Blog

Apa Itu Perencanaan Keuangan Inilah Manfaat Dan Contohnya

Home » Lifestyle » Apa Itu Perencanaan Keuangan? Inilah Manfaat dan Contohnya

Dibaca Normal : 6 Menit

Perencanaan keuangan adalah proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang atau keluarga melalui manajemen keuangan yang tepat dan terencana dengan benar.

Perencanaan keuangan berperan sebagai “roadmap” untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan Anda di masa depan.

Yuk kita bahas beberapa pengertian perencanaan keuangan menurut para ahli.

Pengertian Perencanaan Keuangan Menurut Para Ahli
Perencanaan keuangan (financial planning) adalah hal yang populer di Indonesia sejak tahun 2010-an. Hal ini disebabkan karena banyak kelas menengah yang memiliki banyak mimpi-mimpi keuangan.

Menurut Financial Planning Standard Board (FPSB), perencanaan keuangan adalah:

> “Process of developing strategies to help people manage their financial affairs to meet life goals.”

Contoh Perencanaan Keuangan Sederhana
Saya coba jelaskan hubungan antara pemasukan (income), perencanaan keuangan (financial planning) dan investasi (investment). Supaya lebih mudah dipahami, saya menggunakan studi kasus.

Saya juga sudah membuat sebuah video penjelasan mengenai konsep perencanaan keuangan. Berikut ini videonya:

Untuk mendapatkan tips, inspirasi dan motivasi mengenai keuangan, Anda dapat SUBSCRIBE Youtube Channel Finansialku:

Andre adalah seorang karyawan usia 27 tahun dengan pemasukan Rp 10 juta per bulan. Di tahun 2022 Andre berencana melangsungkan pernikahan.

Andre mencoba melakukan riset harga biaya pernikahan. Total biaya yang dibutuhkan untuk menikah di tahun 2020 adalah Rp 150 juta. Seperti yang kita ketahui, namanya biaya pernikahan selalu mengalami kenaikan (disebut inflasi).

Jika biaya pernikahan mengalami kenaikan sebesar 8% per tahun, maka total biaya yang dibutuhkan pada tahun 2020 adalah Rp 188.956.800 (saya genapi Rp 190 juta).

[Baca juga: Contoh Perencanaan Keuangan dan Cara Memantaunya]

Perencanaan Keuangan Sebagai GPS
Perencanaan Keuangan (financial planning) berperan seperti GPS, WAZE, GOOGLE MAPS yang membantu MENGARAHKAN seseorang dari satu titik ke titik lain.

Pada kasus Andre, kita lakukan perencanaan keuangan. Setelah dihitung ternyata Andre perlu berinvestasi sebesar Rp 4,4 juta per bulan dan target investasi 12% per tahun.

Salah satu keuntungan memiliki perencanaan keuangan adalah, tujuan keuangan Anda dapat direncanakan dan diwujudkan satu persatu. Coba bayangkan jika mengatur keuangan, tanpa ada perencanaan?

Berkaca pada kasus Andre, kita perlu sadar kalau ternyata semua mimpi atau tujuan kita di masa depan itu perlu direncanakan keuangannya agar tidak memberikan beban pada orang lain.

Untuk Anda yang berpikir untuk menikah beberapa tahun ke depan, tidak ada salahnya untuk merencanakan keuangannya dari sekarang.

Kalau masih bingung harus mulai dari mana, mungkin Anda bisa memulainya dariebookdanpodcastyang sudah disediakan oleh Finansialku di bawah ini agar bisa segera dipraktekan:

Investasi
Investasi (investment) berperan seperti kendaraan yang membantu kita MEMPERCEPAT kita mencapai tujuan keuangan.

Pada kasus Andre kendaraan yang digunakan misalnya 30% reksa dana, 40% saham dan 30% P2P Lending. Disclaimer: penjelasan ini adalah contoh, bukan saran investasi.

[Baca juga: Mengenal Apa Itu Manfaat Perencana Keuangan dan Fungsinya]

Pemasukan
Pemasukan (income) berperan seperti BAHAN BAKAR kita supaya bisa menggerakkan kendaraan (investasi). Semakin besar pemasukan, semakin cepat tujuan keuangan kita terwujud.

Pada kasus Andre, bahan bakar Andre adalah penghasilan dari gajinya, sebesar Rp 10 juta per bulan.

[Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Rencana Keuangan Penting Dalam Kehidupan]

Contoh Perencanaan Keuangan
Berikut ini adalah contoh laporan perencanaan keuangan versi Finansialku. Laporan perencanaan keuangan disebut book plan.

Anda dapat melihat beberapa bagian detail di video, pada menit 07:10.

Sebuah book plan berisi 4 hal utama:

1. Profil klien, seperti biodata, profil risiko dan informasi-informasi pribadi klien.
2. Kondisi keuangan saat ini, seperti berapa pemasukan, pengeluaran, aset dan utang yang dimiliki.
3. Tujuan keuangan yang akan datang, misal mau merencanakan dana pernikahan, dana membeli rumah, dana Pendidikan atau dana pensiun.
4. Action plan, seperti rencana investasi klien, termasuk di dalamnya ada alokasi investasi.

Anda dapat membuat sendiri perencanaan keuangan atau menggunakan jasa professional. Anda dapat berkonsultasi bersama perencanaan keuangan di Finansialku dengan cara booking hari dan tanggal konsultasi.

Jika Anda ingin membuat sendiri perencanaan keuangan, maka Anda dapat mulai dari download gratis ebook perencanaan keuangan usia 20 an atau usia 30 an.

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Langkah berikutnya adalah:

1. Lakukan financial check up di Aplikasi Finansialku. Anda bisa download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apps Store.
2. Jika ada kondisi keuangan yang masih belum ideal, maka Anda dapat konsultasikan hasilnya dengan perencana keuangan.
3. Jika Anda memerlukan informasi lebih detail mengenai cara membuat sendiri rencana keuangan, maka Anda dapat mengakses kursus online Finansialku: “Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Kamu.”

[Baca juga: Tujuan Perencanaan Keuangan dan Cara Membuatnya]

Kesimpulan
Beberapa poin penting dalam penjelasan saya adalah:

1. Definisi perencanaan keuangan adalah: proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang atau keluarga melalui manajemen keuangan yang tepat dan terencana dengan benar
2. Kita dapat mengibaratkan perencanaan keuangan seperti GPS, WAZE atau GOOGLE MAPS untuk MENGARAHKAN KEUANGAN
3. Kendaraan yang kita pakai untuk mempercepat adalah INVESTASI.
4. Bahan bakarnya adalah PEMASUKAN. Semakin besar pemasukan, maka semakin mudah merencanakan keuangan dan semakin cepat mewujudkan tujuan keuangan.
5. Anda dapat MEMBUAT SENDIRI rencana keuangan atau menggunakan jasa PERENCANA KEUANGAN (financial planner).

Semoga penjelasan saya dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang perencanaan keuangan (financial planning). Akhir kata Make a Plan and Get Your Financial Dreams Come True!

Anda memiliki masalah keuangan yang belum bisa diatasi? Perencana Keuangan Finansialku siap membantu! Langsung konsultasikan keuangan Anda dengan Perencana Keuangan Finansialku yang sudah bersertifikat.

Hubungi kami melalui Menu Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku atau melalui link berikut ini Konsultasi Keuangan.

Anda juga dapat menjadwalkan konsultasi melalui WhatsApp.

Kini Anda tahu apa itu perencana keuangan. Tentu saja informasi ini akan sangat bermanfaat untuk keuangan Anda ketika mempraktikkannya.

Tapi teman-teman Anda mungkin tidak tahu apa itu perencana keuangan.

Jangan biarkan ini terjadi! Anda bisa menjadi pahlawan mereka dengan membagikan artikel ini.

Pastikan Sobat Finansialku Tak Ketinggalan Informasi Terbaru​

Subsribe sekarang untuk dapatkan analisis prediksi pasar mingguan, perencanaan keuangan, serta analisis saham, reksa dana, dan produk investasi lainnya.

keyboard_arrow_leftPrevious

Melvin Mumpuni S.T., M.B.A., CFP, QWP adalah seorang perencana keuangan independen dan technopreneur. Memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan Bandung dan mengambil pendidikan pasca sarjana di Sekolah Bisnis dan Management Institut Teknologi Bandung (MBA – ITB). Memiliki pengalaman di bidang personal finance, corporate finance, internet marketing dan technopreneurship.