Blog

Cara Hapus Akses Zoom Dengan Akun Gmail

Sebagai informasi, bagi kamu yang pernah menggunakan aplikasi Zoom, baik sebagai host dalam meeting atau hanya join meeting, dan sudah menghapus akun Zoom, sebaiknya segera lakukan pula putus akses aplikasi Zoom dengan akun Google Gmail kamu.

Mengingat sudah begitu maraknya laporan keluhan terkait peretasan akun Gmail setelah menginstall dan menggunakan aplikasi Zoom.

Tidak hanya mencoba meretas akun Gmal saja, tampaknya kelemahan system keamanan pada aplikasi Zoom dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data sensitif dan mengendalikan perangkat target dari jauh.

Seperti tiba-tiba keluar sendiri dari aplikasi yang sedang dibuka, mengirim pesan Instagram ke orang lain, kursor di laptop bergerak sendiri dan lain sebagainya. Parahnya, si hacker ini bisa masuk ke m-Banking dan mengetikkan passwordnya sendiri.

Nah, agar kejadian semacam ini tidak terjadi lagi ke pengguna atau mantan pengguna aplikasi Zoom lainnya, sebaiknya segera putuskan akses aplikasi Zoom dengan akun Gmail.

Caranya sebagai berikut.

Cara Hapus Akses Zoom dengan Akun Google Gmail
Langkah-langkah cara menghapus akun Zoom yang masih terkait dengan akun Google Gmail pengguna untuk pengguna smartphone Android atua iPhone dapat dilakukan sebagai berikut:

Buka aplikasi Gmail
Silahkan buka aplikasi Gmail di smartphone Android atau iPhone kamu. Lalu buka email yang digunakan daftar di aplikasi Zoom.

Buka Kelola Akun Google Anda
Untuk membuka menu tersebut, silahkan ketuk logo atau huruf pengguna dalam lingkaran. Lalu pilih Kelola Akun Google Anda.

Pilih menu Keamanan
Pada menu horizontal di bagian atas silahkan pilih Keamanan.

Pilih Kelola akses pihak ketiga
Gulir layar smartphone Android/iPhone kamu ke bawah, temukan dan tekan tombol Kelola akses pihak ketiga.

Cari Zoom, lalu Hapus Akses
Pada daftar aplikasi pihak ketiga yang terkait, silahkan temukan dan tap pada Zoom, lalu tekan tombol HAMPUS AKSES.

Pilih OKE untuk mengkonfirmasi
Maka akan muncul tampilan pop-up untuk mengkonfirmasi pemutusan akses aplikasi Zoom dengan akun Gmail kamu. silahkan pilih OKE untuk mengkonfirmasi.

Jangan lewatkan: Cara Menghapus dan Mengganti Akun Email di HP

Cara Hapus Akses Zoom dengan Akun Google Gmail pada Perangkat Lain
Adapun cara hapus akses aplikasi Zoom di akun Gmail pada perangkat lain seperti PC atau laptop, silahkan lakukan hal yang sama.

Setelah masuk ke akun email Gmail, kamu tetap harus masuk ke menu Kelola akses pihak ketiga, dan menghapus akses penautan Zoom pada aplikasi pihak ketiga tersebut dengan email Gmail kamu.

Google Hangouts Meet, Alternatif Aplikasi Meeting Online Alternatif Selain Zoom
Bagi yang mencari aplikasi yang sama dengan Zoom, untuk alternatif meeting online serupa tetapi dengan kemampuan system paling aman, silahkan mencoba Google Hangouts Meet.

Google Hangouts Meet merupakan aplikasi percakapan online milik Google yang mampu melakukan panggilan video dengan 250 pengguna sekaligus dalam sekali panggilan video.

Selain itu aplikasi Google Hangouts Meet juga dibekali dengan beberapa fitur Google, seperti dapat menampilkan caption secara otomatis dengan teknologi text-to-speec, dan jadwal meeting yang terintegrasi dengan Google Calendar.

Lebih seru bukan? Menariknya lagi, ini dapat digunakan secara gratis. Cukup login dengan akun Gmail kamu.

Selanjutnya: Cara Sembunyikan History Browser dari Pantauan Operator di HP Android

Akhir Kata
Bagi kamu yang tetap diharuskan untuk menggunakan aplikasi Zoom baik sebagai host dalam meeting atau hanya join meeting, untuk media belajar online atau meeting jarak jauh, sebaiknya tetap berhati-hati.

Sebaiknya tidak menggunakannya pada WiFi public. Sebaiknya pula aplikasi Zoom ini tidak diinstall pada perangkat yang sering kamu gunakan untuk transaksi bisnis atau menyimpan data-data penting.

Demkian ulasan tentang cara hapus akses aplikasi Zoom dengan akun Google Gmail. Baik untuk pengguna smartphone Android atau iPhone. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ke teman-teman dan utamanya kepada guru kamu. agar informasi ini dapat dipertimbangkan secara bersama oleh pihak terkait.