Blog

Cara Membuat Polling Di Telegram Untuk Pengguna Baru

PerbesarIlustrasi artikel Cara Membuat Polling di Telegram untuk Pengguna Baru. Sumber: unsplash.com/Christian Wiediger /photos/GWkioAj5aB4Telegram adalah aplikasi chat yang bisa digunakan di ponsel dan komputer. Telegram berbasis penyimpanan awan yang fokus pada keamanan dan kecepatan. Artinya, dengan Telegram, pengguna bisa berkomunikasi dengan pengguna Telegram lainnya tanpa batasan device/gawai.Melalui Telegram, pengguna bisa mengirim pesan, foto, video, dan berkas dalam berbagai format, seperti doc, zip, dan lain sebagainya. Pengguna juga bisa membuat grup dengan jumlah anggota sampai 200.000 orang atau channel penyiaran ke pelanggan dengan jumlah yang tidak terbatas.

Menurut buku Tutorial Membuat Prototipe Prediksi Ketinggian Air (PKA) untuk Pendeteksi Banjir Peringatan Dini Berbasis Bot oleh Mohammad Nurkamal Fauzan dan Lalita Chandiany Adiputri (2020: 37), keunggulan Telegram dibandingkan aplikasi chat lainnya adalah fleksibel. Pengguna dapat menambahkan fitur-fitur tambahan dalam aplikasi tanpa menunggu update dari developer. Salah satu fitur tambahan dalam Telegram adalah polling.

PerbesarIlustrasi artikel Cara Membuat Polling di Telegram untuk Pengguna Baru. Sumber: unsplash.com/Dima Solomin /photos/3pwMu6uVsJI

Tutorial Cara Membuat Polling Telegram

Fitur polling dapat ditambahkan dengan fitur PollBot. Polling berfungsi untuk mengadakan jajak pendapat atau survey di Telegram. Jika Anda adalah pengguna baru Telegram dan bingung bagaimana cara menambahkan fitur polling, berikut ini adalah cara membuat polling Telegram yang bisa Anda simak: 1. Buka aplikasi Telegram di ponsel Android anda.

2. Klik fitur search dengan logo kaca pembesar di pojok kanan atas.

3. Input kata kunci pollbot.

4. Klik fitur Start yang terletak di bawah pada tampilan aplikasi Telegram.

5. Input pertanyaan dan kirim.

6. Input opsi pertama jawaban polling Anda. Misalnya jika pertanyaannya, “minuman apa yang paling enak?”, maka opsi pertama kopi.

7. Input opsi kedua untuk jawaban polling, jika pertanyaannya “minuman apa yang paling enak?”, opsi pertama kopi dan opsi kedua teh.

8. Klik URL pemungutan suara, selanjutnya daftar obrolan akan segera ditampilkan.

PerbesarIlustrasi artikel Cara Membuat Polling di Telegram untuk Pengguna Baru. Sumber: unsplash.com/Adem AY /photos/zs-41Br0WhQItulah tutorial cara membuat polling di Telegram. Jika Anda mengalami kesulitan dalam membuat polling atau mencari informasi lain seputar aplikasi Telegram, Anda dapat mengakses website resmi telegram pada laman telegram.org. Semoga informasi ini dapat bermanfaa.(IND)