Blog

Cara Alami Menghilangkan Jerawat Pada Remaja

Ilustrasi jerawat. ©Shutterstock Merdeka.com – Jerawat bukanlah penyakit berbahaya. Namun jika penanganannya tidak benar maka akan menimbulkan bekas yang seringkali disesali. Penderitanya memang kebanyakan berusia remaja yang kala itu mengalami kondisi pubertas. Kondisi ini membuat remaja yang mengalaminya selalu mencari cara untuk mengatasi jerawat.

Melansir dari laman klikdokter.com, jerawat memang sering dijumpai pada remaja pria ketimbang wanita. Namun saat memasuki usia dewasa, jerawat lebih mudah terjadi pada wanita dibanding pria. Umumnya, jerawat terjadi di usia tahun pada wanita, tahun pada pria. Meski begitu, tak menutup kemungkinan jerawat juga hadir pada orang dewasa.

Pada dasarnya jerawat bukanlah penyakit berbahaya. Ini adalah kondisi umum yang bisa terjadi pada siapa pun. Meski demikian, jerawat dapat meninggalkan bekas-bekas luka (acne scar), yaitu jaringan parut akibat penyembuhan jerawat yang tidak sempurna. Beberapa cara yang bisa dilakukan ialah mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mengurangi peradangan, hingga penggunaan antibiotik.

Ada banyak cara menghilangkan jerawat pada remaja. Penggunaan bahannya juga bermacam-macam, mulai dari obat-obatan medis hingga bahan alami. Berikut 20 cara alami menghilangkan jerawat pada remaja yang telah merdeka.com lansir dari kapanlagi.com dan liputan6.com, Kamis (16/09/2021).

©2020 Merdeka.com/

Madu dan Kayu Manis
Selain jadi sumber antioksidan yang efektif merawat kesehatan kulit, madu dan kayu manis juga punya sifat antibakteri yang dapat menjadi cara alami menghilangkan jerawat pada remaja secara ampuh. Campuran madu dan kayu manis bisa dimanfaatkan sebagai cara alami menghilangkan jerawat pada remaja. Begitu mudah membuat masker wajah sendiri dengan bahan-bahan yang sudah ada di rumah.

Pertama, campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis hingga membentuk pasta. Pada kulit yang sudah bersih, oleskan masker ke wajah hingga merata dan biarkan selama menit. Bilas masker dan tepuk-tepuk wajah dengan handuk kering dan bersih.

Kunyit
Cara alami menghilangkan jerawat dengan menggunakan campuran kunyit dan air. Kedua bahan itu merupakan antiseptik kuno yang sering dipakai untuk mengobati kondisi kulit dan infeksi.

Kamu juga bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan madu sebagai cara alami menghilangkan jerawat pada remaja tanpa efek samping. Untuk kulit kering, kamu membilasnya dengan air hangat setelah didiamkan selama 15 menit. Jika digunakan secara rutin, kunyit mampu menjadi salah satu perawatan alami menghilangkan jerawat dan membantu pemulihan sel kulit dengan cepat.

Tea Tree Oil
Cara alami menghilangkan jerawat pada remaja tanpa efek samping selanjutnya dengan menggunakan tea tree oil yang merupakan minyak essensial yang diekstrak dari daun Melaleuca alternifolia, pohon asli Australia. Dibanding dengan obat kimia, tea tree oil dapat menjadi cara alami menghilangkan jerawat tanpa menimbulkan efek samping seperti kering, iritasi, dan sensasi panas.

Untuk menggunakannya, sebaiknya diencerkan terlebih dahulu dengan air karena kandungannya yang sangat kuat. Celupkan kapas ke dalam campuran tea tree oil dan air, lalu oleskan hanya di area wajah yang berjerawat.

Mentimun
Mentimun mengandung air yang tinggi serta vitamin A,B, dan C. Terdapat pula mineral, yaitu magnesium, kalium, mangan, dan silika. Mentimun juga memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih bagi wajah. Oleh karena itu, mentimun merupakan cara alami menghilangkan jerawat pada remaja sangat ampuh untuk membasmi jerawat membandel.

Pengaplikasiannya hampir sama dengan tomat. Terdapat dua cara, pertama adalah mengiris tipis-tipis mentium lalu letakkan pada wajah. Cara kedua dengan menghaluskan 1 buah mentimun lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Lidah Buaya
Jenis tanaman ini begitu banyak manfaatnya. Gelnya yang bening memang sering digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti lecet, ruam, luka bakar, hingga iritasi. Lidah buaya juga bisa menjadi cara alami menghilangkan jerawat pada remaja, karena di dalamnya mengandung asam salisilat dan belerang di dalam gel lidah buaya.

Tinggal oleskan gel lidah buaya secara langsung pada kulit dan ulangi 1-2 kali per hari. Selain memanfaatkan tanaman lidah buaya yang asli, kamu juga bisa membeli gel aloe vera yang banyak dijual di pasaran. Namun kamu perlu memastikan kandungannya benar-benar murni tanpa bahan tambahan.

