Blog

Fungsi Jenis Jenis Dan Produk Perbankan Lengkap

Penjelasan Tentang Apa Itu Bank– Dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam hal ekonomi kita tidak bisa terpisahkan dari bank. Sehingga tentu sudah banyak orang yang mengetahui apa itu pengertian bank dan apa fungsi dari bank. Secara singkat kita bisa mengartikan bank sebagai tempat untuk menyimpan ataupun melakukan transfer bank.

Akan tetapi jika dibahas lebih dalam, definisi bank tidak sebatas itu saja. Ada banyak sekali fungsi bank, berikut produk-produk jasa yang ditawarkan, jenis-jenis bank dan lain-lain. Untuk membuka wawasan seputar perbankan, kali ini kita akan bahas bank berikut fungsi dan jenis-jenis bank. Silakan simak pembahasan berikut ini.

Yang pertama kita bahas adalah apa itu bank. Bank adalah suatu lembaga keuangan yang mempunyai wewenang untuk menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman modal kerja yang bertujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat umum.

Menurut Undang-undang RI nomor 10 Tahun 1998 tanggal 10 November 1998 tentang Perbankan (pasal 1 ayat 2), pengertian Bank adalah sebuah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lain dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup orang banyak.

Sementara menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 31, pengertian Bank adalah suatu lembaga yang berperan sebagai perantara keuangan antara pihak-pihak yang memiliki kelebihan dana dan pihak-pihak yang memerlukan dana, serta sebagai lembaga yang berfungsi memperlancar lalu lintas pembayaran.

> Baca juga: Peran Bank Dalam Perekonomian

Pengertian Bank Menurut Para Ahli
Setidaknya ada dua pendapat ahli mengenai definisi bank. Mari kita bahas pengertian bank menurut ahli.

Dr. B.N. Ajuha

Menurut Dr. B.N. Ajuha, bank adalah tempat untuk menyalurkan modal dari masyarakat yang tidak dapat memakai uang tersebut secara menguntungkan kepada pihak yang dapat membuat uang tersebut lebih produktif untuk memberikan keuntungan pada masyarakat.

Pierson