Blog

Cara Delete Akun Instagram Permanen Tanpa Ribet

PerbesarIlustrasi melakukan cara delete akun Instagram permanen (Foto: Lisa via Pexels)Cara delete akun Instagram permanen bisa kamu lakukan jika memang sudah tidak ingin menggunakan media sosial sama sekali.Menghapus akun Instagram secara permanen berbeda dengan menonaktifkan akun secara sementara. Kedua hal ini akan memunculkan dampak yang berbeda satu sama lain.

Jika menghapus akun Instagram secara permanen, maka akan membuat akun kamu beserta profil, foto, video, komentar, dan tanda suka tidak dapat dipulihkan kembali seperti semula.Hal ini berbeda dengan menonaktifkan akun secara sementara yang hanya akan membuat profil, foto, video, komentar, dan tanda suka tersembunyi untuk sementara waktu. Semua hal masih bisa kembali dan muncul lagi jika kamu mengaktifkan ulang akun Instagram.PerbesarIlustrasi melakukan cara delete akun Instagram permanen (Foto: Shutterstock)Dikarenakan cara menghapus akun Instagram permanen membuat data tidak dapat dipulihkan. Kemudian, Instagram memberikan rekomendasi agar kamu mengunduh seluruh data sebelum menghapus akun.Pengunduhan data harus dilakukan sebelum menghapus akun Instagram permanen, karena data pengguna tidak dapat diunduh kembali dari Instagram saat akun sudah benar-benar dihapus.

Bagaimana Cara Delete Akun Instagram Permanen?

Cara menghapus akun Instagram lama secara permanen bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Sayangnya, cara ini tidak bisa dilakukan melalui aplikasi Instagram di ponsel Android atau iPhone.Kamu harus menghapus Instagram permanen melalui browser pada ponsel atau laptop. Dikutip dari halaman bantuan Instagram, berikut adalah caranya: 1. Buka browser pada ponsel atau laptop.

2. Masuk ke akun Instagram yang kamu miliki. Ketik username dan password, kemudian klik masuk.
3. Setelah berhasil masuk ke akun Instagram, buka tab baru pada browser. Lalu, pergi halaman khusus ‘Hapus Akun Anda’ dengan alamat /accounts/remove/request/permanent/.

4. Jawab pertanyaan dari Instagram mengenai alasan penghapusan akun sesuai dengan alasan yang ada. Alternatif lainnya, kamu juga bisa memilih “Hal lainnya” di bagian paling bawah jika tidak berkenan memberikan alasan penghapusan akun.

5. Setelah memilih jawaban untuk alasan, ketik kembali kata sandi akun Instagram. Pengembang Instagram membutuhkan ini sebagai verifikasi untuk delete akun Instagram permanen.

6. Setelah itu, Instagram akan mengkonfirmasi kembali. Klik ‘Hapus akun saya secara permanen’ sebagai langkah terakhir cara delete akun Instagram di HP atau laptop.

PerbesarTampilan layar melakukan cara delete akun Instagram permanen (Foto: Robertus Krisnanda)Namun, kamu masih bisa mengaktifkan ulang akun Instagram atau membatalkan cara penghapusan akun Instagram. Caranya, kembali masuk ke akun Instagram sebelum 30 hari.

Sesudah jangka waktu tersebut, maka akun yang kamu miliki akan benar-benar terhapus dan tidak bisa diaktifkan kembali.

Itulah tutorial cara delete akun Instagram permanen yang bisa kamu lakukan jika sudah tidak ingin menggunakan media sosial tersebut.