Blog

Cara Buat Roti Pisang Kukus Yang Enak Dan Lembut Saat Dimakan

Cara Buat Roti Pisang Kukus
Halloo guyssss! Kali ini saya akan mengajak kalian nih maniss gimana sih Cara Buat Roti Pisang Kukus yang rasanya dijamin super endullllllll. Simak bareng – bareng ya semua jangan sampai kelewatan ya! kalo kelewatan awass nanti nangesssss:)))))

Cara Buat Roti Pisang Kukus sangatlah mudah ya man teman onlineeku . Tapi sebagian orang pun jarang tau bagamana cara buatnya , memang sih beli lebih instan ya cukup pesan dari rumah ehh taunya udah dianter depan rumah hehehe:)

Tapi lebih kerennya lagi dan pastinya lebih spesial kalo kita buat sendiri apalagi buatnya pake hati dan rasanya pasti ngga usaah tanya lagi ya guysss! roti pisang ini sering pula kita jumpai di kondangan ya pastinya terdapat di dalam snack , dipengajian atau acara hajatan dll.

Langsung saja nihh kita ke bahanya apasaja , simak baik baik ya guyss

Bahan – Bahan
– 200 gr pisang yang dihaluskan (4-5 buah pisang)
– 125 gr tepung terigu
– 2 butir telur ayam
– 100 gr gula pasir
– 50 ml minyak goreng
– 1/2 sdt baking powder
– 1/4 sdt vanili
– garam secukupnya
– topping pisang (keju,coklat,kismis ,dll)

Cara Buat Roti Pisang Kukus
1. Cara Buat Roti Pisang Kukus: Pertama . Haluskan pisang terlebih dahulu setelah itu sisihkan pisang ke wadah . Aduk dengan whisk telur dan gula sampai gula larut dan dipastikan sudah tercampur merata ya guys. Selanjutnya campur tepung terigu, baking powder dan vanili.
2. Kemudian tuanglah sedikit demi sedikit tepung tersebut ke dalam telur sambil diaduk rata dan hal yang terpenting jangan sampai menggumpal.
3. Setelah itu tuang minyak goreng dan aduk rata terakhir masukkan pisang aduk sampai tercampur dengan rata. Sebelum itu olesi terlebih dahulu cetakan dengan minyak ke semua permukaanya, kemudian barulah tuang ke dalam cetakan 1811 cm. Siapkan dandang dengan suhu kompor yang sesuai.
4. Selanjutnya beri taburan kismis atau toping lainnya dan pisang di atasnya lalu kukus sekitar 20 menit sambil dicek kematangan dengan ditusuk pakai lidi, untung mengantisipasi supaya tidak gosong.
5. Jika sudah matang angkat dan dinginkan, supaya jika diiris tidak ambyar. Setalah itu keluarkan bolu pisang kukus yang sudah diiris dan siap untuk disajikan.

Baca Juga : /cara-memasak-nasi-dengan-panci/

Kandungan Gizi dan Nutrisi
Selain itu pisang sendiri memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh .Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang ada pada buah pisang. Dalam pisang berukuran sedang saja, terdapat kandungan kalium atau potassium ,zat besi,dan serat. Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin B6 dan vitamin C, 105 kalori dan magnesium.

Dengan kandungan nutrisi-nutrisi tersebut, tak jarang buah pisang dijuluki sebagai superfood. Berikut sederet manfaat pisang yang harus kita ketahui:

* Membantu meningkatkan konsentrasi otak Karena mengandung kalium, buah pisang dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Pisang juga kaya akan magnesium. Selain itu Magnesium juga berfungsi sebagai penjaga reseptor N-Methyl-D-Aspartate (NMDA), yang dapat membantu perkembangan otak, meningkatkan daya ingat otak, serta meningkatkan kemampuan pembelajaran.
* Mengatur gula darahPisang mengandung serat pektin. Selain diyakini bisa melawan kanker usus, serat ini juga termasuk nutrisi penting untuk mengendalikan glukosa dalam darah.
* Merupakan sumber antioksidan yang baik Pisang mengandung antioksidan yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan secara menyeluruh. Contoh antioksidan yang ada pada buah pisang yakni dopamin dan katekin.
* Membuat kenyang lebih lama Bahan pangan ini juga mengandung sejenis karbohidrat yang disebut resistant starch. Bersama serat pektin, nutrisi ini mampu memberikan efek mengenyangkan.

