Blog

Data Sekunder Menurut Para Ahli

Data Sekunder Data sekunder ialah data pendukung yang di peroleh dari sumber lain yang atau lewat perantara lain yang berkaitan dengan. 58 Data sekunder adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan oleh orang yang melakukan penelitian dari sumber-sumber yang telah ada Data ini digunakan untuk mendukung informasi primer yang telah diperoleh yaitu dari bahan pustaka literatur penelitian terdahulu buku dan lain sebagainya.

Pin Oleh Citra Dewi Di Soal Kimia

Data Sekunder menurut Hasan 2002.

Data sekunder menurut para ahli. Misalnya data ini didapatlah dari berbagai sumber seperti publikasi pemerintah sensus catatan internal organisasi buku artikel jurnal. Meskipun pada hakikatnya pengertian keduanya sama-sama merupakan sumber data namun berbeda cara memperolehnya. Apa pengertian data primer dan data sekunder menurut para ahli dan bukunya. Data sekunder pada dasarnya adalah jenis data penelitian yang sudah dikumpulkan orang lain atau tidak secara langsung diperoleh peneliti dari lapangan. Pengertian data primer adalah data asli yang dikumpulkan sendiri oleh periset untuk menjawab berbagasi pokok permasalahan risetnya secara khusus. Pernyataaan atau nilai ini berasal dari proses pengukuran.

Data ini digunakan untuk mendukung informasi primer yang telah diperoleh yaitu dari bahan pustaka literatur penelitian terdahulu buku dan lain sebagainya. Data primer ini tidak tersedia dikarenakan sebelumnya belum pernah ada riset yang sejenis atau hasil riset yang sejenis sudah kadaluarsa. Data sekunder merupakan data primer yang telah diolah lebih lanjut dan disajikan baik oleh pengumpul data primer atau pihak lain.

Jadi jika penulis tidak dapat mengumpulkan data secara langsung dari objek yang akan diteliti. Menurut Sugiyono sumber data sekunder adalah sumber yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data misalnya lewat orang lain atau dokumen. Data Primer Dan Data Sekunder Menurut Para Ahli on. Pengertian dan jenis data yang wajib dipahami. Menurut Sugiyono menjelaskan data sekunder adalah sebagai berikut. Pada dasarnya pendapat para ahli hampir sama sehingga dapat diambil kesimpulan yang mudah dipahami.

Pengertian data sekunder menurut Sugiyono 2015 adalah sumber data yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data misalnya lewat orang lain atau lewat dokumen. Sumber data tambahan adalah sumber data pelengkap yang digunakan untuk melengkapi data yang diperlukan untuk data. Data sekunder ini merupakan data yang sifatnya mendukung keperluan data primer seperti buku-buku literatur dan bacaan yang berkaitan dan menunjang penelitian ini.

Untuk itu metode pengumpulan data harus sesuai dengan penelitian yang sedang dilakukan apakah menggunakan data primer atau sekunder. Berdasarkan penjelasan para ahli maka data disimpulkan bahwa observasi adalah penelitian dengan melakukan pengamatan dan pencatatan dari pelbagai proses biologis dan psikologis secara langsung maupun tidak langsung yang tampak dalam suatu gejala pada objek penelitian. Sebelum kepada pengertian data menurut pendapat para ahli secara etimologi definisi data merupakan bentuk jamak dari datum yang dalam bahasa latin berarti pernyataan atau nilai dari suatu kenyataan.

Simpulkan dari pendapat para ahli diatas bahwa data primer ialah data yang pertama kali dicatat dan diperoleh langsung dari sumbernya aslinya dengan tujuan tertentu. Sumber data yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data. Data Primer dan Data Sekunder merupakan sumber-sumber data informasi yang dikumpulkan untuk menjadi dasar kesimpulan dari sebuah penelitian.

Ommakplus at PM. Menurut para ahli untuk memahami data tambahansekunder. Data sekunder adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan oleh orang yang melakukan penelitian dari sumber-sumber yang telah ada Hasan 2002. Data sekunder adalah sebuah data yang diperoleh atas pihak sumber lain yang ada. Pengecualian juga menjadi penelitian kuantitatif. Pengertian Data Serta Definisi Data Menurut Para Ahli.

Untuk memahami pengertiannya lebih lanjut Anda perlu menyimak beberapa definisi data menurut para ahli. 225 data pembantu merupakan sumber data yang tidak secara langsung memberikan data kepada pengumpul data melalui orang atau dokumen lain. Biasanya sumber data ini lebih banyak sebagai data statistik atau data yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga siap digunakan dalam statistik biasanya tersedia pada kanto-kantor pemerintahan biro jasa data perusahaan swasta atau badan lain yang berhubungan dengan.

Data Sekunder Data sekunder merupakan data yang telah tersedia dalam berbagai bentuk. Data Sekundertambahan menurut para ahli dapat dijelaskan sebagai berikut. Pengertian Data Menurut Para Ahli.

Data sekunder dapat diperoleh dengan cara membaca mempelajari dan. Berikut ini pendapat para ahli yang bisa Anda jadikan acuan. Beberapa peneliti mengutip dokumen seperti literatur teks akademis majalah. Data sekunder adalah data tambahan yang diperoleh bukan dari tangan pertama tetapi dari kedua ketiga atau seterusnya. Perbedaan Data Primer Dan Data Sekunder Penelitianilmiah Com

Pengertian Data Primer Dan Data Sekunder Serta Perbedaan Kelebihan Dan Kekurangan Antara Data Primer Dan Data Sekunder Dalam Penelitian

Contoh Data Primer Dan Data Sekunder Dalam Penelitian Temukan Contoh

Http Elib Unikom Ac Id Download Php Id Data Sekunder Dan Primer

Pengertian Data Primer Dan Data Sekunder Serta Perbedaan Kelebihan Dan Kekurangan Antara Data Primer Dan Data Sekunder Dalam Penelitian

Https Elibrary Unikom Ac Id Unikom Anggita 20regi 20virdiana 14 Bab 20iii Pdf Data Sekunder Dan Primer Data Sekunder Dan Primer Data Sekunder Dan Primer

Doc Jenis Jenis Data Penelitian Ummulia Sarifaatihah Academia Edu Data Sekunder Dan Primer

Bahan Hukum Data Penelitian Ppt Download

Pengertian Data Sekunder Kelebihan Kekuarangan Dan Contohnya Penelitianilmiah Com Data Sekunder Dan Primer

Http Digilib Uinsby Ac Id Bab 203 Pdf Data Sekunder Dan Primer

Data Primer Dan Data Sekunder Sosiologis Com

Pengertian Data Primer Dan Data Sekunder Kanal Informasi