Blog

Berbagai Pengertian Teknologi Dari Para Ahli Serta Jenis Dan Manfaatnya

Ilustrasi teknologi informasi dalam bisnis (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari – Jumat, 25 Februari 2022 | 19:50 WIB

Sariagri -Di zaman modern seperti saat ini, masyarakat Indonesia bahkan orang di seluruh dunia sudah banyak yang memanfaatkan teknologi. Peran teknologi sangat penting dalam mendukung kelancaran kegiatan manusia sehari-hari. Lantas apa sebenarnya pengertian teknologi?

Teknologi berasal dari kata technologia (bahasa Yunani) techno artinya ‘keahlian’ dan logia artinya ‘pengetahuan’’ Jika dilihat secara umum, pengertian teknologi dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat hingga metode pengolahan guna membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan manusia.

Pengertian teknologi menurut beberapa ahli
Beberapa ahli juga memberi pendapat mengenai teknologi, diantaranya adalah:

1. Capra

Menurut Capra, pengertian teknologi ialah suatu kumpulan alat, aturan dan juga prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan ilmiah terhadap sebuah pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang dapat memungkinkan terjadinya pengulangan.

2. Toynbee

Pengertian teknologi menurut Toynbee adalah ciri dari adanya sebuah kemuliaan manusia, di mana hal ini membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup hanya untuk makan semata, namun membutuhkan lebih dari itu.

3. Gary J. Anglin

Pengertian teknologi yang dikemukakan Gary J. Anglin ialah penerapan ilmu-ilmu perilaku serta alam dan juga pengetahuan lain dengan secara bersistem serta mensistem untuk memecahkan masalah manusia.

4. Merriam Webster

Menurut Merriam Webster, teknologi merupakan suatu penerapan pengetahuan praktis khususnya di bidang tertentu; cara menyelesaikan tugas terutama dengan menggunakan proses teknis, metode, atau pengetahuan; serta juga aspek khusus dari bidang usaha tertentu.

5. Jacques Ellil

Pengertian teknologi bagi Jacques Ellil merupakan keseluruhan metode yang dengan secara rasional mengarah serta memiliki ciri efisiensi dalam tiap-tiap kegiatan manusia.

6. Miarso

Sementara menurut Miarso, pengertian dari teknologi yaitu suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, di mana produk yang tidak terpisah dari produk lain yang sudah ada. Hal itu juga menyatakan bahwa teknologi merupakan bagian integral dari yang terkandung dalam sistem tertentu.

Jenis-Jenis Teknologi

Dilansir dari pendidikan.co.id, terdapat beberapa jenis teknologi, yaitu:

1. Teknologi informasi, yaitu teknologi yang dapat membantu manusia untuk menyampaikan informasi kepada orang lain dengan cepat dan efektif.
2. Teknologi komunikasi, yaitu teknologi yang dapat membantu manusia berkomunikasi satu sama lain, di mana mereka saling mengirimkan informasi menggunakan suatu perangkat tertentu.
3. Teknologi pendidikan, yaitu teknologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan, di mana kegiatannya memanfaatkan alat bantu tertentu.
4. Teknologi transportasi, yaitu teknologi yang membantu manusia untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam waktu cepat.
5. Teknologi medis, yaitu teknologi yang berhubungan dengan ilmu kedokteran, di mana kegiatan medis sudah memanfaatkan teknologi medis.
6. Teknologi konstruksi, yaitu teknologi yang berkaitan dengan struktur bangunan.

Manfaat Teknologi

Pemanfaatan teknologi dapat dirasakan manusia dalam berbagai bidang, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Manfaat Teknologi dalam Bidang Bisnis

Pekembangan teknologi sangat dirasakan bagi pebisnis, khususnya yang menjalankan usahanya dengan basis online. Dengan menggunakan teknologi internet, pebisnis dapat memulai usaha meski dari rumah. Tentu saja hal ini sangat efisien dalam penghematan biaya dan biaya operasional

2. Manfaat Teknologi dalam Bidang Perbankan

Manfaat teknologi yang satu ini sangat dirasakan oleh banyak orang. Kita tidak perlu lagi repot mengantri untuk menyetor dan mengambil uang di bank. Sebab dengan bantuan teknologi membuat kehidupan manusia menjadi lebih praktis dengan adanya ATM yang ada di banyak tempat. Dengan begitu kita bisa menghemat waktu dan juga biaya.

3. Manfaat Teknologi dalam Bidang Telekomunikasi

Perkembangan teknologi dalam bidang telekomunikasi paling dirasakan semua orang. Dengan adanya teknologi informasi, kita sudah bisa menggunakan beragam teknologi yang lebih mudah. Kita dapat melakukan komunikasi jarak jauh dengan mudah dan cepat bahkan sampai mancanegara. Bahkan kita juga bisa berkomunikasi melalui media sosial yang ada di smartphone ke semua orang yang ada di dunia secara langsung.

4. Manfaat Teknologi dalam Bidang Pendidikan

Perkembangan media internet juga berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia. Para pelajar bisa memanfaatkan media internet untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang lebih luas, yang tidak bisa ditemukan dalam buku.

Baca Juga: Berbagai Pengertian Teknologi dari Para Ahli, Serta Jenis dan ManfaatnyaMengenal Perkembangan Teknologi Beserta Dampaknya bagi Kehidupan Manusia

Selain itu, untuk pendaftaran sekolah yang dulunya harus datang langsung ke sekolah yang diinginkan, sekarang hanya menggunakan internet pendaftaran bisa dilakukan. Bahkan dalam pelajaran pun kini banyak sekolah yang menerapkan sekolah online, terutama di kondisi pandemi saat ini.

5. Manfaat Teknologi dalam Bidang Kesehatan

Perkembangan teknologi juga dirasakan dalam bidang kesehatan. Kehadiran teknologi amat berjasa dalam perbaikan manajemen di klinik atau rumah sakit. Jika dulu pendataan riwayat kesehatan pasien masih ditulis dalam sebuah berkas, sekarang pendataan sudah bisa dilakukan dan diarsipkan di komputer. Cara ini memudahkan dan mempercepat pekerjaan petugas kesehatan untuk mengetahui rekam medis pasien.

Video Terkait