Cara Pengemasan Yang Higienis
Pengemasannya sendiri tergantung si pembuat masing – masing kembali lagi sesuai selera orang . Bisa dibuat mudah dan simpel seperti gambar diatas atau mau lebih elegant pun juga bisa bahkan sangat bisa.

Mengapa harus ada kemasan? karena secara tidak langsung kemasan bisa membuat terbentuknya sebuah branding dalam penjualan. Biasanya kebanyakan orang melihat dari cara pengemasannya , semakin terlihat elegant kemasannya maka akan pula dipandang produk tersebut berkualitas, begitupun sebaliknya, jika cara pengemasan kita terlihat lusuh , dekil, dan tidak menarik, orangpun akan susah percaya sama produk yang kita buat.

Selain itu juga berpengaruh dengan harga , kita bisa lihat saat ini produk yang sudah memiliki brand besar maka harganya juga fantastis, sedangkan di sisi lain adapula produk yang sama tapi tidak memiliki brand harganya pasti terjun bebas dan anjlok, padahal sama sama produk yang sejenis.

Oleh karena itu buatlah nama produkmu sendiri untuk membuat branding semenarik mungkin, dan ini termasuk S3 marketing yaa! boleh diterapkan boleh tidak , semua tergantung diri masing masing.

Manfaat dan Khasiat Pisang
Pisang merupakan buah yang dikenal luas di Indonesia.Oleh karena itu, Buah pisang bisa dinikmati dengan berbagai cara: dimakan langsung, digoreng, dikukus, atau diolah bersama bahan lain. Tetapi pisang tidak hanya enak,tetapi juga memiliki banyak manfaatnya.

1. Membantu Atasi Hipertensi
Kalium yang terkandung didalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap bisa terus stabil. Serat bahan pangan yang terkandung dalam pisang mampu mengikat lemak, dengan demikian pembentukan plak bisa dicegah. Plak bisa menyempitkan dan bahkan dapat menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat.

2. Sumber Karbohidrat dan Vitamin A
Buah pisang kaya akan serat dan vitamin. Jika dibanding dengan buah apel, pisang memiliki dua kali lipat lebih dari karbohidrat, dan lima kali lipat vitamin A. Selain itu pisang juga diperkaya oleh magnesium dan kalium yang penting bagi tubuh untuk tetap sehat dan bugar.

3. Pisang Perlancar Metabolisme
Tidak perlu obat. Cukup dengan makan pisang saja, bagi Anda yang mengalami kesulitan saat buang air besar, dapat memakan buah pisang sebagai langkah pengobatan. Karena buah pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Anda banyak beraktivitas dan suka berolahraga? Kandungan Vitamin A,B6 dan C yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

5. Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak
Pisang diperkaya akan potasium, mineral yang penting bagi penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh sebab itu sirkulasi oksigen ke otak bisa terjamin dan stroke akibat tekanan darah tinggi bisa dicegah.

6. Mengatasi Anemia
Salah satu hal penting lain yang dikandung pisang adalah zat besi. Sehingga buah ini baik bagi orang yang kekurangan darah merah. Lebih tepatnya untuk mendukung pembentukan hemoglobin, atau protein yang mengandung zat besi.

7. Menurunkan Berat Badan
Untuk orang yang melakukan program diet, karbohidrat kompleks yang terkadung dalam pisang tidak menaikkan kadar glukosa secara drastis. Di samping itu pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Di Jepang ada tren diet baru: minimal satu dan maksimal empat pisang untuk sarapan. Itu katanya mendorong metabolisme, sehingga orang tidak perlu berolahraga.

8. Menyehatkan Tulang
Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu menyehatkan tulang. Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung mangan cukup tinggi.

9. Pisang sebagai “Mood Food”
Apakah makanan bisa membuat orang merasa senang? Ya, jika bahan makanan itu termasuk “mood food,” yaitu bahan pangan yang mendorong pembentukan hormon serotonin di dalam otak. Hormon ini menyebabkan timbulnya perasaan senang.

10. Meremajakan Kulit Wajah
Pisang yang dicampur dengan madu berkhasiat dapat mengatasi kulit yang terlalu kering. Ini juga baik untuk rawat kulit orang yang lanjut usia, yang cenderung semakin kering dan keriput. Selain itu, pisang juga baik untuk mengatasi jerawat.

Caranya cukup hancurkan daging buah pisang matang, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Anda dapat mencampurnya dengan lemon ataupun madu. Diamkan selama 15 – 30 menit, lalu bersihkan menggunakan air bersih dan keringkan wajah. Lakukan secara konsisten hingga jerawat hilang.

11. Menjaga kesehatan kehamilan
Berbagai vitamin, mineral, antioksidan, serta senyawa lain pada pisang membantu memelihara kesehatan ibu hamil dan janinnya. Mengonsumsi pisang mungkin juga bisa membantu mencegah risiko diabetes gestasional, yang dapat disebabkan karena ibu hamil kurang tidur. Manfaat buah pisang untuk ibu hamil ini berasal dari magnesium dan triptofan yang membantu meningkatkan kualitas tidurnya. Agar jam tidur bumil bisa semaksimal mungkin.

Dampak Negatif Terlalu Banyak Makan Pisang
Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, lebih baik secukupnya saja. Sama halnya istilah ” makanlah sebelum lapar dan berhentilah makan sebelum kenyang”. Mengkonsumsi pisang memang bagus untuk kesehatan, tapi jika mengkonsumsi terlalu banyak juga tidak bagus ya guysss!

Buah berkulit warna kuning ini yang telah termahsyur kekayaan manfaatnya banyak digemari oleh hampir seluruh orang di dunia. Rasanya hampir tak ada orang yang mengatakan bahwa pisang memiliki dampak buruk bagi tubuh.

pisang memang memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Mulai dari mengurangi gejala mual, memerangi depresi, dan dapat pula menetralkan kadar gula darah.

Namun jika dikonsumsi berlebihan, buah manis kaya akan manfaat ini justru bisa berubah jadi makanan mematikan. Lantas, berapa pisang yang boleh kamu konsumsi dalam sehari?

Memang tak ada jawaban pasti mengenai hal ini, tetapi para ahli gizi mengatakan bahwa kamu seharusnya mengonsumsi tidak lebih dari dua pisang dalam sehari.

Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan asam amino yang dapat menimbulkan rasa pusing dan jantung berdebar-debar jika dikonsumsi terlalu banyak. dan jika terlalu banyak potassium dan vitamin B6 yang masuk bersamaan dalam tubuh bisa menyebabkan efek serupa.

Pada dasarnya, orang dewasa membutuhkan asupan 3,500mg kalium setiap hari, dan bisa terpenuhi dengan mengonsumsi 7 pisang dalam satu hari. Namun mengonsumsi pisang dalam jumlah cukup banyak ini setiap hari tentunya tak disarankan demi kesehatan dan keseimbangan nutrisi tubuh anda, terutama bagi yang memiliki penyakit ginjal.

Dampak negatif juga perlu diperhatikan ya demi kesehatan bersama, diantaranya ialah:

1. Mudah Mengantuk
Pisang mengandung tryptophan yang dapat membuat anda merasa mengantuk. Kandungan karbohidrat yang ada pada pisang bisa menghalangi kandungan asam amino yang memasuki otak kamu. Hal ini akan memicu peningkatan produksi hormon serotonin yang dapat membuat anda cepat mengantuk. Magnesium yang ada pada pisang juga dikenal dapat merilekskan otot tubuh. Bisa dibayangkan, tubuh kamu akan menjadi sangat mengantuk jika makan pisang terlalu banyak.

