Blog

Daftar 10 Situs Jurnal Gratis

Kamu sedang mencari daftar situs jurnal gratis? Tepat sekali, pada kesempatan kali ini kami akan memberikanmu beberapa daftar website pencari jurnal yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Simak sampai habis yah!

Situs Jurnal Gratis Dan Berbayar
Kamu merupakan mahasiswa tingkat akhir, atau peneliti yang sedang membutuhkan riset penelitian sebelumnya? Nah, mungkin di antara kalian tentu memerlukan jurnal ilmiah, baik jurnal nasional atau internasional, untuk memperkaya hasil karya tulis.

Namun, kebanyakan jurnal ternyata tidak bisa di-download secara gratis, sehingga kamu perlu mengetahui cara mendapatkan jurnal gratis, berikut ini adalah cara untuk mendapatkan jurnal gratis di website :

Ingin Tahu Informasi Publikasi Jurnal Mudah Approve Dan Cepat Terbit? Simak poin paling bawah ya!

1. Situs Untuk Mendapatkan Jurnal Gratis
Bagi kamu yang sedang mencari situs jurnal ilmiah terbaik yang menyediakan jurnal open access, berikut kami berikan daftarnya :

* Google Scholar (Nasional dan Internasional)
* Emerald Insight (Internasional)
* Sciencedirect (Internasional)
* Directory of Open Access Journal (Internasional)
* Elsevier (Internasional)

Dalam situs tersebut, menyediakan beragam jurnal dari berbagai negara, dan juga dari berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan.

Setelah kamu buka salah satu situsnya misalnya di , kemudian pilih options journals, atau kamu bisa tulis tema jurnal yang sedang kamu cari, atau yang berkaitan dengan penelitian mu, di kolom pencarian.

Setelah menemukan jurnal yang dipilih, klik judulnya, kemudian kamu akan melihat keterangan ‘open access’, dan juga terdapat pilihan ‘Download PDF’ di bagian atas.

Setelah kamu klik ‘Download PDF’ maka jurnal akan otomatis tersimpan di perangkat mu.

2. Cara Mendapatkan Jurnal Berbayar Secara Gratis
Ada cara mendapatkan jurnal gratis lainnya, yang bisa kamu coba, yakni jika kamu menemukan jurnal berbayar, namun kamu bisa men-downloadnya secara gratis. Begini caranya:

Langkah pertama, lakukan cara yang sama seperti langkah cara mendapatkan jurnal gratis yang pertama, yakni buka situs jurnal yang diinginkan.

Dilangkah selanjutnya ini, bedanya jika kamu mendapatkan jurnal gratis, maka akan ada keterangan langsung ‘Download PDF’, seperti cara sebelumnya. Namun, mungkin saja kamu mendapatkan jurnal berbayar dengan keterangan ‘ Purchase PDF’.

Ketika kamu mendapatkan jurnal berbayar dengan keterangan ‘Purchase PDF’, sebenarnya kamu bisa mendowloadnya secara gratis. Kamu tinggal copy URL di page tersebut.

Buka situs -hub.tw/. Setelah terbuka, paste URL jurnal tadi, lalu klik enter atau open (yang terdapat gambar kunci).

Ketika sudah menekan enter atau open, maka jurnal langsung tersimpan di perangkat.

Bagaimana, mudah bukan? Itu dia dua cara mendapatkan jurnal gratis, yang bisa kamu coba, beserta informasi tentang ciri-ciri jurnal resmi yang baik dan benar.

Baca Juga : Jasa Jurnal Ilmiah Internasional

Ingin Tahu Informasi Publikasi Jurnal Mudah Approve Dan Cepat Terbit? Simak poin paling bawah ya!

Syarat Publikasi Jurnal
Publikasi jurnal merupakan suatu kebutuhan bagi mahasiswa dan dosen untuk syarat kelulusan dan kenaikan jabatan fungsionalnya. Publikasi jurnal juga harus memenuhi kriteria-kriteria yang sudah ditentukan, Maka simaklah syarat syarat untuk publikasi jurnal :

Syarat Publikasi Jurnal Nasional Dan Internasional :

* Mempunyai Artikel Ilmiah Yang Original
* Judul Dan Isi Mempunyai Tingkat Signifikansi Tinggi
* Syarat Publikasi Jurnal Dengan Mengikuti Template
* Jurnal Punya Rigour yang Kuat
* Memiliki Topik Penelitian Yang Menarik Dan Terkini
* Penggunaan Tata Bahasa Yang Baik
* Syarat Publikasi Jurnal – Harus Terakreditasi
* Mempunyai International Standard Serial Number
* Jurnal Mempunyai Isi Sesuai Dengan Namanya

Daftar Situs Jurnal Gratis
Situs website pertama yang bisa kamu kunjungi untuk mencari jurnal nasional adalah melalui website resmi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) yang bisa anda akses disini.

