Blog

Begini Lho Cara Menghapus Akun Instagram Dan Menonaktfikan Sementara

Hari gini siapa sih yang tak punya akun Instagram? Sebagai salah satu media sosial paling populer dan banyak digunakan, aplikasi Instagram menjadi salah satu aplikasi terlaris yang digandrungi banyak orang. ­Apalagi dengan hadirnya berbagai fitur menarik yang membuat penggunanya semakin betah bermain Instagram.

Namun, ada kalanya pengguna merasa jengah sehingga mencari cara menghapus akun Instagram, cara menonaktifkan akun Instagram atau bahkan cara memblokir Instagram. Ada pula yang merasa sibuk dan ingin sesaat menghilang dari Instagram sehingga mencari cara deactive Instagram untuk sementara. Lalu, bagaimana sih cara hapus akun Instagram maupun cara deative instagram?

Cara menghapus akun Instagram
Ada beberapa cara untuk menghapus akun Instagram. Pertama dengan menghapus via deskstop atau perangkat komputer, sedangkan metode yang kedua adalah dengan menggunakan smartphone alias via mobile.

Image: Unsplah/Jakon Owens 1. Cara hapus akun Instagram via Deskstop

Cara pertama dengan menggunakan komputer cukup mudah. Pertama kunjungi situs help.instagram.com untuk memulai langkah penghapusan. Kemudian pilih ‘Mengelola Akun Anda’. Lanjutkan dengan memilih ‘Hapus Akun Anda’, kemudian klik. Setelah itu ada dua opsi, pilih ‘Bagaimana cara menghapus akun saya?’. Dari pilihan yang tersedia, pilih opsi nomor satu yang berisi ‘Halaman Menghapus Akun Anda’, kemudian pilih salah satu alasan kenapa kamu ingin menghapus akun instagram. Sebagai langkah terakhir, masukkan password atau kata sandi akun instagram kamu, kemudian klik ‘Permanently delete my account’ dan ucapkan selamat tinggal pada akun Instagram kamu.

1. Cara menghapus akun Instagram via Mobile atau Smartphone

Setelah mengetahui cara hapus akun instagram melalui komputer atau laptop, kini giliran kita mengetahui cara menghapus akun instagram via Mobile atau Smartphone.Berikut ini langkahnya :

* Pertama, buka aplikasi Instagram di smartphone dan masuk profil Instagram milikmu. Pilih ikon tiga titik yang ada di sebelah kanan atas. Pilih ‘Help Center’.
* Selanjutnya kamu akan di-direct ke situs help.instagram.com kemudian pilih ‘Mengelola Akun Anda’. Pilih ‘Hapus Akun Anda’. Pilih ‘Bagaimana cara menghapus akun saya?’
* Pilih opsi nomor satu yang berisi ‘Halaman Menghapus Akun Anda’. Pilih salah satu alasan mengapa kamu ingin menghapus akun Instagram.
* Sebagai langkah terakhir, masukkan password atau kata sandi akun Instagram kamu, pilih ‘Hapus akun saya secara permanen’ dan ucapkan selamat tinggal pada akun tersebut.

[promotion_banner id=”623306″ title=”Banner ShopFest” image_url=”/id/wp-content/uploads/2018/08/ /shopfest-skinny-dalem.jpg”]

Cara deactive Instagram atau menonaktifikan sementara
Menonaktifkan akun Instagram tentu salah satu solusi lain selain menghapus akun Instagram, karena menghapus akun Instagram secara permanen tentu memiliki kerugian tersendiri, diantaranya hilangnya data akun tersebut dan tidak bisa dikembalikan lagi di lain waktu. Ketika kamu menonaktifkan akun Instagram, maka orang lain tidak akan bisa melihat akunmu dan bahkan tidak akan bisa mencari akun tersebut, namun sebenarnya akun tersebut masih ada, hanya seperti menghilang sementara waktu.

Image: Unsplash/Erik LucateroAkun tersebut akan dianggap aktif kembali ketika kamu melakukan login kembali menggunakan username dan password. Ketika login maka akun dianggap aktif kembali oleh Instagram, seketika itu juga orang lain kembali bisa melihat akun tersebut. Namun, jika ingin menonaktifkan kembali, tentu bisa dengan mengulangi cara yang sama, cara ini hanya bisa dilakukan satu kali dalam satu minggu.

Langkah menonaktifkan akun instagram
Cukup mudah untuk menonaktifkan atau mendisable akun Instagram, kamu bisa melakukannya melalui browser yang ada di smartphone maupun komputer.

