan lantang. Ini cara yang mudah untuk menarik perhatian khalayak pada aplikasi ciptaan Anda.

5. Saring ide Anda

Tulis semua nama aplikasi yang muncul di pikiran Anda. Lalu periksa apakah nama-nama itu sudah memenuhi kriteria berikut ini:

* Apakah nama aplikasi mudah dibaca dan disebut dengan lantang?
* Apakah nama itu mudah dilupakan atau mudah diingat?
* Apakah kata dalam nama itu tidak terlalu sering digunakan orang?
* Apakah nama aplikasi mengungkapkan makna tertentu?
* Adakah kompetitor yang sudah menggunakannya?

6. Pelajari apa yang sudah dilakukan para pesaing

Tidak menutup kemungkinan sudah ada pengembang lain dengan ide sama dan membuat aplikasi yang mirip ciptaan Anda. Cari siapa saja mereka dan analisalah sejauh mana mereka mengembangkan nama aplikasi. Temukan poin-poin penting berikut:

* – Mereka menggunakan nama yang mirip satu sama lain
* – Tren dan kata-kata tertentu yang sering muncul
* – Nama aplikasi yang sangat menonjol dan menarik perhatian.

7. Mencari inspirasi di wilayah lain

Anda kecewa karena sudah ada aplikasi yang menggunakan nama aplikasi Anda? Jangan. Inspirasi bisa ditemukan di mana pun, termasuk di area yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan aplikasi Anda.

Coba intip bidang meteorologi, misalnya. Lihat apa kata yang sering digunakan aplikasi-aplikasi peramal cuaca, atau pengukur temperatur udara harian. Ada aplikasi yang menggunakan kata “cloud”, “sun”, “climate”, “sunny”, bahkan mungkin “rain”.

Kata-kata seperti ini mungkin cocok untuk nama aplikasi yang Anda cari. “Sun” atau “sunny” berkonotasi positif, melukiskan kegembiraan, kehangatan, atau sesuatu yang cerah. “Cloud’ (awan) bisa mengarah pada keberadaan yang mudah dilihat dan dirasakan siapa pun.

Masih bingung? Masukkan entri nama aplikasi Anda di kotak yang tersedia, generator nama aplikasi kami akan mencarikan variasi yang sesuai untuk itu.

8. Bagaimana tanggapan audiens?

Di tahap ini Anda seharusnya sudah memiliki 3-7 nama aplikasi, sehingga langkah selanjutnya adalah mendengarkan tanggapan calon konsumen. Agar bisa mendapat saran yang objektif, jangan minta pendapat dari keluarga atau rekan-rekan Anda.

Carilah tanggapan dari mereka yang nantinya akan menjadi konsumen Anda. Tanyakan apa yang mereka pikirkan saat mendengar nama aplikasi Anda, apakah mereka bisa menebak apa yang bisa dilakukan aplikasi itu?

9. Cek ketersediaan nama aplikasi

Yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memeriksa ketersediaan domain untuk nama aplikasi. Anda perlu membuat alamat URL dan landing page yang akan mengarahkan pengguna ke versi web aplikasi tersebut.

Kami tahu Anda ingin landing page yang mengandung unsur nama aplikasi, dan ini wajar saja. Akan tetapi, nama aplikasi tidak selalu bisa digunakan sebagai nama landing page. Mungkin sudah ada landing page milik orang lain yang mengandung unsur nama aplikasi Anda.

Manfaatkan generator nama aplikasi seluler kami untuk langkah ini. Generator kami akan menunjukkan semua domain yang masih tersedia untuk tiap entri nama aplikasi yang dimasukkan.

10. Memoles merek Anda

Nama yang menarik perhatian saja tidak cukup untuk berhasil meraup pengguna di tengah ketatnya persaingan. Segi visualisasi juga harus dipercantik agar mampu menonjolkan keistimewaan aplikasi Anda.

Apa jenis font atau huruf yang sesuai dengan karakter nama aplikasi? Warna apa yang sesuai sebagai identitas aplikasi Anda? Tagline apa yang akan digunakan?

Mintalah bantuan desainer grafis atau desainer produk untuk memoles nama aplikasi Anda agar semakin cemerlang dan cepat menarik perhatian.

Hak Cipta Nama Aplikasi
Menurut aturan yang berlaku di Amerika Serikat, nama aplikasi biasanya tidak termasuk subjek hak kekayaan intelektual dan dianggap sebagai merek dagang (trademark). Artinya, aplikasi dengan nama mirip aplikasi Anda bisa dilindungi sebagai merek dagang meski aplikasi tersebut tidak terdaftar.

