Blog

Cara Menghitung Persen Di Kalkulator

Persen menjadi hal yang sangat sering kamu jumpai di kehidupan sehari-hari. Salah satunya bentuk yang paling umum adalah ketika kita melihat diskon yang tertera di produk-produk supermarket. Mereka menerapkan diskon dalam bentuk persentase dari harga aslinya. Membuat kita harus menghitungnya untuk bisa mendapatkan harga yang harus dibayar. Untuk memudahkan kamu, ada satu alat yang bisa digunakan yaitu kalkulator. Yuk cari tahu bagaimana cara menghitung persen di kalkulator dengan mudah.

Menghitung persen adalah keterampilan matematika yang cukup mendasar. Hal ini akan kita temui ketika belajar di kelas atau di berbagai hal disekitar kita. Persentase juga sering digunakan untuk melakukan pembayaran mobil dan rumah, menghitung uang tip, dan membayar pajak atas barang.

Baca Juga : Aritmatika Sosial: Cara Menghitung Persentase Untung dan Rugi

Apa itu Kalkulator?
Kalkulator merupakan sebuah alat yang memungkinkan kita untuk melakukan operasi matematika dengan lebih mudah. Contohnya, menambah, mengurangi, mengalikan, membagi, dan juga menghitung persentase. Beberapa juga ada yang bisa melakukan perhitungan akar kuadrat, kalkulator yang lebih kompleks juga dapat membantu dengan kalkulus dan menggambar grafik fungsi. Sempoa juga termasuk sebuah kalkulator, yang dapat bekerja tanpa listrik. Sedangkan kalkulator elektronik akan menggunakan baterai.

Apa itu Persentase?
Persentase atau persen memiliki arti ‘per seratus’ dan menyatakan pecahan angka dari 100% atau jumlah total. Tanda persen (%) atau singkatan “pct” digunakan untuk menunjukkan persentase.

Secara umum, untuk bisa menghitung persentase maka kamu bisa mengikuti cara ini:

* Tentukan jumlah total atau keseluruhan.
* Bagilah angka yang akan dihitung sebagai persen. Dalam kebanyakan kasus, kamu akan membagi angka yang lebih kecil dengan angka yang lebih besar.
* Kalikan nilai yang dihasilkan dengan 100.

Namun, jika menggunakan kalkulator maka hal ini bisa menjadi lebih mudah.

Sekarang mari kita coba memahami cara menghitung persentase dengan kalkulator. Kita ambil contoh sebagai berikut ini.

25% of 40= adalah bagian 25% dari 40 yang merupakan angka keseluruhan. Dalam dunia matematika, menghitung persentase biasanya salah satu suku tersebut akan hilang dan kamu harus bisa mencarinya. Jika pertanyaannya adalah “Berapa persentase dari 40=10?” kamu akan memiliki bagian (10) dan keseluruhan (40), sehingga suku yang dihilangkan adalah persentase. Sekarang, sika pertanyaannya menjadi “Berapa 25 persen dari 40?” maka kamu akan memiliki persentase (25) dan keseluruhan (40), jadi suku yang hilang adalah bagian. Dengan logika yang sama, jika pertanyaannya kembali diubah menjadi “10 adalah 25 persen dari berapa?” istilah yang hilang adalah keseluruhan.

Baca Juga: Cara Menghitung Diskon

Dalam setiap kalkulator listrik ataupun kalkulator yang ada di smartphone kamu biasanya sudah dilengkapi dengan tombol persen. Sehingga akan sangat mudah jika kamu ingin mencari persentase dari sebuah angka. Sekarang bila kamu sedang berbelanja baju, kemudian menemukan yang sedang mendapatkan diskon sebesar 25% dari harganya yang berjumlah Rp. 270.000, maka berapakah yang harus kamu bayarkan setelah mendapatkan diskon?

1. Coba ambil atau buka kalkulator kamu, dan ikuti langkah berikut ini.
2. Masukan angka 25, lalu tekan tombol persen. Kamu akan mendapatkan hasil 0,25.
3. Kalikan 0,25 tersebut dengan harga asli barang tersebut yaitu Rp. 270.000. Sehingga 0,25 x 270.000 = 67.500.
4. Kurangi hasil perkalian tersebut dengan harga barang yang asli. 270.000 – 67.500 = 202.500
5. Rp. 202. 500 adalah harga yang akan kamu bayar setelah mendapatkan diskon sebesar 25%.

Seperti inilah cara menghitung persen di kalkulator dengan mudah. Jika kamu ingin mempelajari materi yang serupa, kamu bisa kok belajar bersama bimbel online Kelas Pintar. Ada juga untuk produk SOAL, yang berisi soal latihan ujian yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman kamu dengan berbagai macam soal yang ditanyakan. Dan ada juga fitur TANYA yang bisa menjawab berbagai pertanyaan mengenai soal atau materi yang belum dikuasai secara gratis lho, dan juga dijawab oleh guru profesional yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

Jadi tunggu apalagi? Ayo belajar di Kelas Pintar!

Please follow and like us: