Blog

Bangsa Pengertian Menurut Para Ahli Dan Unsurunsur Pembentuknya

Jakarta – Saat ini kita tengah hidup dalam kelompok sangat besar yang disebut sebagai bangsa Indonesia. Sudahkan kamu tahu apa pengertian bangsa?

Secara bahasa, kata bangsa diambil dari terjemahan bahasa Inggris nation. Dalam kamus Cambridge, nation berarti sekelompok besar orang yang berbagi bahasa, tradisi, serta sejarah yang sama, tetapi mungkin tidak semuanya tinggal di satu wilayah.

Pengertian yang sama juga ditemukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Menurut KBBI, bangsa adalah kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta memiliki pemerintahan sendiri.

Selain dua pengertian tersebut, beberapa ahli juga mengemukakan pemahaman mereka mengenai arti sebuah bangsa, lho. Yuk, simak pengertian bangsa menurut para ahli di bawah ini.

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

1. Ernest Renan
Dalam buku berjudul What Is a Nation? Ernest Renan mendefinisikan bangsa sebagai jiwa spirit spiritual. Satu jiwa terletak di masa lalu dan satu lagi terletak di masa sekarang.

Jiwa tersebut adalah kepemilikan bersama dari warisan memori di masa lalu dan jiwa yang lainnya adalah persetujuan masa kini, keinginan untuk hidup bersama, dan melestarikan nilai yang diwariskan.

Singkatnya, pengertian bangsa menurut Ernest Renan adalah sekelompok individu yang memiliki ikatan batin atas sejarah di masa lalu dan memiliki keinginan untuk hidup bersama di masa sekarang dan masa depan.

2. Otto Bauer
Dikutip dari buku yang berjudul The Question of Nationalities and Social Democracy, pengertian bangsa menurut Otto Bauer adalah komunitas individu dengan karakteristik yang relatif sama. Kesamaan karakteristik ini terbentuk karena adanya persamaan nasib. Dengan begitu, satu bangsa akan berbeda dengan bangsa lainnya.

3. Hans Kohn

Pengertian bangsa lainnya datang dari Hans Kohn, seorang filsuf dan sejarawan asal Amerika. Pengertian bangsa menurut Hans Kohn adalah hasil perjuangan sejarah manusia yang tidak bisa dirumuskan secara pasti.

Hal tersebut dikarenakan adanya faktor objektif yang menjadi latar belakang dan ciri khas suatu bangsa, seperti persamaan rasa tau keturunan, wilayah, bahasa, adat-istiadat, dan agama atau keyakinan.

Unsur-unsur Bangsa
Suatu bangsa dapat terbentuk jika memiliki unsur sebagai berikut:
1. Memiliki persamaan nasib,
2. Memiliki keinginan untuk bersatu,
3. Tinggal bersama-sama di dalam suatu wilayah tertentu,
4. Memiliki kehendak untuk membentuk pemerintahannya sendiri,
5. Memiliki kesamaan karakter, budaya, bahasa, dan karakteristik lainnya sehingga bisa dibedakan dengan bangsa lain.

Nah, itu dia penjabaran mengenai pengertian bangsa menurut Ernest Renan, Otto Bauer, dan Hans Kohn, serta penjelasan mengenai unsur-unsur sebuah bangsa.

Simak Video “MAB Siapkan ‘Angkot’ Listrik Pengganti Ojek”
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)