Blog

Contoh Daftar Isi Makalah Yang Baik Dan Benar Beserta Contohnya

Berikut contoh daftar isi makalah. Anda pasti pernah mendengar istilah daftar isi. Istilah ini hampir ditemukan di setiap buku, skripsi, atau karya tulis manapun. Bahkan ketika anda harus membuat tugas atau menuliskan makalah, daftar isi merupakan salah satu poin penting yang harus ada di dalamnya. Fungsinya adalah untuk membantu pembaca agar lebih mudah menemukan topik yang diinginkan.

Daftar isi memiliki peranan sangat penting, yakni. Hal ini menjadikan bahwa dalam proses penyusunan, daftar isi haruslah rapi, sistematis, dan informatif. Pembaca akan lebih mudah dalam mengetahui isi sebuah karya tulis. Misalnya mengenai letak bab-bab, sub-bab, gambar, tabel, grafik, serta hal-hal penting lainnya. Lebih mudah dan cepat dibandingkan tanpa menggunakan daftar isi.

Fungsi Daftar Isi
Fungsi inti dari daftar isi yaitu sebagai pencantuman urutan isi karangan. Pada umumnya isi karangan ini disusun berdasarkan bab pada karangan tersebut. Kemudian disertai juga dengan urutan halaman yang dituliskan dengan benar dan detail. Daftar isi juga ditulis pada halaman tersendiri, seperti layaknya penulisan kata pengantar.

Beberapa hal yang bisa dirangkum sebagai fungsi dari daftar isi dari pembuatan makalah antara lain adalah :

1. Membuat makalah menjadi lebih rapi. Penulis menjadi semakin gampang atau lebih mudah untuk memahami isi materi yang dibahas oleh penulis atau penyusun makalah
2. Pembaca dengan lebih jelas bisa mengetahui dan memahami maksud dari penulis mengenai informasi yang ada di dalam makalah tersebut
3. Pembaca biasanya akan kesulitan apabila harus membaca makalah secara keseluruhan namun lebih terbantu dengan adanya daftar isi
4. Pembaca menjadi lebih hemat waktu untuk membaca dan lebih memahami isi dari tulisan makalah

Daftar Isi dalam Makalah
Seperti yang diketahui bersama, makalah merupakan salah satu jenis karya tulis ilmiah. Dimana pada makalah tersebut ada permasalahan yang dibahas dengan baik dan formal. Proses pembahasannya pun beruntun, baik diperoleh melalui penelitian lapangan berupa wawancara atau yang lainnya, maupun melalui kajian teori yang bisa diperoleh dari literatur maupun bacaan yang terkait.

Akhir dari penyusunan permasalahan, yaitu dituliskan analisisnya dan dibahas, kemudian diperoleh sebuah hasil dan kesimpulan yang lebih mendalam. Pada dasarnya, makalah dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu makalah akademik dan non-akademik.

Karena dalam sebuah makalah biasanya membahas banyak hal dengan jumlah halaman yang banyak, maka peran daftar isi akan sangat membantu. Terutama para pembaca karya tulis yang ingin langsung mengetahui poin-poin penting dari makalah tersebut.

Tanpa daftar isi, bisa dibayangkan bahwa pembaca akan mengecek setiap halaman satu per satu untuk melihat bab yang dibaca atau dikaji lebih mendalam. Tentu saja ini akan lebih merepotkan dan memakan waktu yang cukup lama. Peranan daftar isi sangat penting dalam membantu pembaca.

Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word Secara Otomatis
Dulu, ada banyak orang yang membuat daftar isi dengan cara manual. Yakni dengan menuliskannya satu per satu dan memastikan bahwa daftar isi tersebut benar-benar rapi. Tidak sedikit yang mengalami kendala saat melakukan ini. Banyak waktu yang terbuang begitu saja.

Kini, sudah ada solusi lain. Anda tidak perlu menuliskannya secara manual lagi. Anda bisa membuat daftar isi secara otomatis dan sesuai format menggunakan fitur yang tersedia dalam software Microsoft Office Word pada laptop kesayangan anda. Daftar isi menjadi lebih mudah dan cepat dibuat.

Anda hanya perlu melakukan dua langkah, yaitu membuat judul dan sub judul pada halaman daftar isi yang akan dibuat. Selanjutnya, anda hanya tinggal mengoperasikan Microsoft Word untuk membuat daftar isi sesuai dengan judul dan sub judul yang telah dibuat. Berikut langkah-langkahnya :

1. Pilih judul dan sub judul untuk daftar isi

Anda bisa membuat judul dan sub judul terlebih dahulu. Selanjutnya, pilih judul dan sub judul yang akan dipakai dengan cara memblok judul dan sub judul tersebut.

