Blog

Fals Uang Senilai Sebatang Rokok, Cegah Burung Punah!

Fals Uang Senilai Sebatang Rokok, Cegah Burung Punah!

Sebatang rokok (tiap-tiap hari selama satu tahun, oleh semua perokok di Indonesia) bisa mencegah kepunahan seluruh macam burung yang ketika ini terancam punah di Indonesia hingga tahun 2022. Dengan asumsi harga sebatang rokok cuma lima ratus rupiah, dengan jumlah perokok 65 juta orang, karenanya bisa terkumpul uang sebesar 11.862,5 Milyar. Jadi bagi para perokok, mari kurangi rokok dan selamatkan burung Indonesia dari kepunahan!

Cuma dibutuhkan tarif sekitar delapan hingga sebelas triliyun tiap-tiap tahun untuk menghentikan laju kepunahan seluruh macam burung yang ketika ini terancam punah di dunia. Jumlah yang cuma seperlima (20%) dari sempurna pengeluaran masyarakat dunia untuk membeli minuman ringan ini, dilaporkan oleh 17 peneliti dari tujuh universitas dan enam institusi konservasi keanekaragaman hayati di dunia dalam jurnal science.

Berdasar data hal yang demikian, karenanya tarif yang dibutuhkan untuk menyelamatkan seluruh macam burung yang sudah terancam punah di Indonesia cuma sekitar 800 milyar hingga satu Triliun rupiah tiap-tiap tahun (tepatnya:Rp 793 525 039 123,00 hingga Rp 1 115 469 483 568,00).

Tentu saja data ini kita hitung dengan asumsi bahwa tiap-tiap macam burung yang sudah terancam punah memerlukan tarif yang sama untuk menyelamatkannya dari kepunahan. Sebagai catatan, ketika ini jumlah macam burung yang sudah terancam punah di Indonesia, pantas tiga kriteria dalam daftar merah IUCN (Kritis, Genting, dan Bentang) yakni sebanyak 9,5% dari semua macam burung yang terancam punah di dunia.

Tarif hal yang demikian sangatlah kecil, adalah kurang dari 20% (tepatnya: 18,3%) tarif yang dialokasikan untuk kementrian kehutanan dalam RAPBN 2012. Walaupun kecil tapi kita perlu memberikan catatan kritis. Mampukah upaya konservasi burung meningkatkan donasi kementrian kehutanan kepada Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)?, yang ketika ini rupanya cuma sekitar 16% dari sempurna PNBP sektor non migas!

Bagaimana jikalau para pemelihara burung yang membiayai aktivitas-aktivitas pencegahan kepunahan burung di Indonesia? Cuma dengan uang tiga ribu rupiah (tiap-tiap hari tiap-tiap tahun), karenanya semua pemelihara burung di enam kota besar di Jawa dan bali dapat mencegah kepunahan seluruh macam burung yang ketika ini terancam punah.  ini didasarkan pada proyeksi jumlah pemelihara burung di enam kota besar di jawa dan Bali sebanyak 1,45 juta orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *