Blog

8 Cara Menghilangkan Wajah Belang

Beraktivitas di luar ruangan memang menyenangkan. Tetapi, apabila Anda terlalu lama beraktivitas di luar ruangan tanpa pemakaian sunscreen yang benar, paparan sinar matahari dapat membakar dan menggelapkan kulit Anda. Hasilnya adalah skin discoloration alias kulit belang.

Kulit wajah terutama sangat rentan pada kondisi ini. Sebab, kulit wajah umumnya lebih sensitif ketimbang kulit di area tubuh lainnya. Sehingga, kulit wajah lebih mudah terbakar dan menjadi belang akibat terkena paparan sinar matahari.

Meski bukan masalah kesehatan yang serius, tetapi kulit belang tentu bisa mengurangi rasa percaya diri, terutama apabila kulit belang tersebut muncul di area wajah. Namun, jangan khawatir. Berikut cara menghilangkan kulit belang pada wajah dengan efektif yang dapat Anda coba.

Jangan khawatir, kulit belang biasanya bersifat temporer sehingga bisa dipudarkan. Berikut ini adalah beberapa cara mudah menghilangkan belang di wajah yang bisa Anda coba.

1. Mengoleskan Aloe Vera Gel
Kebanyakan orang mengalami kulit belang pada wajah karena kulit terbakar sinar matahari. Jadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merawat kulit Anda yang terbakar. Dengan merawat kulit terbakar, Anda bisa mengurangi kemungkinan munculnya warna kulit yang sangat gelap. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan gel lidah buaya secara rutin.

Tanaman dengan nama latin Aloe vera ini terasa menyejukkan dan mampu mengurangi rasa sakit kulit yang terbakar matahari. Tidak hanya demikian, bahan alami ini juga mengandung senyawa aloesin yang dikenal efektif untuk mencerahkan kulit dan menghambat produksi melanin penyebab hiperpigmentasi. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya asli atau yang sudah dikemas dengan merek tertentu. Aplikasikan layaknya masker wajah secara rutin ke area wajah yang belang atau terbakar, terutama saat malam hari menjelang tidur. Warna kulit pun jadi lebih merata.

2. Rutin Eksfoliasi
Eksfoliasi adalah metode perawatan yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah terlihat lebih cerah, halus, dan bebas kusam. Dengan mengangkat dan membuat sel kulit mati yang menumpuk, Anda akan mendorong pembuatan sel kulit baru yang lebih sehat dan cerah. Oleh karena itu, eksfoliasi juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan belang di wajah.

Ada dua jenis produk eksfoliasi yang tersedia di pasaran, yakniphysical exfoliationdanchemical exfoliation. Contoh physical exfoliation adalah scrub dan lulur sedangkan contoh chemical exfoliation mencakup produk yang mengandung AHA, BHA, atau enzim buah. Pilih satu yang paling cocok dengan kondisi kulit Anda. Oh ya, produk eksfoliasi ini tidak boleh dipakai setiap hari karena dapat menghilangkan skin barrier dan merusak kulit.

Baca Juga: 8 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami dan Murah

3. Aplikasikan Pelembab
Setelah dieksfoliasi, kulit umumnya akan terasa lebih kering. Kulit kering lama-kelamaan dapat mengelupas dan menimbulkan flek hitam serta memperparah kondisi kulit belang. Jadi, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit, ya. Pilihlah moisturizer water-based untuk jenis kulit berminyak dan oil-based untuk jenis kulit kering. Saran tambahan, pilih moisturizer yang bebas parfum dan alkohol untuk meminimalisir risiko iritasi.

Selain menghadirkan hidrasi yang cukup pada kulit wajah, produk pelembab juga umumnya mengandung zat aktif pencerah yang fungsinya sangat bagus untuk melawandark spot, kulit kusam, dan tentu saja kulit belang.