Sebelum kamu mengunduh jurnal yang tersedia disana, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mendaftar sebagai anggota dan membuat akun terlebih dahulu. Lalu setelah akunmu sudah jadi, bisa login kembali dengan nomor anggota yang telah terdaftar. Apabila kamu sudah resmi terdaftar, maka kamu bisa mengunduh jurnal dimanapun dan kapanpun secara gratis. Sangat membantu sekali bukan?

Yang satu ini merupakan situs resmi yang dimiliki oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Lipi) yang dikoordinatori oleh Kemenristekdikti. Kamu bisa dengan mudah mengunduh semua jurnal yang tersedia di situs tersebut secara gratis dan jurnal sudah tersedia dalam bahasa Indonesia juga loh!

Selanjutnya ada sciencedirect.com yaitu situs yang menyediakan berbagai jurnal internasional yang bisa kamu gunakan. Dan situs ini juga bersifat open access yang artinya semua pengunjung situs ini berhak secara gratis mengakses jurnal dan karya tulis ilmiah yang tersedia di dalam situs ini.

Lalu ada International Journal of Education and Research atau injern.com yang diterbitkan oleh Contemporary Research Center CRC Publications. Tersedia banyak sekali jurnal internasional yang bisa kamu akses disini untuk dijadikan sebagai referensi. Situs ini juga menjadi favorit bagi akademisi, peneliti, hingga profesional untuk mencari referensi jurnal ilmiah.

Doaj atau Directory of Open Access Journal merupakan sebuah situs yang menyediakan berbagai jurnal internasional. Situs ini menyediakan akses ke jurnal yang berkualitas tinggi dan bersifat open access sehingga dapat diakses oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Semua jurnal yang disediakan disimpan pada directory website mereka dan dapat diakses secara gratis.

Sebelum kamu mengunduh jurnal yang tersedia di situs ini, hal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mendaftar terlebih dahulu ke situs researchgate.net berikut. Untuk pendaftaran akun, kamu bisa menggunakan e-mail kampus. Tujuan menggunakan e-mail kampus adalah karena website ini merupakan tempat berkumpulnya para peneliti. Dengan mendaftar, kamu juga bisa mengupload dan berbagi atau bahkan meminta jurnal ke anggota yang lain.

Mungkin kamu sudah cukup familiar dengan situs yang satu ini. Yup Academia.edu menjadi situs favorit dan seringkali muncul pada halaman utama pencarian google. Sehingga sangat memudahkan kamu untuk mencari jurnal ilmiah yang sudah berbahasa Indonesia. Situs ini akan sangat membantu mu dalam mencari referensi jurnal untuk penelitian, tugas akhir, dan lain-lain.

Freefullpdf.com menyediakan berbagai jurnal publikasi ilmiah gratis dari berbagai bidang yang tersedia seperti Ilmu Kesehatan, Ilmu pengetahuan, Matematika, Fisika, Sosial dan Humaniora. Semua jurnal yang ada disini dapat diunduh secara gratis dalam bentuk pdf.

Pasti kamu sudah sering menggunakan situs yang satu ini untuk mencari jurnal penelitian. Situs berikut adalah Google Scholar. Situs ini juga dikenal dengan google cendekia yang berfokus menyajikan berbagai karya tulis dan karya ilmiah dari berbagai bahasa.

Jurnal yang tersedia di situs berikut seakan menjadi penyelamat bagi mahasiswa yang sedang menjalani masa akhir semester dengan mengerjakan tugas akhir. Oxford Academic menyediakan berbagai jurnal ilmiah yang dapat diakses secara gratis dan dapat diunduh oleh seluruh pengunjung situs nya.

Ingin Tahu Informasi Publikasi Jurnal Mudah Approve Dan Cepat Terbit? Simak poin paling bawah ya!