1. Mengoperasikan office menggunakan format heading

Selanjutnya pilih Style Heading 1 untuk daftar isi sebagai judul. Kemudian pilih Heading 2 sebagai sub judul. Ada perbedaan antara pembuatan pada Microsoft Word yang lama dengan yang baru, anda perlu menyesuaikannya.

Pengaturan Heading Untuk Membuat Daftar Isi
Penulisan judul menggunakan format Heading 1, sedangkan penulisan sub judul bisa menggunakan heading 2, heading 3 maupun yang selanjutnya. Anda bisa memilih maupun mengubah ukuran, warna, serta jenis huruf sesuai keinginan.

Membuat Daftar Isi Pada Microsoft Word 2000, 2002, dan Setelah anda memilih judul dan subjudul yang akan dijadikan sebagai daftar isi, anda bisa mengikuti beberapa langkah sebagai berikut :

1. Pilih salah satu halaman kosong untuk membuat daftar isi
2. Buka Insert Index and Tables untuk Microsoft Word 2000 atau buka Insert Reference Index and Tables untuk Mirosoft Word 2002 dan 2003 untuk menampilkan jendela Table of Contents
3. Klik OK pada tab Table of Contents yang muncul

Membuat Daftar Isi Pada Microsoft Word 2007, 2010 dan Berbeda halnya dengan pembuatan daftar isi di Microsoft Word sebelumnya, jika anda menggunakan Microsoft Word dengan versi yang berbeda, anda bisa mencoba cara ini.

1. Pilih menu References
2. Selanjutnya klik Table of Contents
3. Pilih opsi pertama dan kedua yang tertera pada menu tersebut. Daftar isi akan dibuat secara otomatis menyesuaikan dengan judul dan sub judul yang anda pilih sebelumnya
4. Jika anda tetap ingin membuat daftar isi secara manual, anda bisa memilih opsi ketiga. Perlu diperhatikan bahwa membuat secara manual berarti memakan banyak waktu yang lebih banyak. Anda bahkan tidak perlu melakukan langkah pemilihan judul dan sub judul.
5. Atau anda bahkan bisa memilih opsi Custom Table of Contents pada bagian bawah. Ini akan membantu anda untuk membuat daftar isi sesuai keinginan anda.

Apabila beberapa langkah di atas sudah dilakukan, maka akan muncul daftar isi pada halaman kosong yang dipilih sebelumnya. Judul dan sub judul yang dipilih sebelumnya akan tertera pada halaman tersebut.

Cara Merubah Tampilan Daftar Isi
Namun jika anda merasa kurang pas atau ada yang ingin dirubah, baik mengenai ukuran, warna, jenis font maupun jarak spasi, anda hanya tinggal melakukan pengeditan untuk mendapatkan hasil terbaik. Berikut langkah yang bisa dilakukan.

1. Apabila ingin merubah jenis font huruf, sebaiknya anda tidak menggunakan menu Format à Paragraph ataupun menu Format à Sebab bisa merusak susunan daftar isi. Anda juga sebaiknya tidak merubah huruf dengan cara manual. Yang harus dilakukan adalah dengan mengubah huruf pada Header. Hal ini dilakukan agar tampilannya konsisten dan lebih rapi
2. Apabila anda ingin merubah tampilan daftar isi, anda bisa melakukannya dengan cara :

Pada Microsof Word 2000 : Mengklik daftar isi, kemudian buka Insert > Table of Contents

Pada Microsoft 2002 dan 2003 : Mengklik daftar isi, kemudian buka Insert > References > Table of Contents

Pada Microsoft Word 2007, 2010, dan 2013 : Mengklik daftar isi, buka References > Table of Contens > Insert Table of Contents

Jika jendela pengaturan daftar isi sudah terbuka, anda bisa melakukan beberapa perubahan terkait beberapa elemen dari daftar isi. Bisa dimulai dari tingkatan judul dan sub judul, menambah atau menguranginya judul dan sub judul, ataupun yang lainnya.

1. Apabila anda ingin memilih jenis style dari daftar isi, anda bisa memilih salah satu dair dua default pilihan style yang tersedia. Atau bahkan bisa mendownload style lainnya di situs resmi Microsoft Office maupun membuat style sendiri.

Cara Melakukan Update Daftar Isi
Jika dalam proses pembuatan makalah ada judul atau sub judul baru yang ditambah atau dikurangi, maka anda juga perlu menyesuaikan kembali daftar isi yang dibuat sebelumnya. Sebab tidak bisa langsung muncul secara otomatis begitu saja. Anda perlu harus memperbaruinya atau melakukan update daftar isi. Ikuti beberapa langkah berikut ini.

