Blog

Analisis Isi Pengertian Menurut Para Ahli Tujuan Dan Tahapannya

Analisis Isi – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah materi mengenai Analisis isi , yangmana akan meliputi mengenai pengertian menurut para ahli , tujuan dan juga tahapan . Untuk lebih jelasnya , langsung saja simak ulasan berikut ini .

Analisis isi di definisikan sebagai sebuah teknik penelitian ilmiah yang di tujukan untuk mengetahui gambaran karakteristik isi serta menarik inferensi dari isi.

Berikut ini adalah beberapa definisi analisis isi berdasarkan pendapat dari para ahli :

* Menurut Krippendorff ( 1980 : 21 & 1986 : 8 )
Analisis isi merupakan suatu teknik penelitian untuk membuat inferensi yang bisa direplikasi atau ditiru dan sahih datanya dengan memerhatikan konteksnya.

* Menurut Weber ( 1994 : 9 )
Analisis isi adalah suatu metode penelitian dengan memakai seperangkat prosedur untuk membuat inferensi yang valid dari teks.

* Menurut Riffe, Lacy dan Fico ( 1998 : 20 )
Analisis isi merupakan suatu pengujian yang sistematis dan bisa di replikasi dari simbol – simbol komunikasi, dimana simbol ini di berikan nilai numerik berdasarkan pada pengukuran yang valid dan analisis menggunakan metode statistik untuk menggambarkan komunikasi, menarik kesimpulan dan juga memberikan konteks, baik produksi maupun konsumsi.

Tujuan Analisis Isi
Analisis isi mempunyai tujuan sebagai berikut :

Menggambarkan Karakteristik Pesan
Analisis isi banyak digunakan untuk menggambarkan karakteristik isi dari suatu pesan. Paling tidak terdapat empat desain analisis isi yang pada umumnya digunakan untuk menggambarkan karakteristik pesan yaitu :

* Analisis yang dipakai untuk menggambarkan pesan dari sumber yang sama tetapi dalam waktu yang berbeda.
* Analisis isi digunakan untuk melihat pesan pada situasi yang berbeda, situasi disini bisa berupa konteks yang berbeda, sosial dan politik.
* Analisis isi digunakan untuk melihat pesan pada khalayak yang berbeda, khalayak di sini merujuk pada pembaca, pendengar ataupun pemirsa media yang berbeda.
* Analisis isi digunakan untuk melihat pesan dari komunikator yang berbeda.

Menarik Kesimpulan Penyebab Dari Suatu Pesan
Analisis isi tidak hanya bisa digunakan untuk melihat gambaran suatu pesan. Analisis isi juga bisa di gunakan untuk menarik kesimpulan penyebab dari suatu pesan. Dalam analisis isi yang menjadi fokus disini tidak deskripsi dari pesan, akan tetapi menjawab pertanyaan mengapa pesan “ Isi ” muncul dalam bentuk tertentu.

Tahapan Analisis Isi
Sebagai metode yang sistematis, analisis isi mengikuti suatu proses tertentu. Tahapan analisis proses analisis isi adalah sebagai berikut :

Merumuskan Tujuan Analisis
Apa yang ingin di ketahui lewat analisis isi, hal – hal apa saja yang menjadi masalah penelitian serta ingin dijawab lewat analisis isi.

Konseptualisasi Dan Operasionalisasi
Merumuskan konsep penelitian serta melakukan operasionalisasi sehingga konsep dapat diukur.

Lembar Coding “ Coding Sheet ”
Menurunkan operasionalisasi ke dalam lembar coding, lembar coding memasukkan hal yang ingin di lihat serta cara pengukurannya.

Populasi Dan Sampel
Peneliti perlu merumuskan populasi dan juga sampel analisis isi. Apakah populasi dapat di ambil semua “ Sensus ”, apabila tidak menentukan teknik penarikan sampel serta jumlah sampel yang akan di analisis.

Traning / Pelatihan Coder Dan Pengujian Validitas Reliabilitas

Peneliti memberikan pelatihan kepada code yang akan membaca dan juga menilai isi. Peneliti menguji reliabilitas. Apabila belum memenuhi syrat, maka di lakukan perubahan lembar coding hingga angka reliabilitas tinggi.

Proses Coding
Mengkode semua isi berita ke dalam coding yang sudah disusun.

Perhitungan Reliabilitas Final
Peneliti menghitung angka reliabilitas dari hasil coding dengan menggunakan rumus atau formula yang tersedia, seperti Holsti, Krippendorff, dan Cohen Kappa.

Input Data Analisis
Melakukan input dari data lembar coding serta analisis data.

Demikianlah ulasan di atas tentang Pengertian Analisis Isi Menurut Para Ahli semoga mudah di pahami dan juga dapat bermanfaat untuk kalian semua , terimakasih.