Blog

Cara Menghitung Persentase Penurunan

Menghitung Persentase Penurunan – Aplikasi Microsoft Excel menjadi salah satu aplikasi pengolahan data yang populer di kalangan masyarakat. Salah satunya dapat digunakan untuk menghitung persentase penurunan dengan mudah.

Menurut Wikipedia, persentase merupakan sebuah angka atau perbandingan (rasio) untuk menyatakan pecahan dari seratus. Simbol “%” menjadi simbol persentase. Persentase sangat berguna karena orang dapat membandingkan hal yang tidak sama angkanya.

Persentase penurunan bermanfaat untuk menghitung seberapa besar jumlah penurunan dalam bidang tertentu. Penurunan berkaitan dengan kerugian, di mana nilai akhir lebih kecil daripada nilai awal. Persentase penurunan bisa kita artikan kebalikan dari persentase kenaikan.

Penerapan penurunan bisa kita temukan pada sebuah perusahaan, misalnya tingkat produksi dan jumlah penjualan yang menurun. Di bidang lainnya, penurunan berlaku untuk pelajar yang mengalami penurunan nilai.

> Baca juga:Cara Menghitung Persentase Keuntungan

Rumus Menghitung Persentase Penurunan
Sebelumnya kita telah membahas tentang cara menghitung persentase pada Microsoft Excel.

Rumus untuk menentukan tingkat penurunan hampir sama dengan perhitungan persentase. Perbedaannya terletak pada awalnya saja. Intinya sama-sama nilai selisih dibagi nilai awal kemudian kali dengan 100%.

Rumus Persentase Penurunan:

Cara Menghitung Persen Penurunan di MS Excel
Untuk menentukan tingkat penurunan pada Microsoft Excel, Anda bisa menggunakan semua versi office dan windows. Jadi, tinggal Anda ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

Pertama, buatlah tabel seperti berikut:

Kemudian pada kolom selisih Anda bisa menggunakan rumus pengurangan. Misalnya kita akan mengisi selisih pada cell C4, maka rumusnya =B3-B4.

Selanjutnya pada bagian kolom persentase kita gunakan rumus pembagian. Misalnya kita akan menghitung D4, maka rumusnya adalah =C4/B3

Pastikan Anda sudah mengubah format kolom persentase ke Persentase ya. Dengan memblok kolom persentase (D4:D8) lalu klik kanan. Kemudian pilihFormat Cells, klikPercentage.

Anda juga bisa langsung membuat tabel tanpa kolom selisih, contohnya seperti berikut.

Untuk menghitung kolom persentase gunakan rumus:

> =(B3-B4)/B3

Perhatikan, harus ada tanda kurungnya ya.

Selesai.

Akhir Kata
Demikianlah pembahasan kali ini mengenai cara menghitung persentase penurunan pada Microsoft Excel, semoga dapat membantu. Jika ada hal yang kurang dipahami silahkan tinggalkan komentar.