Blog

Apa Itu Seni Tari

Tinggal di Indonesia, kamu mungkin tertarik dengan berbagai macam adat dan budaya. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki seni tari sangat beragam. Tarian tersebut memiliki makna yang berbeda-beda mulai dari Sabang sampai Merauke.

Tidak heran jika generasi muda saat ini tertarik untuk memperdalam seni tari. Ada berbagai macam tempat yang bisa digunakan untuk belajar seni tari. Namun, apa sebenarnya seni tari itu? Berikut kami akan menjelaskan seni tari dan berbagai macam jenis di dalamnya.

Seni tari merupakan gerakan yang memiliki irama dan dilakukan di suatu tempat dengan waktu tertentu untuk mengekspresikan perasaan atau menyampaikan pesan dari seseorang maupun kelompok. Seni dapat menjadi wujud ekspresi diri manusia dan sering dijadikan sarana hiburan.

Secara umum, seni tari merupakan cabang seni yang fokus untuk mengungkapkan keindahan, ekspresi, dan maknaa melalui media gerak tubuh dan diperagakan sedemikian rupa untuk memberikan penampilan yang menyenangkan baru bagi penonton.

Pengertian Seni Tari Menurut Ahli
Ada beberapa ahli yang juga mendefinisikan seni tari, seperti berikut.

* Seni tari adalah ungkapan dari dalam jiwa manusia kemudian diekspresikan melalui gerakan indah yang ritmis. Seni tari dimaksudkan untuk mengungkapkan atau melimpahkan emosional seseorang pada berbagai macam gerakan dan disesuaikan dengan persamaan nada maupun Irama yang mengiringi. (Soedarsono)
* Seni tari merupakan karya seni gerak yang sifatnya tidak pernah menjadi kontemporer. (M.A Theodora Retno Maruh)
* Seni tari merupakan insting yang memberikan desakan terhadap emosi di dalam diri manusia dan sifatnya mendorong manusia untuk berekspresi. (Kamala Devi Chattopadhyay)
* Seni tari adalah perasaan yang mendesak dalam diri manusia untuk mendorong ungkapan dengan bentuk gerakan yang ritmis. (Corrie Hartong)
* Seni tari adalah gerakan ritmis yang keluar dari bagian tubuh atau seluruhnya dan dilakukan seseorang maupun kelompok dengan ekspresi tertentu. (Yulianti Parani)

Dari pengertian beberapa ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa seni tari adalah suatu kesenian dengan media berupa gerakan yang ritmis untuk bisa mengungkapkan emosi dalam diri manusia.

Jenis-Jenis Tari
Di dalam seni tari, ada berbagai macam jenis yang bisa kamu pelajari sesuai dengan minat, seperti berikut.

* Tari tunggal, merupakan tarian yang dilakukan oleh 1 orang.
* Tari berpasangan, merupakan tari yang dilakukan secara berpasangan laki-laki dengan perempuan, laki-laki dengan laki-laki, atau perempuan dengan perempuan.
* Tari kelompok, merupakan tari yang dilakukan secara beramai-ramai dengan menggunakan banyak penari.

Kamu bisa menyesuaikan keinginan belajar tarian berdasarkan jenis-jenisnya. Misalnya kamu lebih percaya diri jika menjadi penari tunggal atau berdua dengan teman atau bahkan beramai-ramai. Pilihlah yang membuat kamu percaya diri sehingga kamu bisa tampil dengan maksimal ketika menari nanti.