Blog

Cara Google Membantu Anda Menghapus Data Dari Akun Anda

Selain membantu Anda menghapus data secara manual atau otomatis, Google dapat menghapus beberapa jenis aktivitas lebih cepat saat aktivitas tersebut tidak lagi berguna untuk meningkatkan pengalaman Anda. Pelajari lebih lanjut cara Google menyimpan data yang kami kumpulkan.

Data yang mungkin disimpan untuk tujuan terbatas
Jika Anda menghapus beberapa jenis data dari Aktivitas Saya, Google mungkin perlu menyimpan informasi tertentu yang terkait dengan Akun Google Anda untuk tujuan tertentu, termasuk untuk:

* Keamanan serta pencegahan penipuan dan penyalahgunaan. Misalnya, info tentang akun yang melanggar dapat disimpan untuk membantu memblokir perilaku penyalahgunaan di masa mendatang.
* Penyimpanan data keuangan. Misalnya, jika Anda membeli aplikasi dari Google Play, Google mungkin perlu menyimpan info tentang transaksi tersebut untuk tujuan akuntansi yang diperlukan.
* Mematuhi persyaratan hukum atau peraturan. Misalnya, jika Google menerima panggilan pengadilan yang sah menurut hukum, informasi dapat disimpan seperti yang diwajibkan oleh hukum.
* Memastikan layanan kami terus berfungsi. Misalnya, jika Anda membagikan informasi kepada orang lain (seperti menggunakan Asisten Google untuk mengirim pesan kepada seseorang), menghapus aktivitas tersebut dari Akun Google Anda tidak akan menghapus pesan yang Anda kirim.
* Komunikasi langsung dengan Google. Misalnya, jika Anda menyarankan pengeditan pada suatu tempat di Google Maps.

Data yang dianonimisasi
Untuk membantu mendukung layanan tertentu, versi data Anda yang dianonimisasi dapat disimpan setelah Anda menghapusnya. Data yang dianonimisasi tidak dapat lagi dikaitkan dengan Anda atau akun Anda.

Misalnya, jika Anda menghapus penelusuran dari Aktivitas Saya, versi yang dianonimisasi dari apa yang Anda telusuri dapat disimpan untuk membuat fungsi seperti tren penelusuran global.

Penggunaan layanan Google
Jika data dihapus, beberapa informasi tentang penggunaan Anda atas layanan Google akan disimpan hingga Akun Google Anda dihapus, seperti layanan Google apa yang Anda gunakan dan seberapa sering Anda menggunakannya.

Misalnya, jika Anda menghapus alamat yang telah Anda telusuri di Google Maps, akun Anda mungkin masih menyimpan bahwa Anda telah menggunakan fitur rute. Dengan demikian, Google Maps dapat mencegah ditampilkannya cara menggunakan fitur rute kepada Anda di masa mendatang.