Blog

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Di Word Yang Benar Contoh

Cara membuat surat lamaran kerja yang benar yakni dengan memperhatikan faktor kerapian, etika dan tata cara penulisan dan penggunaan bahasa yang tepat. Jika hal itu diindahkan, berkas lamaran kerja yang dikirim mungkin saja tidak lulus dalam tahapan seleksi administrasi.

Untuk membuat surat lamaran kerja yang rapi sesuai dengan kriteria, kita dapat membuatnya melalui sebuah aplikasi pengolah kata bernama Microsoft office. Tidak asal tulis begitu saja, untuk membuatnya harus mengikuti ketentuan baku. Misalnya saja dalam aturan penggunaan font, haruslah menggunakan font jenis Times New Roman.

Dan masih banyak lagi hal penting lainnya. Maka dari itu untuk menghindari kesalahan, perhatikan bagaimana panduan untuk membuat lamaran kerja di word berikut ini:

1. Buka microsoft word
2. Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mengatur lembar kerja di microsoft word terlebih dahulu agar mudah digunakan
3. Pada dasarnya tampilan lembar kerja Ms. Word tidak ada garis pinggir putus putus di kanan kiri. Seperti gambar di bawah ini contohnya

4. Untuk memunculkannya, klik kanan pada menu dna pilih Customize the Ribbon

5. Pilih menu advanced – centang show text boundaries

6. Kemudian, atur juga layar lembar kerja. Ubah rules laman depan Ms. menjadi satuan centimeter. Pilih menu Advance – Display

7. Ubah ukuran kerja menjadi A4. Pilih menu page layout – Size

8. Ubah juga ukuran margin kertas. Pilih menu page layout – margin

9. Ikuti format margin lamaran kerja berikut ini

10. Ubah type tulisan, ukuran font dan spasi paragraf seperti format berikut ini

11. Lembar kerja di Ms. Word telah di atur, kini saatnya kamu menulis lamaran kerja di word. Untuk melihat contohnya, ada di bawah artikel ini
12. Untuk membuat tabel, pilih menu insert – table

13. Hasilnya akan jadi seperti ini

14. Untuk membuat hidden garis di table, klik pada pojok kiri table (icon tanda plus) dan akan muncul seperti ini. Pilih no border. Kemudian, arahkan pensil border ke garis table

15. Jadinya akan seperti ini

16. Cek apakah tampilan marginnya sudah rapi, perhatikan di menu pilihan di pojok bawah

17. Simpan dokumen untuk selanjutnya di print menggunakan kertas A . Selesai

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja word
> Yogyakarta, 08 September Hal : Lamaran Pekerjaan
Lamp : Sepuluh lembar

Yth,
Manager HRD
RS. Depati hamzah
Jl. Jenderal Sudirman No. 31 Pangkalpinang
Pangkalpinang – Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Keyla putri
Tempat / tgl. lahir : Sungailiat, 07 Febuari 1995
Alamat : Jalan Sam Ratulangi No. 3 Pangkalpinang
Pendidikan Terakhir : Perawat
Email :
Telepon (HP) : Berdasarkan informasi yang saya peroleh melalui Harian Bangka hari Senin, 04 September 2019, perihal kesempatan berkarir sebagai Tenaga Perawat. Maka dengan ini saya bermadsud mengajukan permohonan lamaran kerja untuk menempati posisi tersebut.

Saya memiliki motivasi untuk bekerja keras, menyukai interaksi serta bersosialisasi, kemauan untuk belajar dan memperbaiki diri, tanggung jawab dan mampu bekerja dengan tim maupun personal. Dan saya akan bekerja dengan bersungguh – sungguh baik secara tim maupun perorangan, sehingga dapat mempertahanankan dan meningkatkan kualitas pelayanan di Rumah Depati Hamzah Pangkalpinang.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1.Foto copy ijazah yang telah dilegalisir:2 lembar2.Foto copy transkrip nilai:2 lembar3.Foto Copy Surat Keterangan Sehat dari pihak Rumah Sakit Pemerintah Dr. Sardjito Yogyakarta:1 lembar4.Foto copy kartu tanda penduduk (KTP) terbaru:2 lembar5.Foto copy kartu kuning dari Depnakertrans.:1 lembar6.Surat Keterangan Catatan Kepolisian ( SKCK ) yang telah dilegalisir:1 lembar7.Pas foto bewarna 2 x 3 dan 3 x 4:2 lembar8.Curiculum vitae:1 lembar9.Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan microsoft office word, exel, power point dan akses:1 lembar10.Foto copy sertifikat magang kerja di PT Sumber Mata Air sebagai staff manager marketing:1 lembarSaya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Keyla Putri

Untuk melihat contoh surat lamaran kerja word lainnya, cek di tautan tersebut.

Pertanyaan yang sering diajukan:
1. Kertas apa yang digunakan untuk membuat surat lamaran kerja?
Gunakan kertas A4 tanpa coretan, lecek, berlipat dan pastikan kertas tersebut dalam kondisi bersih.

2. Bolehkan surat lamaran kerja 2 lembar?
Jika kamu melampirkan banyak dokumen di dalam lamaran kerja hal ini diperbolehkan. Namun, pastikan isi dari lamaran kerja yang dibuat disampaikan dengan singkat dan jelas serta harus mengikuti tata cara penulisan yang baik dan benar, dalam hal ini seperti margin kanan dan kiri, ukuran font dan sebagainya.

3. Berapa ukuran margin yang digunakan dalam membuat lamaran kerja di word?
Top: 2 cm, left” 2,5 cm ,right: 2 cm dan button: 2 cm

4. Font apa yang digunakan dalam membuat lamaran kerja di word?
Times new roman dengan ukuran font size 12.

Demikianlah tulisan tentang cara membuat surat lamaran pekerjaan di word 2010. Walaupun tutorial ini menggunakan aplikasi Microsof office 2010.

Namun kamu dapat menggunakan versi 2007, 2008, 2010, 2016 dan 2019 sekalipun dengan langkah serupa. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk menanyakan di kolom komentar di bawah artikel ini.