Blog

7 Cara Mengobati Gigi Berlubang Yang Sakit Dengan Alami Dan Ketahui Penyebabnya

Ilustrasi sakit gigi. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Minerva Studio Merdeka.com – Cara mengobati gigi berlubang yang sakit menjadi penyelamat bagi orang-orang yang mendapati gangguan masalah kesehatan tersebut. Gigi yang berlubang bisa menjadi sangat sensitif dan menimbulkan sakit luar biasa jika terdapat makanan yang terselip ataupun beberapa faktor penyebab lainnya.

Biasanya seseorang yang terserang sakit gigi juga akan mengalami gejala penyerta seperti meriang, demam, sakit kepala yang membuat Anda semakin menderita. Salah satu kasus yang paling sering adalah sakit gigi akibat gigi berlubang, namun juga dapat disebabkan faktor lainnya seperti gigi yang hendak tanggal (biasa terjadi pada anak-anak dalam masa pergantian gigi susu menjadi dewasa).

Gangguan kesehatan gigi berlubang ini dapat dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia, bisa terjadi pada usia anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia. Untuk itu Anda perlu tahu cara mengobati gigi berlubang yang alami dan paham apa saja sebenarnya yang menjadi penyebab gigi berlubang. Berikut ulasan 7 cara mengobati gigi berlubang beserta dengan penyebabnya dari berbagai sumber.

Cara Mengobati Gigi Berlubang yang Sakit dengan Lemon
Untuk menghilangkan sakit gigi pada gigi yang berlubang secara alami, Anda dapat menggunakan buah lemon. Asam yang ada pada lemon memiliki fungsi sebagai alkali alami agar kadar PH yang ada di dalam mulut dapat kembali seimbang.

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Lemon ini juga dipercaya ampuh untuk membasmi kuman serta bakteri yang menyebabkan tumbuhnya lubang pada gigi Anda. Caranya cukup dengan memeras satu buah lemon kemudian tuangkan segelas air hangat dan pakailah untuk berkumur sebanyak tiga kali sehari agar bakteri hilang.

Cara Mengobati Gigi Berlubang yang Sakit dengan Belimbing Wuluh
Selanjutnya Anda dapat menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh gigi berlubang dengan menggunakan belimbing wuluh. Buah ini mengandung rasa asam yang sangat berguna sebagai antibakteri dan begitu efektif untuk membasmi bakteri jahat di dalam mulut.

©2019 Shutterstock

Caranya dengan menumbuk halus dua buah belimbing wuluh yang belum matang terlebih dahulu. Lalu Anda dapat mengoleskan hasil tumbukannya kepada bagian gigi yang mengalami sakit.

Cara Mengobati Gigi Berlubang yang Sakit dengan Garam
Garam diketahui memiliki kandungan sodium yang sangat tinggi, dan hal ini membuatnya berguna untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang pada mulut Anda. Garam merupakan antiseptik yang sangat alami guna mencegah bau pada mulut Anda.

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Untuk mengobati sakit gigi yang diakibatkan oleh gigi berlubang, Anda cukup memasukkan 2 sdm garam ke dalam air hangat kemudian aduklah hingga melarut. Setelah itu, gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur setiap kali sesudah melakukan sikat gigi agar mampu membasmi bakteri.

Cara Mengobati Gigi Berlubang yang Sakit dengan Daun Sirih
Cara mengobati gigi berlubang yang sakit selanjutnya adalah dengan memanfaatkan daun sirih. Daun ini merupakan resep yang dipercaya sejak zaman nenek moyang dan sangat ampuh untuk menghilangkan sakit gigi akibat adanya lubang.

© iStock

Jika Anda pernah melihat nenek-nenek tua sedang mengunyah sesuatu hingga bibirnya berwarna merah, nenek tersebut sedang mengunyah daun sirih. Daun sirih ini dipercaya mampu memperkuat gigi serta dapat menghentikan pendarahan gusi, selain itu juga mampu menghilangkan bau mulut lantaran berguna sebagai antiseptik alami. Anda dapat mengaplikasikan daun sirih ini dengan cara dikunyah ataupun direbus dan kemudian dijadikan obat berkumur.

