Blog

Cara Buat Daftar Isi Otomatis Di Word Hanya 5 Menit

Oleh: Siti Nurhaliza

Daftar isi merupakan salah satu bagian karya tulis yang penting. Baik itu dalam laporan, makalah, buku, bahkan skripsi perlu adanya sebuah daftar isi. Daftar isi berperan sebagai panduan bagi pembaca yang menunjukkan letak konten. Banyaknya halaman dalam sebuah karya tulis akan menyulitkan pembaca ketika ingin mencari konten tertentu apabila daftar isi tidak ada.

Namun, pembuatan daftar isi ini banyak sekali dikeluhkan oleh para penulis, hal ini dikarenakan prosesnya yang lama dan ribet. Mulai dari menyesuaikan urutan halaman konten, mengatur baris, bahkan menambahkan titik-titik secara manual. Oleh karena itu, membuat daftar isi secara otomatis dapat membantu mempercepat pengerjaan karya tulis. Masih bingung cara membuatnya? Simak tips dari Nono berikut ini, ya!

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word
Langkah 1: Modifikasi Heading
Hal pertama yang perlu sobat Nore lakukan untuk membuat daftar isi otomatis yaitu dengan memodifikasi heading yang ada. Heading yang umum digunakan yaitu heading 1, heading 2 dan heading 3. Heading 1 biasa digunakan untuk penulisan judul, heading 2 biasa digunakan untuk penulisan nama sub judul, heading 3 digunakan untuk penulisan anak sub judul, dst.

Dengan memodifikasi heading, sobat Nore bisa mengatur format yang ingin digunakan mulai dari font, ukuran dan warna. Misalnya heading 1 menggunakan teks yang lebih besar dan tebal (bold). Hal ini dapat memudahkan dalam proses pembuatan daftar isi karena kita tidak perlu mengganti format teks satu persatu nantinya.

Langkah 2: Menambahkan Heading
Selanjutnya sobat Nore perlu memilah teks mana yang merupakan judul, sub judul, anak sub judul, dst. Setelah itu, sobat Nore perlu menambahkan heading pada masing-masing bagian tersebut. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka halaman ‘References’ yang ada pada menu bagian atas pada Word.
2. Blok bagian teks yang ingin ditampilkan pada daftar isi.
3. Pilih heading yang ingin dipakai pada pojok kanan atas.
4. Lakukan heading pada semua bagian sampai selesai.

Langkah 3: Menampilkan Daftar Isi
Setelah mengatur heading konten, langkah selanjutnya yaitu menampilkan daftar isi pada halaman awal karya tulis. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka Halaman ‘References’ yang ada pada menu bagian atas pada word.
2. Klik ‘Table of Contents’ yang ada di sebelah pojok kiri.
3. Selanjutnya pilih tabel yang diinginkan.
4. Daftar isi akan tampil sesuai heading yang telah diatur.

Bonus: Memperbarui Daftar Isi
Selanjutnya, apabila sobat Nore menambahkan beberapa heading yang baru, maka perlu pembaruan daftar isi. Pembaruan daftar isi bisa dilakukan sesuai langkah-langkah berikut :

1. Klik ‘Update Table’ pada bagian atas daftar isi.

2. Disini ada dua pilihan update. pilihan pertama hanya untuk memperbarui nomor halaman saja. Sedangkan pilihan kedua isi konten akan diperbarui juga.

3. Selanjut klik ok. Daftar isi berhasil diperbarui.

Gimana sobat Nore, mudah bukan membuat daftar isi secara otomatis? Semoga artikel Nono diatas bermanfaat ya buat sobat Nore. Mau tips apa lagi nih? Bagikan di kolom komentar, Ya!