Langkah pertama :

* Meletakkan kursor pada halaman daftar isi yang dibuat sebelumnya
* Menekan tombol F9 pada keyboard anda

Langkah kedua, yaitu menggunakan cara manual :

* Memilih menu References
* Mengklik Update Table. Anda direkomendasikan untuk selalu menggunakan pilihan ‘Update entire table’.

Perlu diketahui bahwa daftar isi yang dibuat oleh komputer akan dianggap sebagai field dan bukan sebagai teks biasa. Dalam hal membedakan keduanya, anda bisa memberi tanda warna lain pada field tersebut. Warna tersebut tidak akan ikut tercetak melalui printer. Berikut cara mudah membuat field :

* Pada Ms. Word 2000, 2002, dan 2003 : Buka Tools > Options > View, anda bisa mengubah opsi Field Shading menjadi Always
* Pada Ms. Word 2007 : buka logo Office > pilih Word Options > Advanced. Pada bagian Show Documet Content, anda bisa mengubah Field Shading menjadi Always
* Pada Ms. Word 2010 dan 2013 ke atas : buka File > Options > Pada bagian Show Document Content, anda bisa mengubah Field Shading menjadi Always

Contoh Daftar Isi Skripsi
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………………….. i

HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING……………………………………….. ii

HALAMAN PENGESAHAN………………………………………………………………… iii

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………… iv

DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………… vii

DAFTAR TABEL…………………………………………………………………………………. x

DAFTAR GAMBAR…………………………………………………………………………….. xi

DAFTAR LAMPIRAN………………………………………………………………………….. xiii

PERNYATAAN……………………………………………………………………………………. xiv

INTISARI…………………………………………………………………………………………….. xv

ABSTRACT…………………………………………………………………………………………. xvi

BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………………. 1

1.1. Latar Belakang Masalah………………………………………………………. 1

1.2. Rumusan Masalah………………………………………………………………. 5

1.3. Batasan Masalah…………………………………………………………………. 5

1.4. Tujuan Penelitian………………………………………………………………… 6

1.5. Manfaat Penelitian………………………………………………………………. 6

1.6. Sistematika Penulisan………………………………………………………….. 6

BAB II TINJAUAN PUSTAKA…………………………………………………………. 8

BAB III LANDASAN TEORI……………………………………………………………… 17

3.1. Tomat……………………………………………………………………………….. 17

3.2. Kecerdasan Buatan……………………………………………………………… 18

3.3. Jaringan Syaraf Tiruan………………………………………………………… 19

3.3.1. Konsep Jaringan Syaraf Tiruan…………………………………… 19

3.3.2. Komponen Jaringan Syaraf………………………………………… 20

3.3.3. Arsitektur Jaringan……………………………………………………. 22

3.4. Fungsi Aktivasi………………………………………………………………….. 22

3.5. Deep Learning…………………………………………………………………… 22

3.6. Citra………………………………………………………………………………….. 23

3.7. Citra Warna RGB……………………………………………………………….. 24

3.8. Histogram Citra………………………………………………………………….. 24

3.9. Pengolahan Citra………………………………………………………………… 25

3.10. Convolutional Neural Networks………………………………………. 26

3.11. Operasi Konvolusi………………………………………………………… 26

3.12. Stride…………………………………………………………………………… 27

3.13. Zero Padding……………………………………………………………….. 28

3.14. Pooling Layer………………………………………………………………. 28

3.15. Ilustrasi Proses pada Lapisan Konvolusi………………………….. 29

3.16. Fully-Connected Layer…………………………………………………… 31

3.17. Dropout Regularization…………………………………………………. 31

3.18. Softmax Classifier…………………………………………………………. 32

3.19. Crossentropy Loss Function…………………………………………… 32

3.20. Stochastic Gradien Descent……………………………………………. 33

3.21. Max Norm Constrain…………………………………………………….. 34

3.22. Confusion Matrix………………………………………………………….. 34

3.23. Akurasi, Precission, dan Recall………………………………………. 35

3.24. RStudio……………………………………………………………………….. 35

3.25. Keras…………………………………………………………………………… 36

BAB IV METODOLOGI PENELITIAN……………………………………………….. 56

4.1. Populasi dan Sampel…………………………………………………………… 56

4.2. Variabel dan Definisi Operasional Variabel……………………………. 56

4.3. Jenis dan Sumber Data………………………………………………………… 56

4.4. Metode Analisis Data………………………………………………………….. 57

4.5. Tahapan Penelitian………………………………………………………………. 57

BAB V ANALISIS DAN PEMBAHASAN………………………………………….. 59

5.1. Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Web Scraping…………. 59

5.2. Analisis Deskriptif……………………………………………………………… 68

5.3. Preprocessing atau Prapemprosesan Data………………………………. 71

5.3.1. Spelling Normalization………………………………………………. 72

5.3.2. Cleansing………………………………………………………………… 73

5.4. Pelabelan Kelas Sentimen…………………………………………………….. 75

BAB VI PENUTUP…………………………………………………………………………….. 94

6.1. Kesimpulan……………………………………………………………………….. 94

6.2. Saran………………………………………………………………………………… 95

DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………………. 96

LAMPIRAN…………………………………………………………………………………………. 102

Contoh Daftar Isi Makalah Urbanisasi
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………………….. i