Cara Alami Menghilangkan Jerawat pada Remaja Selanjutnya
©Shutterstock

Teh Hijau
Khasiat teh hijau tidak hanya segar dan menyehatkan. Namun teh hijau juga dapat membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan akibat jerawat karena di dalamnya terdapat flavonoid dan tanin. Kamu bisa membeli krim atau losion yang mengandung teh hijau. Namun, kamu juga bosa menggunakan teh hijau yang sudah tersedia di rumah.

Pertama, seduh teh hijau dengan air mendidih lalu biarkan hingga dingin. Kemudian, oleskan seduhan teh hijau ke kulit dengan kapas atau masukkan ke dalam botol semprot agar mudah digunakan kapan pun jika diperlukan. Biarkan mengering, lalu bilas dengan air bersih dan tepuk dengan handuk hingga kering.

Baking Soda
Baking soda menjadi salah satu cara alami menghilangkan jerawat pada remaja yang tidak meninggalkan efek samping. Salah satu bahan pembuat kue ini rupanya bekerja cukup ampuh sebagai cara alami menghilangkan jerawat pada remaja dan mengembalikan pH kulit.

Campurkan baking soda bubuk dan air secukupnya hingga membentuk pasta, lalu oleskan ke area wajah yang berjerawat. Biarkan selama 5 menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lanjutkan dengan penggunaan pelembap agar kulit tidak kering.

Minyak Kelapa
Sifat antibakteri dan antioksidan pada minyak kelapa dapat membantu regenerasi sel kulit, sehingga efektif sebagai cara alami menghilangkan jerawat pada remaja tanpa membekas. Minyak kelapa juga mampu melembapkan dan membantu kulit tetap kenyal.

Cara alami menghilangkan jerawat pada remaja cukup sederhana dan dapat dilakukan di rumah. Pertama, hangatkan minyak kelapa lalu gunakan untuk memijat kulit wajah dengan gerakan memutar. Diamkan selama beberapa jam dan aplikasikan kembali dua kali dalam sehari.

Bawang putih
Rempah populer ini dikenal sebagai bumbu masak, bawang putih punya sifat antibakteri yang dapat digunakan untuk melawan jerawat. Cara alami menghilangkan jerawat pada remaja cukup haluskan siung bawang putih dan tambahkan sedikit air.

Oleskan langsung ke bagian wajah yang berjerawat, lalu bilas hingga bersih setelah didiamkan selama 10 menit. Cocok untuk semua jenis kulit, nggak ada salahnya menjajal menghilangkan jerawat pada remaja yang satu ini di rumah.

Lemon
Selain untuk membuat lemon tea daninfused water, kamu bisa menggunakan sari jeruk lemon untuk mencerahkan kulit dan mengurangi munculnya bekas jerawat sekaligus mencegah pembentukan jerawat baru. Tapi kamu wajib hati-hati jika memiliki kulit yang sensitif karena dapat menyebabkan kering, iritasi, dan kemerahan.

Pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya, oles kulit yang berjerawat dengan kapas atau cotton bud yang dicelupkan ke dalam sari jeruk lemon. Cara alami menghilangkan jerawat pada remaja dengan lemon ini dapat dicoba sebagai perawatan rutin kamu di rumah.

Cara Alami Menghilangkan Jerawat pada Remaja Berikutnya
©2020 Merdeka.com

Cuka Apel
Bukan buahnya, melainkan perasan air apel. Salah satu produk fermentasi sari apel ini memang tengah booming di dunia kesehatan dan kecantikan. Bukan hanya dipakai untuk membantu menurunkan berat badan, cuka apel dikenal tinggi kandungan beberapa asam organik yang terbukti menjadi cara alami menghilangkan jerawat pada remaja, sehingga bisa menjadi perawatan alami menghilangkan jerawat secara ampuh.

Sebelum menggunakannya sebagai cara alami menghilangkan jerawat pada remaja, campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:3. Oleskan hanya pada area wajah yang mengalami jerawat dengan menggunakan cotton bud atau bola kapas. Hati-hati mengaplikasikannya, terutama bagi yang punya kulit sensitif karena dapat memicu iritasi.

Putih Telur
Cara alami menghilangkan jerawat pada remaja dengan menggunakan putih telur dan sari jeruk lemon, lalu oleskan campuran ini ke seluruh wajah hingga merata. Enzim di dalam putih telur ampuh mengurangi produk sebum, membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran dari pori-pori. Jerawat pun cepat mengering dan hilang tanpa bekas, sehingga cocok digunakan sebagai cara alami menghilangkan jerawat untuk kulit berminyak, kulit kombinasi hingga normal.

Minyak Zaitun
Mirip minyak kelapa, minyak zaitun pun bisa dimanfaatkan sebagai cara alami menghilangkan jerawat pada remaja. Kulit yang lembap berkaitan dengan produksi sebum yang berkurang sehingga mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

Bahkan, bekas jerawat pun dapat memudar dengan memijatkan minyak zaitun secara teratur. Aplikasikan cara alami menghilangkan jerawat yang satu ini untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bebas jerawat.