Cara Publish Jurnal
Cara submit dan upload publikasi karya ilmiah pada jurnal nasional dan internasional bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah berikut ini. Ikuti secara runtut dan benar supaya jurnal bisa terbit dengan baik dan cepat.

* Memiliki karya ilmiah original dan bukan plagiat
* Mengikuti template dari tempat publikasi jurnal
* Submit Jurnal harus sesuai dengan bidang ilmu
* Mengambil topik terkini

Tempat Jurnal Publish Cepat Yang Perlu Kamu Ketahui
Masih banyak orang yang mencari tempat publish jurnal ilmiah, mungkin anda juga termasuk. Yang namanya karya ilmiah, pasti harus punya sumber-sumber terpercaya yang biasanya terdapat dari buku-buku ataupun jurnal yang sudah ada.

Beberapa jurnal nasional dan internasional yang sangat penting untuk mendukung karya anda seringkali berbayar. Namun tak perlu khawatir, berikut ini tempat publish jurnal ilmiah yang bisa kamu akses secara gratis

1. Publikasi Jurnal Gratis – Portal Garuda
Tempat publish jurnal yang pertama adalah Garuda. Situs ini Menyimpan lebih dari 5000 jurnal online, Indonesian Publication Index atau IPI melayani akses jurnal online gratis. Di sini, anda bisa mengindeks jurnal, abstrak, pemantauan dan peningkatan standar publikasi jurnal ilmiah di Indonesia.

Link : /

2. Directory of Open Access Journals (DOAJ)
Directory of Open Access Journals (DOAJ) adalah sebuah tempat publish jurnal gratis dengan koleksi jurnal-jurnal ilmiah yang mencapai lebih dari 20.000 jurnal. Selain itu anda bisa mencari berbagai artikel ilmiah sebagai pendukung karya ilmiah anda. Website ini cocok sekali untuk dijadikan publikasi jurnal cepat dan gratis.

Link : /

3. Upload Jurnal Gratis di Google Scholar
Google Cendekia, begitu versi Bahasa Indonesianya, adalah layanan dari Google yang memungkinkan pengguna malakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi yang mencakup jurnal-jurnal online dari publikasi ilmiah.

Link :

Informasi Jurnal Ilmiah Yang Terbit Bulan Ini
Perlu kamu ketahui bahwasannya untuk mendapatkan tempat publikasi jurnal yang bisa terbit dengan cepat, sangat susah sekali. Setidaknya, kamu memerlukan waktu paling cepat 6 Bulan hingga 1 Tahun lamanya.

Kenapa begitu? Karena jurnal ini terbitnya secara berkala, mulai dari 3 Bulan, 4 Bulan, 6 Bulan dan tahunan.

Nah, agar naskah jurnalmu bisa cepat terbit, maka kamu membutuhkan tempat publikasi yang bisa terbit setiap bulan. Mungkin, cukup sulit untuk menemukannya.

Tapi, apakah ada tempat publikasi jurnal yang terbit setiap bulan? Tentunya ada!

Kamu bisa serahkan kebutuhanmu kepada kami.

Kami (Green Publisher) adalah satu-satunya lembaga publikasi ilmiah yang sudah berbadan hukum (CV) yang sudah mengelola lebih dari 5 Jurnal Nasional dan 6 Jurnal Internasional dan beberapa sudah terindeks Sinta dan juga Scopus.

Kami juga memiliki banyak Tim yang sudah ahli dalam bidang publikasi jurnal.

Green Publisher menerima naskah di semua bidang keilmuan, baik itu pendidikan, ekonomi, sosial, sains, kesehatan dan lain sebagainya.

Impianmu bisa publish jurnal di waktu yang cepat, bisa kami realisasikan dengan mudah.

> Segera konsultasikan kebutuhan publikasi jurnalmu melalui Whatsapp di bawah ini secara gratis dan dapatkan promo Bulan Ini!

Akhir Kata
Demikianlah pembahasan yang bisa kami sampaikan mengenai daftar situs jurnal gratis yang perlu kamu ketahui.

Khusus bagi kami pengunjung website Green Publisher, kami mengadakan sesi Konsultasi Gratis terkait publikasi jurnal. Klik link di bawah ini!

KLIK UNTUK KONSULTASI GRATIS TERKAIT PUBLIKASI JURNAL