Blog

Doa Sholat Taubat Nasuha Zina Lengkap Dengan Niat Dan Tata Caranya

JAKARTA, iNews.id – Doa sholat taubat nasuha zina perlu diketahui setiap muslim. Dengan sholat taubat, diharapkan segala dosa-dosa termasuk zina diampuni Allah SWT.

Sebagaimana diketahui, zina merupakan salah satu dosa besar yang ancaman dan hukumannya sangat berat. Hal itu sebagaimana termaktub dalam Al Quran surat Al Furqan ayat 69. Allah SWT berfirman:

يُّضٰعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ وَيَخْلُدْ فِيْهٖ مُهَانًا ۙ – ٦٩

Artinya: (yakni) akan dilipatgandakan azab untuknya pada hari Kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina. (QS. Al Furqan: 69).

Ayat tersebut menegaskan ancaman Allah bagi orang-orang yang telah melakukan perbuatan dosa (zina). Namun, Allah akan mengampuni segala dosa jika umatnya melakukan taubat secara sungguh-sungguh atau taubat nasuha. Hal itu sebagaimana disampaikan Rasulullah dalam sebuah hadits:

“Tidaklah seseorang berbuat dosa lalu ia beranjak bersuci, melakukan shalat kemudian beristighfar meminta ampun kepada Allah kecuali Allah mengampuninya.” (HR. Tirmidzi)

Bagi yang telah berbuat maksiat termasuk berbuat zina, diperintahkan untuk bertaubat dengan melaksanakan sholat taubat zina.

Allah SWT dalam Quran surat An-Nur ayat 31 berfirman dan memerintahkan agar umat-Nya bertaubat dari dosa yang dilakukan.

وَ تُوۡبُوۡۤا اِلَی اللّٰہِ جَمِیۡعًا اَیُّہَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّکُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ

Artinya: Dan bertaubatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung. (QS. An Nur ayat 31).

Sebelum mengetahui doa sholat taubat nasuha zina. Ada baiknya pahami dulu mengenai sholat taubat nasuha.

Sholat taubat adalah sholat sunnah yang dapat dikerjakan dalam dua rakaat. Waktu pelaksanaannya bisa dilakukan kapan saja, bahkan di waktu terlarang untuk sholat sekalipun.

Namun, para ulama mengatakan sholat taubat paling baik dilakukan pada sepertiga malam terakhir atau selama waktu sholat tahajud dilakukan.

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Zina
1. Membaca Niat

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Latin: Ushollii sunnatat taubati rok’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya: Aku berniat melakukan sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

2. Takbiratul Ihram

3. Membaca doa iftitah

4. Membaca surat Al Fatihah

5. Membaca surat atau ayat pendek dari Alquran

6. Rukuk 7. I’tidal (Membaca doa i’tidal)

8. Sujud (Membaca tasbih sujud tiga kali)

9. Duduk di antara dua sujud

10. Sujud kedua dianjurkan membaca tasbih sujud tiga kali

11. Bangun melanjutkan rakaat kedua sama seperti rakaat awal

12. Tasyahud akhir

13. Salam

Editor : Komaruddin Bagja