Cara Mengobati Gigi Berlubang yang Sakit dengan Daun Jambu Biji
Daun jambu biji juga dapat Anda gunakan sebagai cara mengobati gigi berlubang yang sakit. Daun biji berguna sebagai antibakteri dan dapat menjaga kesehatan mulut Anda, daun ini juga sangat efektif untuk digunakan sebagai penghilang rasa sakit pada gigi.

©2015 Merdeka.com/flickr/Subash BGK

Hal tersebut lantaran daun jambu biji memiliki sifat antiiflamasi, antibakteri dan analgesi yang sangat kuat. Sama seperti daun sirih, kamu dapat menjadikannya obat sakit gigi dengan cara langsung mengunyahnya, atau merebusnya untuk kemudian dijadikan obat berkumur.

Dengan Bawang Merah & Putih
Cara mengobati gigi berlubang yang sakit berikutnya dapat dilakukan dengan menggunakan bawang merah dan bawang putih. Jenis bawang yang kerapkali ditemukan di dapur ini berfungsi sebagai antiseptik alami untuk kesehatan mulut Anda sehingga dapat membunuh kuman serta bakteri berbahaya.

© foodandnutrition.org

Caranya dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah atau putih, kemudian tambahkan sedikit garam. Lalu Anda dapat mengoleskannya pada bagian gigi berlubang yang sakit.

Cara Mengobati Gigi Berlubang yang Sakit dengan Asam Jawa
Asam Jawa merupakan bahan alami lainnya yang dapat dijadikan cara mengobati gigi berlubang yang sakit. Sama halnya seperti bawang merah dan putih asam Jawa juga berguna sebagai antiseptik alami.

Cara menghilangkan sakit gigi dengan asam Jawa cukup mudah, yakni sangrai biji asam Jawa terlebih dahulu. Selanjutnya Anda dapat menempelkannya pada bagian gigi yang sakit akibat lubang.

Penyebab Gigi Berlubang
Adapun beberapa penyebab gigi berlubang yang perlu untuk Anda perhatikan. Berikut adalah penyebab gigi berlubang dilansir dari Liputan6.com:

1. Jarang menyikat gigi

Penyebab gigi berlubang selanjutnya adalah jarang menggosok gigi. Ketika Anda jarang dan malas menggosok gigi, maka bakteri dan kuman dari sisa-sisa makanan otomatis akan berkembang biak dengan sangat cepat. Hal ini akan menyebabkan gigi berlubang. Untuk itu, rajinlah menyikat gigi 2 kali sehari. Setelah sarapan dan sebelum tidur.

2. Cara menyikat gigi yang salah

Menyikat gigi dengan asal-asalan sangat tidak disarankan karena mampu membuat sisa makanan yang ada pada gigi tidak akan terbasmi dengan sempurna. Hal tersebut mampu menyebabkan kuman pada sisa makanan membuat gigi menjadi berlubang. Maka dari itu, mulailah terapkan cara menyikat gigi dengan benar selama minimal 2 menit.

3. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis

Saat Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, bakteri justru semakin nyaman bersarang di dalam mulut Anda. Bakteri yang berkembang akan mengubah zat-zat menjadi asam laktat yang kemudian mulai mengikis gigi secara perlahan.

4. Alat menyikat gigi yang salah

Memakai sikat gigi dan pasta gigi yang tidak sesuai ternyata merupakan faktor yang menyebabkan lubang pada gigi. Misalnya Anda memiliki mulut berukuran kecil namun memakai sikat gigi yang besar. Hal ini tentu akan membuat sikat gigi tidak dapat menjangkau semua gigi dengan sempurna sehingga sisa makan yang tertinggal dalam mulut tidak terbasmi dengan baik.

[bil]