Blog

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli GR Terry Luther Gullick Ernest Dale Harold Koontz William Newman

Fungsi Manajemen Menurut : Para Ahli, GR Terry, Luther Gullick, Ernest Dale, Harold Koontz, William Newman – Ketika sudah mengambil program study manajemen Anda akan mempelajari bukan hanya pengertian, namun juga fungsi-fungsi dari manajemen tersebut. Manajemen adalah salah satu program studi yang bisa di temukan di fakultas ekonomi dan bisnis.

Selain itu, cabang ilmu manajemen juga banyak sekali dan Anda bisa memilih salah satunya. Jika gemar dengan kegiatan bisnis, maka masuk ke program studi Manajemen bidang Bisnis bisa Anda pertimbangkan.

Jika menyukai kegiatan pemasaran maka bisa memperdalam ilmu tersebut di program studi Manajemen Pemasaran dan lain sebagainya. Manajemen termasuk ke dalam ilmu yang sangat penting, sehingga sangat menarik untuk di pilih sebagai tujuan.

Karena ilmu, keahlian dan keterampilan yang di dapatkan tak hanya bisa di manfaatkan untuk perusahaan ketika Anda bekerja disana. Namun juga dapat di aplikasikan ketika mendirikan perusahaan sendiri atau untuk aktivitas sehari-hari.

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli
Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol
Menurut Henry Fayol terdapat 5 fungsi utama dalam ilmu manajemen yaitu mendesain, mengatur, mengatur, mengkoordinasikan serta mengendalikan. Berikut ini adalah 5 fungsi manajemen menurut Henry Fayol dan penjelasannya.

Fungsi Perencanaan (Planning)
Fungsi perencanaan adalah memikirkan tentang apa yang harus di lakukan dengan sumber daya yang sekarang tersedia. Perencanaan di lakukan untuk menentukan tujuan suatu perusahaan secara keseluruhan dan juga cara terbaik untuk mencapai tujuan yang di rencanakan.

Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
Fungsi organisasi di lakukan dengan tujuan memecah suatu kegiatan yang besar menjadi suatu kegiatan yang lebih kecil. Organisasi memberikan kemudahan para manajer untuk mengawasi dan menentukan orang-orang yang di butuhkan untuk melaksanakan tugas secara bersama.

Fungsi Memerintah (Commanding)
Fungsi memerintah atau arahan ada kaitan dengan upaya memberikan arahan, nasehat, perintah kepada bawahan dalam pelaksanaan tugasnya masing-masing. Agar tugas bisa di laksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan tujuan yang sudah di tetapkan.

Fungsi Pengkoordinasian (Coordinating)
Fungsi koordinasi adalah fungsi melaksanakan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan pada kegiatan dengan cara mempersatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan. Sehingga terjalin kerja sama yang sudah di targetkan untuk mencapai tujuan suatu organisasi.

Fungsi Pengawasan (Controlling)
Fungsi pengawasan meliputi kegiatan memantau aktivitas bawahan, menentukan apakah organisasi bisa untuk mencapai target, melakukan koreksi jika di butuhkan dan mengevaluasi pelaksanaan aktivitas.

Fungsi Manajemen Menurut John F. Mee
1. Perencanaan (Planning).
2. Atur (Atur).
3. Motivasi (Motivate).
4. Supervisi (Pengendalian).

Fungsi Manajemen Menurut Louis A. Allen
1. Kepemimpinan (Memimpin).
2. Perencanaan (Planning).
3. Tulis (Atur).
4. Supervisi (Pengendalian).

Fungsi Manajemen Menurut McNamara
1. Pengaturan (Pemrograman).
2. Perencanaan (Planning).
3. Penganggaran (Budgeting).
4. Pengaturan Sistem (System).

Fungsi Manajemen Menurut Kooontz & O’Donnel
1. Perencanaan (Planning).
2. Tulis (Atur).
3. Perjanjian karyawan (Personil).
4. Pengarahan (Direktur).
5. Mengontrol.

Fungsi Manajemen Menurut Dr. S. Siagian
1. Perencanaan (Planning).
2. Atur (Atur).
3. Motivasi (Motivate).
4. Supervisi (Pengendalian).
5. Rating (Peringkat).