Guna mengetahui apakah nama aplikasi Anda sudah terdaftar sebagai merek dagang di negara lain, Anda bisa melakukan pengecekan di situs USPTO yang berbasis di Amerika Serikat.

Pengecekan juga bisa dilakukan di situs WIPO. Di situs ini Anda juga bisa mendaftarkan nama aplikasi sebagai merek dagang internasional. Untuk mendapat perlindungan hak cipta di dalam negeri, simak caranya di sini.

Proses ini bisa menyulitkan para developer yang tidak punya pengalaman dengan masalah legalitas. Sehingga kami sarankan Anda berkonsultasi dengan pihak yang benar-benar memahaminya, misalnya pengacara atau biro konsultasi hukum yang ahli di bidang hukum digital.

Kebijakan Appstore dan PlayStore terkait nama aplikasi

App Store tidak menerima pengajuan aplikasi dengan nama persis seperti aplikasi lain. Anda akan menerima pemberitahuan untuk mengganti nama aplikasijika nama tersebut sudah ada di App Store.

Bila hal ini tidak mungkin dilakukan, Anda bisa merekayasa nama aplikasi dengan menambahkan karakter atau tanda baca, bahkan spasi agar nama terlihat beda tipis. Penambahan kata “untuk iPhone” atau “for iPad” cukup untuk membuat algoritma App Store membedakan nama aplikasi Anda dengan lainnya.

Sementara Google Play Store tidak mengharuskan developer mengganti nama aplikasi jika sudah ada aplikasi lain dengan nama itu selama nama paket berbeda. Kebijakan ini membuat persaingan antar aplikasi bernama sama lebih ketat dalam hal berebut pengguna.

Kapan Menentukan Ide Nama Aplikasi, Sebelum atau Sesudah Membuatnya?
Berbagai aplikasi seluler di sekitar kita saat ini sukses karena banyak hal. Ada yang sukses karena memiliki nama aplikasi yang tidak biasa. Sementara aplikasi lainnya sukses karena fungsi dan kemampuannya yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Apabila Anda menentukan nama aplikasi sebelum membuatnya, maka:

* Anda bisa menemukan nama yang benar-benar tepat dan bukan asal comot.
* Desain aplikasi bisa disesuaikan agar sesuai secara visual dengan namanya.
* Anda belum tahu bagaimana mengembangkan aplikasi itu, apa kemampuan dan fitur-fiturnya.
* Ada motivasi khusus ketika mengembangkan aplikasi, karena Anda sudah tahu apa nama aplikasi yang akan dikembangkan.

* Anda bisa menghindari penggunaan nama yang sama dengan aplikasi lain sejak awal.
* Banyak pilihan nama yang bisa diterapkan agar aplikasi mencuri perhatian.

Bagaimana bila Anda memutuskan yang sebaliknya? Ini beberapa hal yang bisa terjadi jika Anda memutuskan untuk menentukan nama aplikasi setelah membuatnya:

* Target pasar sudah Anda ketahui. Misalnya Anda menyasar pengguna dari kalangan remaja, maka ide nama yang diutamakan adalah nama kekinian dan nyentrik.
* Nama aplikasi harus mengikuti visualisasi aplikasi tersebut.
* Fitur-fitur yang ada di aplikasi bisa dipakai sebagai nama aplikasi.
* Anda tidak bisa menggunakan nama yang tidak menunjukkan fungsi dan kapabilitas aplikasi.
* Anda tahu persis apa yang bisa dilakukan aplikasi, sehingga pilihan nama akan lebih sempit pada semua kata yang berhubungan dengan kemampuannya.
* Bila nama pilihan ternyata sudah terpakai, Anda harus mencari nama lain atau mengubahnya agar tidak terlihat sama.

Kami menyadari bahwa tiap developer itu unik seperti aplikasi yang mereka ciptakan. Jadi kami tidak merekomendasikan secara langsung cara mana yang sebaiknya Anda pilih. Kami yakin ada jalan tengah, nama aplikasi akan datang dengan sendirinya di benak Anda ketika sedang menciptakannya.

Generator Nama Aplikasi kami siap membantu Anda mencari nama aplikasi paling sesuai, sekaligus memeriksa ketersediaan domainnya. Ingat, semua ini bisa dimanfaatkan secara gratis.