Blog

71 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Hubungan Internasional adalah hubungan antar negara, baik itu antar pejabat pemerintahan, organisasi atau lembaga pemerintahan, dan perusahaan nasional.

Beberapa ahli di dunia mengemukakan pendapatnya mengenai apa itu hubungan internasional.

1. Raymond Aaron
Hubungan internasional adalah hubungan antar unit politik yang saling mengklaim diri dalam menentukan keadilan dan mengambil keputusan untuk berperang atau tidak.

2. John Lewis Gaddis
Hubungan internasional adalah suatu ilmu yang bermanfaat bagi negarawan dalam usaha untuk membangun peradaban yang lebih baik.

3. Jeremy Bentham
Hubungan internasional adalah ilmu yang berisi suatu kesatuan disiplin dan memiliki ruang lingkup serta konsep-konsep dasar.

4. John Lierz
Hubungan internasional adalah suatu pemikiran yang memasukkan beberapa pertimbangan implikasi kehidupan politik terutama perubahan unit-unit politik termasuk faktor keamanan dan kekuasaan yang inheren dalam kehidupan sosial masyarakat.

5. Coulombis dan Wolfe
Hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari fenomena-fenomena yang terjadi dan usaha menemukan variabel dasar dalam menjelaskan tingkah laku serta mengungkapkan karakteristik atau tipe-tipe hubungan antar unit sosial.

6. Charles McClelland
Hubungan internasional adalah ilmu studi mengenai semua bentuk pertukaran, transaksi, hubungan, arus informasi, serta berbagai respon perilaku yang muncul diantara masyarakat yang terorganisir secara terpisah, termaksud komponen-komponennya.

7. Suwardi Wiraatmaja
Hubungan internasional adalah usaha persatuan, penggabungan dan perpaduan berbagai disiplin yang memiliki atensi terhadap masalah internasional.

8. Trygive Mathisen
Hubungan internasional adalah suatu studi khusus terhadap aspek-aspek global di beberapa cabang ilmu dan merupakan bagian dari sejarah baru politik internasional.

9. Tulus Warsito
Hubungan internasional adalah suatu studi yang mempelajari hubungan atau interaksi antar anggota masyarakat tiap negara atau bangsa, baik pemerintahan maupun yang non pemerintahan (swasta).

10. Stanley Hofman
Hubungan internasional adalah suatu subjek akademis dalam memperhatikan hubungan politik antar bangsa.

11. Freddy L. Tobing
Hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara entitas politik yang berdaulat dan bersifat anarkis.

12. Richard Rosecrance
Adalah ilmu membahas pada kekuatan-kekuatan militer atau ekspansi teritonal sebagai bentuk pengakuan kepada semua negara.

13. Woodrow Wilson
Hubungan internasional adalah suatu bentuk demokrasi dalam tatanan masyarakat internasional.

14. Alfred Zilmmern
Hubungan internasional adalah ilmu yang membahas hukum internasional dan keamanan internasional.

15. John Burton
Hubungan internasional dapat diklasifikasikan sebagai suatu struktur analisa konuensional dalam studi hubungan internasional.

16. Robert Cox
Hubungan internasional adalah suatu fenomena globalisasi

17. Richard A. Falk
Hubungan internasional sebagai pola-pola hubungan antar negara dengan prinsip-prinsip “legal“ dan konstitusional.

18. Andre Gunder Frank
Hubungan internasional adalah ilmu yang membahas mengenai kebijaksanaan konversional dan pembangunan yang dilaksanakan dalam suatu masyarakat intern.

19. Vladimir I. Lenin
Hubungan internasional diibaratkan sebagai organisasi internasional yang membahas tentang hukum-hukum internasional dan kepentingan internasional.

20. Andrew Linklater
Kajian hubungan internasional dan disiplin ilmu internasional dalam suatu tatanan dunia.

21. Ishaq Rahman
Hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar negara.

22. J.C Johari
Hubungan internasional merupakan sebuah studi yang mempelajari interaksi yang berlangsung antara negara-negara berdaulat dan studi tentang pelaku-pelaku non negara (non states actors) yang perilakunya memiliki dampak terhadap tugas-tugas Negara.

23. Mochtar Mas’oed
Hubungan internasional merupakan suatu harmonisasi yang sangat kompleks karena didalamnya terdapat keterlibatan bangsa-bangsa yang masing-masing mempunyai kedaulatan sehingga membutuhkan mekanisme yang lebih rumit daripada hubungan antar kelompok.

24. Teuku May Rudi
Hubungan internasional mencakup berbagai macam hubungan dan interaksi yang melewati batas-batas wilayah negara dan melibatkan pelaku-pelaku yang berbeda kewarganegaraan.

25. Nicholas Spykman
Hubungan internasional adalah hubungan antara individu-individu yang tergabung dalam negara yang berbeda yang dapat menciptakan perilaku internasional.

26. Loosely
Istilah hubungan internasional dapat mencakup banyak kegiatan yang berbeda, transaksi bisnis komunikasi internasional, kontes atletik, pariwisata, konferensi ilmiah, program pertukaran pendidikan, dan misionaris agama.

27. Scharzwazeneger
Hubungan internasional merupakan bagian dari ilmu sosiologi yang khusus mempelajari kehidupan masyarakat internasional.

28. Spengler
Hubungan internasional adalah suatu gerakan politik yang dilakukan untuk menaklukkan dunia dengan senjata dalam bentuk-bentuk kebudayaan baru dan vital.

29. Sprout & Sprout
Hubungan internasional sebagai ilmu yang membahas mengenai aktor-aktor (Negara, pemerintah, pemimpin, diplomat, masyarakat) yang bertujuan untuk mengetahui maksud tertentu (sasaran, tujuan, harapan) dengan menggunakan sarana-sarana (seperti diplomasi, pemaksaan dan persuasi) yang dikaitkan dengan kekuatan atau kapabilitasnya.

30. Edward Hallet Card
Hubungan internasional adalah hubungan antar negara yang dinamis dan dialektis dalam membahas wacana mengenai pembentukan perdamaian dunia.

31. Robert Gilpin
Hubungan internasional ialah suatu ilmu yang mempelajari tentang studi ekonomi dan politik internasional yang lebih menekankan keamanan yang seimbang

32. Henry Kissinger
Hubungan internasional adalah aksi suatu negara dalam mewujudkan kepentingan tersendiri.

33. Stephen Krasner
Hubungan internasional yaitu studi yang membahas tentang lingkup dan sifat dasar dari bidang hubungan dalam masyarakat intern.

34. Norman Angell
Hubungan internasional membahas pada struktur politik, internasional mengenai penimbangan kekuasaan dalam lingkup internasional.

35. Charles Baitz
Hubungan internasional membahas prinsip-prinsip keadilan dan kebebasan dalam suatu politik intern.

36. Michael Doyle
Suatu ilmu yang mempelajari studi sejarah mengenai rekonstruksi berbagai ide dalam suatu tatanan masyarakat Internasional.

37. John Herz
Hubungan internasional adalah konsep yang membahas kebijakan luar negeri yang berfokus pada kepentingan keamanan yang menjadi pusat perhatian semua rakyatnya.

38. Drs. R.Soeprapto
Hubungan internasional adalah sebuah ilmu studi yang mengintegrasikan cabang-cabang pengetahuan lain yang mempelajari unsur-unsur internasional dalam kehidupan sosial umat manusia.

39. Steve Chan
Hubungan internasional sebagai interaksi para aktor yang tindakan atau kondisinya memiliki konsekuensi penting di luar yurisdiksi efektif unit politik mereka.

40. Suwardi Wiraatmaja
Hubungan internasional mencakup segala hubungan antar bangsa dan kelompok dalam masyarakat dunia, serta kekuatan-kekuatan, tekanan-tekanan, proses-proses yang menentukan cara hidup, cara bertindak dan cara berfikir manusia.

41. Quicy Wright
Hubungan internasional sebagai kumpulan pengetahuan yang komprehensif, dapat dipahami, koheren dan mengoreksi diri sendiri yang berkontribusi pada pemahaman, prediksi, evaluasi, dan kontrol hubungan antar negara dan kondisi dunia.

42. Couloumbis
Hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari aksi dan reaksi negara-negara berdaulat dimana tindakan elit-elit pemerintahan merupakan indikatornya.

43. Umar Surya Bakti
Hubungan internasional adalah hubungan yang mengintegrasikan berbagai macam ilmu yang fokus terhadap ilmu sosial.

44. KJ. Hoksti
Hubungan internasional adalah suatu studi mengenai sistem internasional. Suatu kumpulan satuan-satuan politik yang merdeka (seperti suku bangsa, negara, negara kota atau imperium) yang berinteraksi dengan frekuensi yang teratur.

45. Dr Hilman Adil Cleland
Hubungan internasional sebagai subjek akademi dalam memperhatikan hubungan politik antar bangsa di dunia.

46. Edward Hallet Card
Hubungan internasional adalah suatu hubungan yang bersifat dinamis dan dialektis membahas perihal menciptakan perdamaian dunia.

47. Goerge Keanan
Hubungan internasional membahas prinsip dan tingkah laku dalam masyarakat sosial dunia.

48. Kenneth Waltz
Hubungan internasional adalah interaksi kekuatan politik dunia dalam bidang ideologi, sosial budaya, dan ekonomi dalam lingkup internasional.

49. Johan Galtung
Lebih menfokuskan pada struktural dalam politik global atas dasar metode “ilmu sosial dalam tatanan dunia internasional.

59. John Houston
Hubungan internasional adalah suatu studi yang membahas interaksi antara anggota-anggota dalam komunitas internasional atau mengenai tingkah laku aktor-aktor yang berpartisipasi dalam sistem politik internasional.