Fungsi Manajemen Menurut Prof. Drs. Oey Liang Lee
1. Perencanaan (Planning).
2. Atur (Atur).
3. Pengarahan (Direktur).
4. Koordinat (Koordinat).
5. Supervisi (Pengendalian).

Fungsi Manajemen Menurut William H. Newman
1. Perencanaan (Planning).
2. Pengorganisasian (Organizing).
3. Assembling.
4. Resources.
5. Pengarahan (Directing).
6. Pengendalian (Controlling).

Fungsi Manajemen Menurut Luther Gullick
1. Perencanaan (Planning).
2. Atur (Atur).
3. Perjanjian Karyawan (Personil).
4. Pengarahan (Direktur).
5. Koordinat (Koordinat).
6. Membuat Laporan (Pelaporan).
7. Penganggaran (Budgeting).

Fungsi Manajemen Menurut Lindall F. Unwirk
1. Prediksi (Forescating) .
2. Perencanaan (Planning).
3. Atur (Atur).
4. Untuk memberi perintah.
5. Koordinasi (Koordinasi).
6. Kontrol (Control).

Fungsi Manajemen Menurut John D. Millet
1. Pengarahan (Direktur).
2. Memberi Fasilitas (Memfasilitasi).

Fungsi Manajemen Menurut Don Hellriegel & John W. Slocum, Jr
1. Perencanaan (Planning).
2. Atur (Atur).
3. Kepemimpinan (Memimpin).
4. Mengontrol.

Fungsi Manajemen Menurut Harold Koontz & Heinz Weihrich
1. Perencanaan.
2. Atur (Atur).
3. Pengaturan Karyawan (Personil) .
4. Kepemimpinan (Memimpin).
5. Mengontrol.

Fungsi Manajemen Menurut Dalton E. M. C. Farlang
1. Perencanaan.
2. Atur (atur).
3. Pengaturan (Mengontrol).

Fungsi Manajemen Menurut Nickels & McHugh
1. Perencanaan.
2. Atur (Atur).
3. Direktur.
4. Pengaturan (Kontrol).

Fungsi Manajemen Menurut Richar W. Griffin
1. Perencanaan.
2. Atur (atur).
3. Kepemimpinan (Memimpin).
4. Pengaturan (Kontrol).

Fungsi Manajemen Menurut Ernest Dale
1. Perencanaan.
2. Atur (Atur).
3. Perjanjian Karyawan (Personil).
4. Direktur.
5. Pengembangan (Inovasi).
6. Kesamaan (Untuk mewakili).
7. Pengaturan (Kontrol).

Fungsi Manajemen Menurut John Robert
1. Perencanaan.
2. Atur (atur).
3. Pengarahan (Perintah).
4. Supervisi (Pengendalian).

Fungsi Manajemen Menurut G R. Terry
Fungsi Manajemen Menurut G R. Terry: Planning (Perencanaan)
Fungsi manajemen menurut G R. Terry hal perencanaan adalah pemilihan fakta dan penghubungan fakta serta pembuatan dan penggunaan perkiraan-perkiraan atau asumsi untuk masa yang akan datang dengan jalan menggambarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan yang di perlukan untuk mencapai hasil yang di inginkan.

Perencanaan adalah proses memikirkan dan mengatur kegiatan yang di butuhkan untuk mencapai tujuan yang sudah di inginkan. Perencanaan melibatkan penciptaan dan pemeliharaan operasi suatu organisasi tertentu. Proses pemikiran ini penting untuk penyempurnaan tujuan dan integrasi dengan rencana lain.

Fungsi manajemen menurut G R. Terry: Organizing (Pengorganisasian)
Fungsi manajemen menurut G R. Terry adalah organizing. Pengorganisasian adalah penentuan, pengelompokkan, dan penyusunan macam – macam kegiatan yang di perlukan untuk mencapai tujuan, penempatan orang – orang(pegawai), terhadap kegiatan – kegiatan ini.