1. Pertama, buka halaman Instagram.com melalui web browser di smartphone atau komputermu
2. Kemudian, klik username yang ada dibagian atas, lalu klik Edit Profile.
3. Klik tulisan Temporarily disable my account berwarna biru yang ada di bagian bawah.
4. Kemudian pilih alasan mengapa kamu menonaktifkan akun tersebut untuk sementara waktu.
5. Setelah memilih alasan, kamu diminta untuk memasukan password akun tersebut.
6. Klik tombol Temporarily Disable Account yang berwarna merah, Selesai..

Cukup mudah bukan untuk menonaktifkan akun Instagram sementara waktu? Tidak perlu menghapus akun karena foto dan follower akan hilang semua apabila akun dihapus.

Tips membuat Instagram tidak membosankan
Ada berbagai alasan mengapa orang menginginkan untuk hapus akun instagram atau nonaktifkan akun instagram, salah satunya karena jenuh. Nah, jika kejenuhan tersebut karena Instagram yang terlihat kurang terlihat catchy dan terkesan membosankan. Maka, kamu perlu menyimak beberapa tips agar Instagram milikmu terlihat lebih berkualitas dan tidak membosankan berikut. Jadi, kamu tak perlu hapus aplikasi Instagram atau akunmu.

Image: Unsplash/Ben KoldeMeningkatkan kualitas akun Instagram kalian tidak bisa dalam satu kali posting saja. Nah, keberadaan estetika pada Feed juga perlu untuk dijaga. Membombardir foto untuk diposting dalam sekian menit sekali bukanlah satu hal yang cukup bijaksana untuk dilakukan.

Estetika juga bukan berarti apakah kamu harus menggunakan satu tema saja untuk memposting beberapa foto sekaligus. Tapi lebih kepada apakah foto tersebut menggunakan objek yang pas, penggunakan kamera yang pas, serta cocok atau tidaknya dengan profile yang coba kamu tampilkan ke depan orang-orang.

Sejatinya para pengguna smartphone sudah mendapati akun Instagram mereka dengan beberapa filter update yang sangat baik. Sebaiknya kamu menggunakan filter yang cocok untuk beberapa foto tersebut. Feed kamu akan semakin baik engagementnya jika filter juga diimbangi dengan resolusi yang besar.

Baca juga:Ini Lho 9 Cara Mendapatkan Like Banyak di Instagram Tanpa Hashtag

Image: Unsplash/Maria ShaninaKecocokan foto mungkin ada hubungannya dengan tema yang sudah ditetapkan, tapi kecocokan postingan demi meningkatkan kualitas akun Instagram tak melulu hanya masalah jenis foto. Tapi, juga ritme dan distribusi juga disesuaikan.

* Konteks dan kepribadian yang kuat

Sebuah konteks adalah bagian dari uraian atau kalimat yang bisa mendukung atau menambah kejelasan makna. Dalam kasus Instagram ini yang kita maksudkan salah satunya adalah caption. Artinya harus ada kesinambungan antara konten visual dan tulisan yang disertakan.

Karena, seperti karya tulisan pada umumnya, konteks dapat menjelaskan lebih lanjut tentang apa yang ingin kalian sampaikan. Dalam hal penyampaian konteks dicaptionini juga, ada baiknya kalian tetap konsisten dengantone of voiceyang akan ditulis. Perlu diperhatikan bahwa Instagram memperbolehkan penggunanya untuk menuliscaptionsebanyak 2.200 karakter.

Jadi, menyampaikan pesan tidak harus pendek-pendek karena Instagram memberikan kebebasan para penggunanya untuk memaksimalkan konten mereka. Selain konteks, kepribadian dalam penulisancaptionInstagram juga dapat membantu Anda untuk memberi kehidupan bagi konten miliku. Semakin kamu menunjukkan kepribadian, semakin memberikan kesan hangat bagi yang membacanya.

Nah, selain mengetahui cara menghapus akun Instagram maupun cara deactive Instagram serta tips agar Instagram-mu tidak membosankan sekarang bergantung pada keputusanmu nih. Apakah benar-benar jenuh dan ingin hapus akun serta aplikasi Instagram atau sebaliknya dengan mengubah kualitas konten Instagram kamu agar tidak membosankan lagi?

“Sudah siap memborong promo gadget di akhir tahun? Kamu juga bisa ikutan promo ShopFest lho. Yuk intip di sini promonya!”

Editor: Nimas Arini

Featured image: preciousnewstart