Blog

Data Mining Menurut Pandangan Para Ahli

Apa itu Data Mining
* Data Mining adalah suatu proses ekstraksi atau penggalian data yang belum diketahui sebelumnya, namun dapat dipahami dan berguna dari database yang besar serta digunakan untuk membuat suatu keputusan bisnis yang sangat penting.(Connolly dan Begg, 2010)

* Data Mining biasa juga disebut dengan “data atau Knowledge discovery” atau menemukan pola tersembunyi pada data. Data Mining adalah proses menganalisa data dari perspektif yang berbeda dan menyimpulkan ke dalam informasi yang berguna. (seggall et.all, 2008)

* Data Mining merupakan suatu proses untuk mendapatkan informasi yang berguna dari gudang basis data yang besar, yang dapat juga diartikan sebagai pengekstrakan informasi baru yang diambil dari bongkahan data besar yang membantu dalam pengambilan keputusan (Knowledge Discovery). (Tan, Steinbach and Kumar, 2006)

* Data Mining merupakan proses yang menggunakan berbagai teknik dan analisis data untuk menemukan hubungan dan pola tersembunyi. (Sudirman, Windarto dan Wanto,2018)

* Data Mining merupakan langkah analisis terhadap sekumpulan data yang umumnya berukuran besar untuk mendapatkan hubungan antar data tersebut dan merangkumnya dalam bentuk yang mudah dipahami dan digunakan. (Han, 2006)

* Data Mining merupakan salah satu dari proses utama dari Knowledge Discovery in Database (KDD) yang bentuk kegiatannya yaitu mengumpulkan dan menggunakan data masa lalu untuk menemukan keteraturan, pola atau hubungan dalam suatu set data yang lebih besar. (Sanstosa, 2007)

* Data mining merupakan irisan dari machine learning, artifisial intelligence, pengenalan pola, statistic dan sistem basis data karena irisan dari bidang bidang tersebut melahirkan data mining sebagai metode baru yang mampu memberikan solusi bagi pengolahan data dengan ukuran besar, data dengan dimensi yang lebih tinggi, data heterogen. (Tan, dkk, 2012)

* Data Mining adalah sebuah proses menganalisis pola data tersembunyi menurut berbagai perspektif untuk kategorisasi menjadi informasi yang berguna, yang dikumpulkan di area umum, data werehouse untuk analisis yang efisien, algoritma data mining, memfasilitasi pengambilan keputusan bisnis, dan informasi lainnya.

* Data Mining adalah suatu proses menemukan teknik statistic, matematika, kecerdasan buatan, dan machine learning untuk mengekstraksi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terkait dari berbagai database besar. (Turban, 2005)

* Menurut Garnet Group Data Mining adalah duatu proses menemukan hubungan yang berarti, pola, dan Kecenderungan dengan memeriksa sekumpulan besar data yang tersimpan dalam penyimpanan dengan menggunakan teknik pola seperti teknik statistik dan matematika. (Larose, 2005)

Kesimpulan
Berdasarkan beberapa kutipan diatas dapat saya simpulkan bahwa data mining merupakan suatu proses ekstraksi atau penggalian data dari berbagai perspektif baik berupa teknik matematika, statistik, pola maupun lainnya yang kemudian dikompokkan sehingga menjadi sebuah informasi yang menjadi pengetahuan dalam pengambilan sebuah keputusan bisnis, perancangan strategi bisnis dan manajemen lainnya
DAFTAR PUSTAKA

* Siregar, Amril Mutoi, et al, 2017. DATA MINING : Pengolahan Data Menjadi Informasi Dengan RapidMiner. CV. Kekata Group (Paragraf 1 dan 2)

* Wanto, Anjar, et al, 2020. DATA MINING : Algoritma dan Implementasi. Medan : Yayasan Kita Menulis (Paragraf 3 dan 4)

* Prasetyowati, Erwin, 2017. DATA MINING Pengelompokan Data untuk Informasi dan Evaluasi. Pemekasan : Duta Media Publishing (Paragraf 5 dan 6)

* Arhami, Muhammad, et al, 2020. DATA MINING-Algoritma dan Implementasi. Penerbit Andi (Paragraf 7 dan 8)

* Nofriansyah, Dicky, S,Kom, and M.Kom,2015.Konsep Data Mining vs Sistem Pendukung Keputusan. (Paragraf 9 dan 10)

Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Lihat Semua Komentar (0)