Penyediaan faKtor – faktor physik yang cocok untuk keperluan kerja dan penunjukkan hubungan wewenang yang di limpahkan terhadap setiap orang dalam hubungan dengan pelaksanaan setiap kegiatan yang di harapkan.

Pengorganisasian melibatkan menetapkan tugas, mengelompokkan tugas, mendelegasikan wewenang, dan mengalokasikan sumber daya di seluruh organisasi. Selama proses pengorganisasian, manajer mengoordinasikan karyawan, sumber daya, kebijakan serta prosedur untuk memfasilitasi tujuan yang di identifikasi dalam rencana.

Fungsi manajemen menurut G R. Terry: Actuating (Pelaksanaan/Penggerakan)
Penggerakan adalah untuk membangkitkan dan mendorong seluruh anggota kelompok agar berkehendak dan berusaha dengan keras untuk mencapai tujuan dengan ikhlas serta serasi dengan perencanaan dan usaha pengorganisasian dari pihak pimpinan.

Penggerakan adalah salah satu fungsi dasar untuk proses manajemen. Penggerakan adalah penggunaan pengaruh untuk memberikan motivasi kelompok untuk mencapai tujuan organisasi. Manajer harus bisa membuat karyawan mau berpartisipasi untuk mencapai tujuan organisasi.

Fungsi Manajemen Menurut Luther Gullick
Pendapat selanjutnya dari para ahli terkait fungsi manajemen datang dari Luther Gullick. Gullick menjelaskan bahwa fungsi manajemen pada dasarnya ada 7. Berikut fungsi manajemen menurut Luther Gullick :

1. Planning
Fungsi pertama manajemen menurut luther gullick adalah planning atau perencanaan. Yaitu memilih dan menetapkan aktivitas yang akan di lakukan dan juga menetapkan sumber daya yang akan di pakai untuk mendukung pencapaian tujuan atau cita-cita suatu perusahaan.

2. Organizing
Fungsi manajemen kedua adalah organizing atau pengorganisasian. Yaitu membantu membagi tugas untuk para anggota dari suatu perusahaan untuk melaksanakan pekerjaan masing-masing sesuai dengan keahlian. Hasil kerja setiap karyawan kemudian akan membantu pencapaian cita-cita untuk suatu perusahaan.

Manajemen karyawan dengan cara ini sangat penting untuk memastikan agar semua karyawan mendapat tugas yang tepat. Selain itu pembagian tugas yang sesuai keahlian dapat meminimalkan stres. Walaupun untuk perkembangan keahlian cenderung hanya fokus pada satu hal saja sesuai keahliannya.

3. Staffing
Fungsi ketiga dalam daftar fungsi manajemen menurut luther Gullick adalah staffing atau penempatan. Fungsi penempatan adalah menentukan, mengangkat, memilih dan juga membimbing sumber daya manusia sehingga dapat mencapai tujuan atau cita-cita suatu perusahaan.

Karyawan yang di pilih akan di sesuaikan keahlian sekaligus standar yang sudah di tetapkan oleh pihak perusahaan. Tetapi, dalam ilmu manajemen pemilihan karyawan atau sumber daya manusia wajib di sesuaikan dengan kebutuhan. Baik di lihat dari segi keahlian atau dari segi jumlah di masing-masing bagian.

4. Directing
Berikutnya manajemen menurut luther gullick juga memiliki fungsi directing atau pengarahan. Fungsi pengarahan sendiri yaitu memberikan penjelasan dan juga pembinaan terhadap seluruh karyawan perusahaan agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Sehingga cita-cita perusahaan tersebut bisa segera di wujudkan.

5. Coordinating
Luther Gullick juga menjelaskan bahwa manajemen memiliki fungsi coordinating atau pengkoordinasi. Fungsi Coordinating adalah melakukan kegiatan agar tidak terjadi kekosongan jadwal dan kekacauan dalam pekerjaan dengan cara menyelaraskan seluruh pekerjaan yang ada.

Fungsi ini memastikan bahwa manajemen akan membantu membagi pekerjaan secara baik dan menciptakan koordinasi yang sempurna. Sehingga karyawan satu dengan yang lain akan bekerja sama untuk membantu mencapai satu tujuan, yaitu cita-cita perusahaan.