4. Perbanyak Minum Air Putih
Selain dari luar, kulit juga perlu dirawat dari dalam. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan hidrasi kulit, anda juga harus banyak minum air. Saat terpapar matahari dalam waktu lama, kulit akan kehilangan kelembapannya. Alhasil wajah cenderung kering, kusam, dan mudah belang. Agar hal ini tidak terjadi, pastikan Anda mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap harinya. Bila perlu bawa botol minum ke mana pun Anda pergi.

Baca Juga:Cara Memutihkan Wajah secara Alami

5. Gunakan Masker Teh Hijau
Selanjutnya, Anda juga dapat mencoba masker teh hijau alami untuk mengatasi kulit belang di wajah secara alami. Ekstrak teh hijau kaya akan antioksidan yang mampu merawat kerusakan pada sel kulit serta mengurangi pigmen yang menyebabkan kulit belang. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakannya untuk meratakan warna kulit.

Caranya pun tidak sulit. Pertama, cukup seduh 1-2 kantong teh hijau dalam air mendidih selama 3-5 menit. Setelah dingin, gunakan kapas untuk mengaplikasikan teh hijau sebagai masker wajah di area kulit yang belang. Diamkan setidaknya 10 menit sebelum Anda bilas dengan air hangat. Ulangi dua kali sehari, di pagi dan malam, hingga warna kulit wajah Anda rata sempurna.

6. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari
Selain menyebabkan kulit belang, paparan sinar matahari juga dapat memperparah kondisi hiperpigmentasi. Oleh karena itu, untuk menghilangkan belang di wajah, Anda harus melindungi kulit Anda sebaik mungkin dari paparan sinar matahari.

Direkomendasikan untuk menghindari aktivitas di luar ruangan ketika sinar matahari sedang terik-teriknya, yakni sekitar pukul 10 pagi sampai 4 sore. Jika terpaksa harus keluar rumah pada jam yang tadi disebutkan, gunakanlah topi dan pakaian lengan panjang, serta aplikasikansunblock.

Baca Juga:Cara Mencerahkan Wajah

7. Pakai Tabir Surya
Sunblock, sun cream, atausunscreenadalah produk yang wajib dipakai untuk mencegah sekaligus mengatasi kulit wajah yang belang. Untuk wilayah Indonesia dengan intensitas sinar matahari yang cukup tinggi, Anda disarankan menggunakan tabir surya broad spectrum dengan SPF di atas 30.

Jangan lupa mengaplikasikan ulang tabir surya tiap 2 jam sekali, terlebih jika Anda banyak beraktivitas di luar ruangan atau sehabis berenang. Penggunaansunscreenjuga dianjurkan meski Anda hanya berdiam di ruangan, sebab sinar UV tetap bisa masuk melalui jendela.

8. Treatment Peeling
Untuk menghilangkan kulit belang di wajah yang sulit pudar, Anda juag bisa mencoba treatment peeling. Perawatan untuk mengatasi kulit belang ini dilakukan dengan mengoleskan cairan kimia tertentu pada kulit wajah. Cairan tadi akan merangsang pengelupasan sel kulit mati yang kusam dan gelap serta merangsang produksi lapisak kulit baru yang lebih sehat dan cerah.

Tidak hanya demikian, treatment peeling juga bisa membantu mengatasi komedo, jerawat, minyak berlebih, dan masalah kulit lainnya. Untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan tampak lebih cantik, treatment peeling patut Anda coba.

Itulah beberapa cara menghilangkan wajah belang dengan mudah. Asal diterapkan secara rutin, hasilnya pasti memuaskan. Untuk menghilangkan belang di wajah yang membandel, Anda juga bisa berkonsultasi langsung pada dokter kulit atau ahli kecantikan diJakarta Aesthetic Clinicagar mendapat treatment yang sesuai dan lebih efektif. Semoga bermanfaat!

Sumber:
* /dermatology/article/46964/aloesin
* /health/sunburn#moisturizer
* /artikel/cara-meratakan-kulit-belang-akibat-sinar-matahari
* /amp/life/fashion-and-beauty/ninda/cara-alami-menghilangkan-belang-pada-wajah
* /artikel/berbagai-cara-menghilangkan-belang-di-wajah/amp