Blog

Berikut Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Pendidikan karakter merupakan ujung tombak untuk setiap anak bangsa. Anak yang masih usia 2 tahun sudah harus mulai diberikan pemahaman. Hal ini bertujuan untuk menanamkan sikap yang baik terhadap perilaku anak Indonesia.

Pendidikan karakter yang bagus dan baik akan sangat berimbas kepada sebuah negara. Bila di suatu negara minim pendidikan karakter, maka suatu negara tidak akan maju. Begitu sebaliknya, jika pendidikan karakter di suatu negara berjalan baik. Maka baik pula kemajuan negara itu.

Nah, itulah mengapa kita sudah harus menanamkan pendidikan karakter dengan baik. Karakter itu sendiri akan menjadi cerminan bagaimana sikap dan perilaku kita.

Semakin tinggi pendidikan kita, maka harus semakin tinggi pula sikap dan karakter kita. Pengertian dari pendidikan karakter ini sendiri sangat beragam. Namun, isinya tetap.

Pendidikan karakter ini menanamkan perilaku yang baik terhadap segala hal. Berdasarkan cita cita yang diharapkan. Karena hal ini dianggap sangat penting, jadi selama di sekolah hal ini akan terus diberikan. Kita akan terus dilatih untuk meningkatkan pendidikan karakter.

Di sekolah, kita diwajibkan untuk memahami dan menguasi tentang apa itu pendidikan karakter. Kita bisa mengamalkan pendidikan karakter dengan baik apabila kita memahaminya.

Sangat banyak pengertian tentang pendidikan karakter itu sendiri. Dan sangat banyak juga yang memberikan kesimpulan tentang isi pendidikan karakter.

Nah, mari kita bahas apa saja pengertian pendidikan karakter menurut para ahli. Setelah itu, kita akan lebih memahami pendidikan karakter dengan baik.

Berikut Ulasan Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli
1. Pendapat menurut Hamid dan Sabani
Menurut mereka pendidikan karakter adalah pendidikan dasar. Pendidikan yang menomor satukan nilai nilai mulia. Sikap yang sangat perlu ditekankan kepada setiap insan manusia. Penerapan nilai-nilai karakter wajib menjadi landasan utama para generasi.

Pendidikan karakter adalah aspek kognitif. Karakter suatu generasi juga sangat mempengaruhi bagaimana perkembangan suatu negara. Pendidikan karakter ini adalah salah satu nilai intrinsik pembangunan negara.

2. Pendapat menurut Samani dan Hariyanto
Pengertian pendidikan karakter menurut para ahli, kali ini kita melihat pendapat mereka. Pendidikan karakter adalah suatu pembawaan dari dalam diri Masing-masing individu.

Penilaian moral, hati, watak, sikap, dll. Kita harus mendidik dulu mental kita. Menyiapkan hati dan pikiran secara jernih. Menata sikap agar berperilaku baik dan mulai. Membiasakan diri dengan moral yang sopan. Menaati setiap peraturan yang ada. Senantiasa menjaga sikap.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai pengertian pendidikan karakter menurut para ahli. Semoga dengan adanya artikel ini diharapkan para pembaca lebih paham.

Semoga juga ini dapat meningkatkan sikap kita terhadap negara dengan meningkatkan karakter kita sebagai generasi bangsa yang baik. Agar Indonesia menjadi negara maju yang diakui oleh banyak negeri. Semoga artikel ini dapat menarik minat baca semua orang.

Bagikan Artikel ini di