6. Reporting
Fungsi berikutnya yaitu reporting atau pelaporan, Fungsi pelaporan adalah memberi informasi kepada manajer sehingga dapat mengetahui perkembangan dalam perusahaan. Informasi ini sangat penting untuk membantu manajer untuk mengambil langkah yang selanjutnya.

Saat perencanaan kegiatan tidak berjalan sesuai harapan, maka akan segera di susun rencana manajemen selanjutnya sebagai alternatif. Jika memang sesuai rencana dan dalam artian tidak terdapat kendala. Maka manajer bisa lega dan sesekali melakukan pengawasan ke lapangan.

7. Budgeting
Manajemen menurut Luther Gullick juga memiliki fungsi budgeting atau pembuatan anggaran. Yaitu mengendalikan perusahaan dengan menjalankan perencanaan akuntansi dan fiskal tentang anggaran yang di butuhkan suatu perusahaan tersebut.

Anggaran tentu perlu untuk di atur jumlah dan penggunaannya untuk keperluan dan kebutuhan apa saja. Tanpa manajemen yang tepat maka anggaran yang akan di keluarkan pihak perusahaan bisa membengkak. Sementara hasilnya bisa jauh dari harapan, sehingga manajemen mempunyai fungsi Budgeting untuk mencegahnya.

Fungsi Manajemen Menurut Ernest Dale
Menurut Ernest Dale fungsi manajemen adalah menyangkut Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), staffing (penyusunan kerja), directing (pengarahan), inovasion (inovasi), reporting (penyajian laporan) dan controlling (pengarahan).

1. Staffing (penyusunan kerja) adalah semua tenaga kerja yang sudah di bagi menjadi beberapa bagian yang sudah sesuai dengan porsinya dalam ketenaga kerjaan dan ini persis pengertiannya seperti organizing (pengorganisasian).
2. Directing (pengarahan) adalah dimana pengarahan di lakukan dalam sebuah pelaksanaan yang mengarahkan yaitu pimpinan,
3. Innovating (inovasi) dalam pelaksanaanya muncul inovasi baru untuk memberikan tambahan agar tujuan bisa cepat untuk terselesaikan dan terwujud
4. Reporting (penyajian laporan) berfungsi untuk melaporkan apa saja yang sudah di lakukan, guna mengambil keputusan dan kebijakan serta kendala apa saja yang di hadapi yang akan berguna dalam pengendalian nantinya.

4 Fungsi Manajemen
Kegiatan manajemen yang terbilang sangat penting ini tentu tidak terlepas dari berbagai fungsi yang di milikinya. Terdapat banyak sekali teori yang menjelaskan tentang fungsi manajemen. Namun, kali ini akan di buat lebih sederhana agar gampang di pelajari dan di pahami oleh pembaca.

Secara umum manajemen kemudian memiliki 4 fungsi utama, dan berikut penjelasannya:

1. Planning
Fungsi pertama dari manajemen adalah sebagai fungsi planning ataupun perencanaan, yaitu manajemen membantu menyusun rencana serta strategi untuk mencapai tujuan dari organisasi. Perencanaan sendiri kemudian menjadi fungsi utama dan paling penting ketika pelaksanaan kegiatan manajemen.

Karena tanpa melakukan perencanaan yang matang maka fungsi lain dari manajemen tidak akan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, ketika melakukan apapun tahap perencanaan menjadi tahap awal yang selanjutnya menjadi tahap yang krusial. Semakin baik perencanaan maka akan semakin baik hasilnya.

Planning ini berlaku untuk berbagai hal kegiatan atau aktivitas dan lain sebagainya. Perencanaan kemudian membantu untuk menyusun rencana kerja untuk semua sumber daya di suatu organisasi atau perusahaan. Selain itu dapat di gunakan untuk meneliti masalah apa yang mungkin bisa terjadi, sehingga sudah menyusun cara atau solusi untuk mengatasinya.

2. Organizing
Fungsi kedua dari daftar fungsi manajemen adalah organizing atau pengorganisasian. Pengorganisasian adalah fungsi manajemen dalam pembagian tugas baik itu untuk kegiatan besar atau kegiatan kecil dan di sesuaikan dengan keahlian masing-masing.