Daun Mint
Daun mint juga dapat membantu mengendalikan produksi sebum di kulit wajah yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Sebum yang menumpuk dapat menyumbat pori-pori sehingga memicu timbulnya jerawat yang membandel. Daun Mint sangatlah cocok sebagai cara alami menghilangkan jerawat pada remaja.

Untuk mengolah daun mint sebagai cara alami menghilangkan jerawat pada remaja gampang kok. Cukup campurkan cincangan daun mint segar, yogurt, dan oatmeal bubuk dalam wadah. Oleskan campuran ini ke permukaan kulit dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Air Kelapa
Menyegarkan dan kaya manfaat. Air kelapa bukan hanya menghilangkan haus, tapi kandungan mineral dari air kelapa dapat menutrisi, melembapkan kulit, mengurangi peradangan dan membantu menghilangkan bekas jerawat.

Air Kelapa sangatlah cocok sebagai cara alami menghilangkan jerawat pada remaja sebagai faktor utama dari pubertas. Tinggal rendam kapas di air kelapa lalu oleskan ke seluruh wajah dan biarkan semalaman. Bilas keesokan harinya dengan air bersih dan tepuk-tepuk dengan handuk hingga kering.

Cara Alami Menghilangkan Jerawat pada Remaja Lainnya
©Shutterstock

Yogurt
Yogurt punya kandungan anti peradangan sehingga dapat mengurangi kemerahan pada area kulit yang berjerawat. Selain itu, kandungan pelembap yang tinggi juga dapat mengurangi produksi sebum, yang dapat menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat baru. Manfaat inilah yang menjadikan yogurt sebagai cara alami menghilangkan jerawat pada remaja.

Hanya perlu 1-2 sendok makan yogurt tawar untuk menjadikannya sebagai cara alami menghilangkan jerawat. Cukup oleskan seluruh wajah lalu diamkan beberapa menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

Air Beras
Cara alami menghilangkan jerawat pada remaja ini berasal dari rahasia kecantikan dari Jepang. Ini bukan hanya bikin kulit tampak awet muda dan cerah, tapi juga mengandung inositol yang membersihkan kulit, dan mengurangi bekas jerawat.

Pertama, rebus beras dalam air hingga matang, lalu saring dan dinginkan air bekas rebusan. Celupkan kapas ke dalamnya dan oleskan ke seluruh wajah, lalu biarkan mengering dan bilas hingga bersih. Jika diaplikasikan secara teratur, cara alami menghilangkan jerawat pada remaja dengan air beras ini dapat memberikan hasil yang maksimal untuk kulit wajahmu.

Air Mawar
Sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan air mawar sebagai bahan utamanya. Khasiat air mawar bagi kulit memang tak perlu diragukan lagi. Selain memudarkan bekas jerawat, salah satu bahan kecantikan kuno ini juga mengurangi peradangan dan melembapkan kulit.

Tak hanya orang tua, air mawar menjadi cara alami menghilangkan jerawat pada remaja tanpa efek samping. Bahan yang satu ini juga bekerja sebagai campuran masker wajah untuk menghilangkan jerawat secara alami. Cukup campurkan bubuk cendana dan air mawar lalu aplikasikan ke wajah. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air.

Susu dan Madu
Kandungan nutrisi dalam susu bukan hanya membantu membersihkan kulit tapi juga membuat kulit tampak glowing dan lembut. Sedangkan madu tinggi pelembap dan kaya kandungan anti bakteri yang dikenal efektif membasmi penyebab jerawat.

Tahukah kamu jika campuran susu dan madu pun bisa dimanfaatkan sebagai cara alami menghilangkan jerawat pada remaja dengan jerawatnya yang memenuhi pipi. Kedua bahan ini ternyata mengandung beauty benefit yang bisa bikin wajah mulus bebas jerawat.

Pertama, bersihkan wajah dengan handuk kecil yang direndam dalam air hangat untuk membuka pori-pori wajah. Oleskan campuran madu dan susu dengan bantuan kapas lalu berikan pijatan lembut dengan gerakan memutar. Biarkan menit baru bilas hingga bersih, secara berkala bahan ini menjadi cara alami menghilangkan jerawat pada remaja.

Pepaya
Bukan hanya rasanya yang lezat dan kaya serat, pepaya juga dapat menjadi cara alami menghilangkan jerawat pada remaja tanpa efek samping. Pasalnya, pepaya dapat mengurangi peradangan, menghilangkan sel kulit mati, dan menjadikan kulit terasa lembut dan halus.

Caranya mudah banget, Tinggal haluskan daging pepaya lalu aplikasikan pada kulit dan biarkan selama menit. Bilas hingga bersih dan lanjutkan dengan penggunaan pelembap sesuai jenis kulit.

[Ibr]