2. Hormon Tidak Seimbang
Keseimbangan hormon yang ada pada tubuh kamu dapat dipengaruhi oleh xeniobiotik yang ada dalam pisang. Dalam hal ini, yang terpengaruh adalah hormon estrogen perempuan dan androgen pada laki – laki. Jika terlalu banyak mengonsumsi pisang bisa mengacaukan keseimbangan kedua hormon ini, dan dampak negatif tersebut bisa dirasakan langsung oleh perempuan dengan kacaunya siklus haid dengan rasa lelah yang berlebihan.

3. Kadar Gula Darah
Penderita diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsi pisang, karena didalam pisang mengandung gula alami bernama glukosa. Jika anda mengonsumsi pisang terlalu banyak,maka bisa memicu naiknya kandungan gula dalam darah. Bahkan, gigi anda juga dapat merasakan dampak negatif dari gula yang terkandung dalam pisangdan pada akhirnya Enamel pada gigi bisa rusak.

4. Hyperkalemia
Pisang terkenal karena memiliki kandungan kalium dan potasium. Kalium penting bagi tubuh kamu untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, namun jika berlebihan tentu saja akan memberi dampak negatif. Hal ini bisa menuntun kamu pada kondisi hyperkalemia

Hyperkalemia ialah kondisi dimana detak jantung kamu jadi tidak beraturan, lumpuh sementara, otot lemas, dan tekanan darah yang rendah. Dan bahkan dalam kondisi yang parah bisa berujung pada gagal jantung,

5. Kerusakan Saraf
Kebanyakan mengonsumsi pisang juga bisa berujung pada kerusakan saraf,yaaa ntah percaya atau tidak. Ini biasa terjadi pada anda yang mengonsumsi pisang sebagai makanan harian untuk diet. Hal ini dikarenakan kandungan B6 yang ada pada pisang.

Roti Pisang Kukus Menjadi Trending Di Masa Pandemi
Yaa gimana tidak menjadi tranding ya ? selama pandemi saja kita tidak diperbolehkan untu beraktifitas banyak diluar rumah, semua serba dibatasi. Tetapi sebagian orang justru memanfaatkan kondisi seperti ni untuk menjadikan peluang bisnis. Salah satu nya berjualan melalui via online , bisa ngga sih jualan Roti Pisang Kukus melalui online? BISAAA BANGETTTT!!

Orang yang hobinya didapur pasti bahan apapun bisa di sulap menjadi makanan yang bisa dimakan bahkan bisa dijual unyuk bisnis kecil – kecilan. Seperti halnya dengan buah pisang yang disulap menjadi Roti Pisang Kukus. Mengapa sempat menjadi tren di masa pandemi? karena memang mudah dibuat , enak, ngga ribet seperti kue yang lain, intinya roti yang simple tapi enakkk.

Roti pisang juga cocok unuk disajikan di acara formal maupun non formal ya guys. Kebanyakan nih biasanya dalam snack itu terdapat roti bolu yang biasa dan itu sudah menjadi hal yang lumrah, tetapi kalo roti pisang masih jarang digunakan. Padahal pisang mudah didapat, tetapi karena masih sedikit orang pula yang tau caranya membuat roi pisang kukus ini.

Pisang merupakan buah umum yang bisa disantap sehari-hari, harganya sangat murah dan mudah didapat, lantaran pisang terkenal sebagai tanaman yang tumbuh di iklim tropis. Sementara di Indonesia, di berbagai daerah Indonesia pasti memiliki tanaman pisang yang beraneka ragam pastinya.

Yaa begitulah bahasan tentang pisang kali ini sksksk:) semoga semakin banyak orang kreatif yang bisa mengolah bahan biasa menjadi sebuah hal yang luar biasa. Dan semoga kalian lah yang menjadi salah satu orang kreatif itu. Mengukir prestasi dimasa pandemi itu keren. Jadi semangatlahhhh!!