Maksudnya yaitu setiap kali terdapat proses pembagian tugas maka tugas yang di berikan kepada setiap anggota di suatu organisasi di sesuaikan dengan keahlian mereka. Orang yang ahli dalam berkomunikasi via telepon akan di berikan tugas menerima telepon dari pihak luar.

Jika ahli menyusun laporan keuangan maka akan di berikan tugas membuat laporan keuangan dan lainnya. Dalam hal ini, manajemen berfungsi untuk dapat mengidentifikasi kemampuan dan keahlian setiap orang dalam sebuah tim.

Selain itu juga memiliki fungsi untuk mengelompokan setiap orang berdasarkan dengan keahlian tadi. Sehingga ketika tugas di bagikan, maka masing karyawan memiliki tanggung jawab penuh terhadapnya.

Pembagian tugas yang tepat adalah fungsi dari manajemen yang memiliki tujuan menghindari pelaksanaan tugas tertentu saja. Tanpa pembagian yang jelas, tugas ringan akan menjadi rebutan dan tugas yang berat tidak kunjung di selesaikan. Sehingga menimbulkan masalah, maka manajemen dapat mencegahnya.

3. Directing
Fungsi manajemen berikutnya adalah sebagai directing atau pengarahan. Pengarahan ini di dalam fungsi-fungsi manajemen memiliki arti sebagai tindakan yang bertujuan untuk mengarahkan semua kegiatan dan juga cara berpikir dari anggota organisasi untuk bisa mencapai tujuan organisasi tersebut.

Memberi arahan terhadap tugas dan tanggung jawab juga termasuk ke dalam kegiatan manajemen. Pengarahan yang baik nanti akan membantu meningkatkan efektivitas atau efisiensi kinerja kepada para anggota. Sehingga tujuan dan cita-cita organisasi akan jauh lebih mudah dan cepat tercapai.

Arahan ini menjadi bagian yang sangat penting dalam mendukung kegiatan operasional suatu perusahaan. Sehingga ketika ada pelaksanaan tugas bermasalah bisa di bantu untuk mencari solusinya. Selain itu, jika terdapat pelaksanaan tugas yang cenderung lemot atau lambat.

Maka pihak pimpinan atau manajer dapat memberi teguran agar masalah tersebut tidak terulang kembali. Arahan juga dapat di artikan sebagai proses memberikan penjelasan, sehingga tugas yang sudah di bagikan ke para anggota bisa di mengerti.

4. Controlling
Fungsi terakhir dari daftar fungsi manajemen adalah sebagai controlling atau pengontrol (pengendalian). Maksud dari fungsi controlling adalah manajemen bisa menjadi media atau pembuka jalan untuk mengendalikan pelaksanaan tugas dari anggota suatu organisasi atau karyawan perusahaan.

Manajemen yang baik pastinya sudah memiliki standar operasional dalam pelaksanaan berbagai kegiatan dalam organisasi. Misalnya saja untuk skala garmen, di jamin penggunaan mesin produksi memiliki SOP atau (Standar Operational Procedure) yang menjelaskan tentang tata cara penggunaan dan perawatan.

Contoh lain yaitu dalam kegiatan produksi suatu barang. Maka terdapat alur produksi agar kualitas barang yang di buat dapat di kontrol maka di tetapkan standar. Mulai dari standar kualitas bahan baku, waktu pengolahan, waktu penyimpanan serta standar lainnya.

Semua standar ini di buat dengan keterampilan manajemen yang berfungsi untuk controlling. Sehingga ketika tujuan suatu perusahaan dapat tercapai maka tidak hanya asal tercapai. Akan tetapi mampu memberikan pencapaian yang membanggakan karena kualitasnya baik dan juga bisa melebihi target yang sudah di tentukan.

Penutup
Demikian artikel di atas mengenai Fungsi Manajemen Menurut : Para Ahli, GR Terry, Luther Gullick, Ernest Dale, Harold Koontz, William Newman. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca, sekian terima kasih.