Blog

Apa Itu Implementasi Pengertian Tujuan Dan Contoh Penerapannya

Jika menyebutkan kata Implementasi, pastilah tak asing di keseharian kita. Sering kali kata ini muncul terutama dalam dunia akademis maupun profesional. Kata ini berkaitan dengan realisasi suatu rencana. Lalu sebetulnya apa itu implementasi? Berikut penjelasannya.

Pengertian Implementasi Secara Umum
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), implementasi memiliki makna pelaksanaan atau penerapan. Hal ini berkaitan dengan suatu perencanaan, kesepakatan, maupun penerapan kewajiban. Sementara, Nurdin Usman dalam bukunya yang berjudul Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum (2002) menuliskan makna implementasi sebagai suatu tindakan atau pelaksanaan dari sebuah rencana yang sudah disusun secara matang dan terperinci.

Implementasi biasanya dilakukan setelah perencanaan sudah dianggap sempurna. Menurut Nurdin, implementasi bukan sekedar aktivitas, tapi suatu kegiatan yang terencana untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, implementasi adalah tindakan yang harus mengikuti pemikiran awal agar sesuatu benar-benar terjadi.

Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli
Purwanto dan Sulistyastuti
Dalam bukunya yang berjudul Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan (1991), dituliskan bahwa implementasi memiliki inti pengertian sebagai kegiatan untuk mendistribusikan keluaran kebijakan (to deliver policy output) yang dilakukan oleh para implementor kepada kelompok sasaran (target group) sebagai upaya untuk mewujudkan kebijakan

Guntur Setiawan
Ditulis dalam Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan, implementasi adalah perluasan aktivitas yang saling menyesuaikan proses interaksi antara tujuan dan tindakan untuk mencapainya serta memerlukan jaringan pelaksana birokrasi yang efektif.

Browne dan Wildavsky
Buku karangan Usman juga menampilkan pendapat dari kedua tokoh ini, yakni dalam implementasi sederhana, implementasi bisa diartikan eksekusi atau aplikasi. Browne dan Wildavsky berpendapat bahwa “implementasi adalah perluasan aktivitas menyesuaikan satu sama lain”.

Syaukani dkk
Menurut Syaukani dkk dalam buku terbitannya tahun 2004, implementasi adalah pelaksanaan serangkaian kegiatan dalam rangka untuk memberikan kebijakan publik sehingga kebijakan dapat membawa hasil, seperti yang diharapkan.

Daniel A. Mazmanian dan Paul A. Sabatier
Sementara itu, dalam Wahab (2005: 65), Daniel A. Mazmanian dan Paul A. Sabatier menguji hal ini dengan memverifikasi pemahaman tentang apa yang akan terjadi setelah suatu keputusan ditetapkan, atau dengan merumuskan fokus kebijakan implementasi.

Prof. H. Tachjan
Dalam bukunya yang berjudul Implementasi Kebijakan Publik, dijelaskan bahwa implementasi kebijakan publik adalah proses yang kompleks, melibatkan dimensi organisasi, kepemimpinan, bahkan manajerial dari pemerintah sebagai pemegang otoritas. Implementasi ini memegang nilai-nilai kepercayaan (trust) dan tanggung jawab (responsibility). Kepercayaan menjadi penting untuk membangun penerimaan masyarakat terhadap suatu kebijakan publik, sehingga masyarakat mau mendukung pelaksanaan kebijakan publik tersebut.

Pengertian Implementasi Berdasarkan Bidangnya
Ilmu Politik
Implementasi pada bidang ini digunakan untuk merujuk pada peluncuran dan pelaksanaan undang-undang dan kebijakan publik. Badan legislatif akan mengesahkan undang-undang, dan lembaga yang bertanggung jawab kemudian akan melaksanakannya atau menerapkannya.

Ilmu sosial atau kesehatan
Pada bidang ini, implementasi mengacu pada penerapan program dalam medis. Karena berkaitan dengan kesehatan seseorang, perlu langkah-langkah khusus yang harus dipatuhi sebagai bagian dari implementasi.

Teknologi Informasi
Dalam konteks teknologi informasi, definisi implementasi biasanya mengacu pada pemasangan perangkat keras atau sistem perangkat lunak atau aplikasi baru. Ini juga berarti penyertaan spesifikasi teknis tertentu, komponen perangkat lunak atau standar perangkat lunak.

Bisnis
Dalam bisnis, berbagai jenis rencana dan inisiatif bisnis diimplementasikan. Rencana implementasi bisnis adalah serangkaian langkah yang diikuti untuk mencapai tujuan bisnis tertentu, tujuannya bisa berupa manfaat pada khalayak luas hingga keuntungan bisnis.