51. Tradisionalis
Hubungan internasional serupa dengan diplomasi dan strategi kerjasama atau konflik berskala internasional.

52. Prof. Charles Scleicher
Hubungan internasional sebagai hubungan di antara negara-negara bagian.

53. Norman Podelford & Goerge Lincoln
Hubungan internasional sebagai interaksi politik negara dengan pola hubungan kekuasaan yang berubah.

54. Harold & Margaret Sprout
Hubungan internasional sebagai “aspek-aspek interaksi dan hubungan komunitas politik independen di mana beberapa elemen oposisi, terdapat perlawanan atau konflik tujuan atau kepentingan.

55. Hartman
Hubungan Internasional sebagai bidang studi difokuskan pada proses di mana negara-negara menyesuaikan kepentingan nasional mereka dengan kepentingan negara-negara lain.

56. Palmer & Perkins
Hubungan internasional pada dasarnya berkaitan dengan negara sistem. Politik internasional menjadi aspek-aspek dari interaksi dan hubungan komunitas politik independen di mana beberapa elemen oposisi, perlawanan dan konflik.

57. Prof. Hans Morgenthau
Hubungan internasional adalah perebutan kekuasaan di antara bangsa-bangsa.

58. Frankel
Hubungan internasional mencakup kebijakan luar negeri semua negara dalam hubungan timbal balik mereka interaksi mereka serta dalam interaksi mereka dengan sistem internasional secara keseluruhan, dengan organisasi internasional, dan dengan kelompok sosial selain negara.

59. Trevor Taylor
Hubungan internasional adalah disiplin ilmu yang mencoba menjelaskan aktivitas politik lintas batas negara.

60. Encarta
Hubungan internasional adalah cabang ilmu politik yang mempelajari hubungan antar negara di dunia.

61. Joseph Ola
Studi tentang segala bentuk interaksi antara bangsa dalam sebuah sistem internasional.

62. Seymond Brown
Studi yang berhubungan dengan pola tindakan dan reaksi antar negara berdaulat. ·

63. Tini Rustini S.p.d
Hubungan internasional adalah hubungan antarnegara dalam berbagai aspek kehidupan dalam memenuhi tujuannya masing-masing.

64. Ernest Gellner
Ilmu sosial yang objektif yang merupakan konteks dalam masyarakat internasional.

65. Richard Ashley
Hubungan internasional adalah struktur dan dinamika sistem internasional dan cara-cara tertentu dalam tatanan internasional.

66. Chynthia Enloe
Hubungan internasional adalah struktur dan aturan sosial dalam masyarakat internasional.

67. Michael Mann
Sosiologi Internasional dalam kaitannya dengan teori kekuatan hubungan antara masyarakat manusia.

68. Immannuel Walertein
Hubungan ekonomi internasional yang memungkinkan setiap negara melakukan perdagangan intern.

69. Francis Fukuyama
Hubungan Internasional bahasan konflik interpretasi dalam bidang politik, ekonomi, sosial, dan hankam.

70. Terry Nardin
Hubungan Internasional adalah suatu prinsip yang diterapkan bahwa individu harus bertindak jujur dalam situasi tertentu khususnya dalam lingkup internasional.

71. Anonymous
Hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari tentang unit-unit sebagai bentuk inter-relasi bagian-bagian, biasanya mengacu pada sistem intern negara-negara. Dalam hal ini diakui adanya peranan-peranan dari pelaku non states seperti PBB, MNC, kelompok teroris, namun peranannya tidak sepenting states atau negara.

Sifat Serta Wujud Hubungan Internasional
Ada empat sifat hubungan internasional yang umum diketahui semua pihak, diantaranya adalah:

* Persahabatan – Hubungan yang terjalin dalam usaha untuk mencapai tujuan bersama, seperti kemakmuran, keamanan, dan perdamaian, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.
* Permusuhan – Kedua pihak memiliki tujuan saling menjatuhkan untuk membuktikan siapa yang akan menjadi pemenang. Bibit bibit permusuhan kedua pihak tidak selalu tampak dipermukaan.
* Persengketaan – Kedua pihak saling merebutkan batas wilayah geografis, klaim budaya, dan sebagainya, dimana kedua belah pihak sama-sama bersikeras untuk mempertahankan apa yang diyakininya.
* Peperangan – Tindakan fisik serta non fisik di antara kedua pihak atau lebih kelompok guna melakukan dominasi dan supremasi wilayah yang dipertentangkan.

Sedangkan Wujud Hubungan Internasional dapat dibuktikan dengan bentuk sebagai berikut:

* Individual ( Turis mancanegara melakukan transaksi timbal balik dengan penduduk lokal )
* Antar kelompok ( Lembaga atau organisasi negara A melakukan negosiasi dengan Lembaga atau organisasi negara B dan sebaliknya )
* Antar Negara ( Kerjasama dalam bidang ekonomi, kebudayaan, teknologi antara dua negara atau lebih )