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………… ii

DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………… iii

BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………………. 1

A. Latar Belakang Masalah………………………………………………………. 1

B. Rumusan Masalah………………………………………………………………. 3

C. Tujuan Penelitian………………………………………………………………… 3

D. Manfaat Penelitian………………………………………………………………. 4

BAB II PEMBAHASAN………………………………………………………………………. 5

A. Pengertian Urbanisasi………………………………………………………….. 5

B. Penyebab Urbanisasi…………………………………………………………… 7

C. Dampak Urbanisasi…………………………………………………………….. 9

D. Contoh Kasus Urbanisasi…………………………………………………….. 10

E. Upaya Pencegahan Urbanisasi……………………………………………… 11

BAB III PENUTUP……………………………………………………………………………….. 13

A. Kesimpulan……………………………………………………………………….. 13

B. Saran………………………………………………………………………………… 13

DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………………. 14

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………………….. i

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………… ii

DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………… iii

BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………………………. 1

A. Latar Belakang Masalah………………………………………………………. 1

B. Rumusan Masalah………………………………………………………………. 3

C. Tujuan Penelitian………………………………………………………………… 3

D. Manfaat Penelitian………………………………………………………………. 4

BAB II PEMBAHASAN………………………………………………………………………. 5

A. Pengertian Motivasi…………………………………………………………….. 5

B. Kebutuhan dan Teori Tentang Motivasi…………………………………. 7

C. Dinamika Motivasi Manusia………………………………………………… 9

D. Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar…………………………………. 10

E. Pengukuran Motivasi Belajar Peserta Didik……………………………. 11

BAB III PENUTUP……………………………………………………………………………….. 13

A. Kesimpulan……………………………………………………………………….. 13

B. Saran………………………………………………………………………………… 13

DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………………. 14

Daftar Isi yang Benar
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………………….. i

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………… ii

DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………… iii

BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………………. 1

A. Latar Belakang Masalah………………………………………………………. 1

B. Rumusan Masalah………………………………………………………………. 3

C. Tujuan Penelitian………………………………………………………………… 3

D. Manfaat Penelitian………………………………………………………………. 4

BAB II PEMBAHASAN………………………………………………………………………. 5

A. Orientasi Pendidikan Zaman Dulu dan Sekarang…………………….. 5

B. Institusi Pendidikan…………………………………………………………….. 7

C. Tenaga Pendidik…………………………………………………………………. 9

D. Materi Pendidikan………………………………………………………………. 10

BAB III PENUTUP……………………………………………………………………………….. 13

A. Kesimpulan……………………………………………………………………….. 13

B. Saran………………………………………………………………………………… 13

DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………………. 14

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………………….. i

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………… ii

DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………… iii

BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………………. 1

A. Latar Belakang Masalah………………………………………………………. 1

B. Rumusan Masalah………………………………………………………………. 3

C. Tujuan Penulisan Makalah…………………………………………………… 3

D. Manfaat Penulisan Makalah…………………………………………………. 4

E. Metode Penulisan Makalah………………………………………………….. 4

BAB II PEMBAHASAN………………………………………………………………………. 5

A. Konsep Dasar Perencanaan Pendidikan dan Kebudayaan…………. 5

B. Unit Perencanaan Pendidikan dan Kebudayaan……………………….. 7

C. Para Perencana Perencanaan Pendidikan dan Kebudayaan………… 9

D. Perencanaan Pendidikan dengan Manajemen Pendidikan………….. 10

BAB III PENUTUP……………………………………………………………………………….. 13

A. Kesimpulan……………………………………………………………………….. 13

B. Saran………………………………………………………………………………… 13

DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………………. 14

Ada banyak contoh daftar isi yang bisa anda jadikan referensi. Beberapa contoh di atas bisa memudahkan anda dalam menyusun atau membuat daftar isi sebagai penunjang karya tulis anda. Bahkan anda bisa memanfaatkan fitur yang terdapat pada Microsoft Word untuk memudahkan dan menghemat waktu anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk anda ataupun yang lainny