Blog

Cara Cek Sertifikat Vaksin COVID19 Untuk Anak

Jika sebelumnya program vaksinasi ditargetkan hanya untuk kelompok usia dewasa dan lansia, kini program vaksinasi juga ditargetkan untuk anak usia 6-11 tahun. Program vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun sudah resmi dimulai sejak Selasa (14/12). Tujuan digencarkan vaksinasi ini untuk menciptakan herd immunity terhadap virus corona.

Dilansir dari laman resmi Satgas COVID-19, pemerintah menargetkan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun menyentuh angka 26,5 juta anak. Pelaksanaannya sendiri dimulai di tiga provinsi yakni DKI Jakarta, Banten, dan Depok. Jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac.

Usai vaksin, hasil vaksin anak akan diinput ke dalam data PeduliLindungi. Lantas, bagaimana cara mengecek sertifikat vaksin COVID-19 untuk anak? Simak penjelasan berikut ini.

Wajib Membawa Kartu Identitas
Ilustrasi vaksin COVID-19 untuk anak/Foto: Freepik/FreepikAnak-anak yang hendak divaksinasi wajib membawa kartu identitas seperti Kartu Keluarga atau dokumen yang memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK) anak. Vaksinasi ini juga akan diintegrasikan dengan program vaksinasi rutin anak.

Saat ini, sudah ada 106 kabupaten/kota dan 11 provinsi yang masuk kriteria pelaksanaan kegiatan vaksinasi anak, yaitu Banten, Yogyakarta, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.

Bila sudah sesuai dengan kriteria, maka anak bisa didaftarkan untuk vaksinasi sesuai dengan daerahnya masing-masing. Nantinya, hasil vaksin anak akan diinput ke dalam data PeduliLindungi.

Ilustrasi sertifikat vaksin COVID-19/Foto: Edi Wahyono/detikcomAda dua cara yang bisa dilakukan untuk mengecek sekaligus mengunduh sertifikat vaksin COVID-19 untuk anak, yakni melalui website PeduliLindungi dan aplikasi PeduliLindungi.

Website PeduliLindungi
Melalui website PeduliLindungi, kamu bisa mengecek sekaligus mengunduh sertifikat vaksin COVID-19 untuk anak. Berikut langkah-langkahnya:

1. Kunjungi website /.
2. Setelah berhasil masuk ke situs PeduliLindungi, pilih opsi “Lihat Tiket & Sertifikat Vaksinasi”.
3. Setelah diklik, akan muncul pemberitahuan untuk memasukkan nomor HP yang didaftarkan. Masukkan nomor telepon orangtua/wali yang telah didaftarkan sebelumnya.
4. Masukkan kode OTP yang dikirimkan via SMS. Hati-hati, pastikan untuk tidak memberikan kode ini kepada orang lain.
5. Setelah berhasil masuk, klik menu “Sertifikat Vaksin” yang berada di samping kiri.
6. Bila sudah melakukan vaksinasi, akan muncul sertifikat tahap pertama dan kedua.
7. Silakan unduh sertifikat vaksin COVID-19.

Selain melalui website PeduliLindungi, kamu juga bisa mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin COVID-19 untuk anak melalui aplikasi PeduliLindungi. Untuk mengetahui langkah-langkahnya, simak di sini, ya!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!