Tujuan Implementasi
Tujuan dari implementasi adalah untuk memastikan bahwa rencana yang sudah disepakati bisa diterapkan dan membawa dampak yang positif. Tim yang berkaitan dengan perencanaan implementasi harus dapat menjawab hal-hal detail tentang suatu rencana yang akan diterapkan, sebelum akhirnya masuk ke fase eksekusi. Rencana implementasi akan menjadi kunci untuk menguraikan langkah-langkah yang harus diambil tim untuk mencapai tujuan atau inisiatif bersama.

Cara yang baik untuk mengetahui apakah rencana implementasi sudah efektif atau belum adalah dengan menyerahkannya kepada seseorang di luar tim untuk menilai apakah mereka dapat memahami proyek secara keseluruhan. Rencana implementasi seharusnya tidak meninggalkan pertanyaan yang tidak terjawab.

Faktor yang Mempengaruhi Implementasi
Implementasi suatu proyek atau rencana dapat berjalan dengan baik dengan dipengaruhi beberapa faktor terkait. Beberapa diantaranya yakni:

Pemahaman Target yang Dituju
Ini adalah hasil akhir yang ingin dicapai oleh sebuah proyek. Diperlukan adanya konsep dan langkah-langkah yang matang dan harus tercapai untuk mencapai tujuan. Siapa target implementasi yang dituju? Apakah yang dituju butuh rencana ini dapat diimplementasikan? Contohnya kebijakan publik, apakah masyarakat memerlukannya? Apakah hal ini mudah dipahami?

Pengadaan Sumber Daya
Penting untuk mencari sumber daya agar mampu menguraikan apa yang dibutuhkan untuk melaksanakan implementasi. Contohnya dalam suatu bisnis, jika peralatan tidak memadai ditambah dengan kualitas kinerja pegawai yang kurang optimal maka rencana bisnis sebaik apapun tidak akan bisa dieksekusi dengan baik.

Seberapa Detail Menganalisis Resiko
Tim implementasi menggunakan analisis risiko untuk mengidentifikasi potensi masalah. Jika suatu rencana gagal untuk diterapkan, lalu apa kemungkinan terburuknya? Bagaimana penanganannya? Jauh lebih menguntungkan jika dilakukan atau tidak dilakukan? Jika semua jawaban belum dapat terjawab dengan pasti, maka rencana harus dipertimbangkan ulang.

Menghargai Waktu Tenggang
Cantumkan waktu penyelesaian yang ditargetkan dan tenggat waktu untuk mulai implementasi. Hal ini akan berkaitan dengan peran dan tanggung jawab dari pemangku kepentingan, sebab harus sadar porsi kerjanya masing-masing agar implementasi dapat berjalan dengan segera. Meskipun jadwal proyek dapat berubah seiring kemajuan proyek, penting untuk menggarisbawahi tanggal jatuh tempo yang diharapkan selama perencanaan implementasi.

Contoh Rencana Implementasi
Ilmu Politik
Implementasi pada bidang ini digunakan untuk merujuk pada peluncuran dan pelaksanaan undang-undang dan kebijakan publik. Contohnya adalah peluncuran dari implementasi rencana pengesahan RUU PKS. Setelah resmi disahkan pada April lalu, kini rencana tersebut mulai diterapkan setelah membutuhkan waktu perundingan yang cukup lama sekitar enam tahun terus pembahasan.

Ilmu sosial atau kesehatan
Perlu ada langkah-langkah khusus sebagai bagian dari implementasi. Contohnya adalah implementasi rencana pemulihan untuk kota yang mengalami bencana alam, atau pelaksanaan sistem untuk mengirimkan vaksin COVID-19 ke publik.

Teknologi Informasi
Implementasi butuh penyertaan spesifikasi teknis tertentu, komponen perangkat lunak atau standar perangkat lunak. Misalnya, alat pengembangan perangkat lunak berisi implementasi bahasa pemrograman.

Bisnis
Rencana implementasi bisnis adalah serangkaian langkah yang diikuti untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. Dalam mencapai tujuan keuntungan bisnis contohnya, setelah menggodok rencana pelebaran selama beberapa bulan, maka waktunya implementasi untuk pembukaan cabang restoran di beberapa titik.

Simak Video “Ada Terduga Teroris, Standar Masuk MUI Dipertanyakan”
[Gambas:Video 20detik]
(aau/fds)