Blog

6 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dalam 5 Menit

Saat sakit gigi datang, segala aktivitas pun jadi terhadang. Jangankan untuk beraktivitas, makan saja Anda tidak leluasa. Lantas bagaimana kalau Anda saat itu sedang tidak bisa

Tidak perlu khawatir. Anda bisa redakan sementara dengan bahan yang ada di rumah. Berikut ini delapan cara menghilangkan sakit gigi yang bisa Anda lakukan. Mudah dan cepat!

1. Oleskan minyak cengkih
Sejak dulu, minyak cengkih sudah sering digunakan sebagai cara menghilangkan sakit gigi. Di dalamnya terdapat eugenol, yang merupakan antiseptik alami. Jadi, bisa membantu mengurangi peradangan dan menurunkan nyeri.

Cara pakai: Teteskan minyak cengkih ke bola kapas, lalu ditempelkan ke area gigi yang sakit. Minyak cengkih juga bisa dicampur dengan minyak zaitun dan air, lalu ditempelkan ke gigi yang luka. Cara lain, campurkan beberapa tetes minyak cengkih ke segelas air, lalu jadikan cairan kumur.

Baca juga:Tidak Cuma Minum, Begini Cara Mengatasi Tenggorokan Kering

2. Berkumur dengan air garam
Air garam juga dapat menjadi cara meredakan sakit gigi dengan cepat. Selain itu, juga dapat membantu menyembuhkan luka, mengurangi peradangan, serta mengangkat kotoran yang tersangkut di sela-sela gigi.

Cara Pakai: Campur setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat. Lalu, berkumurlah beberapa kali untuk meringankan rasa sakit.

3. Pakai pasta gigi khusus gigi sensitif
Punya pasta gigi khusus untuk gigi sensitif di rumah? Ini juga bisa Anda pakai untuk meredakan nyeri gigi. Umumnya, pasta gigi jenis ini memang dibuat untuk meredakan sakit gigi dan sebagai perawatan untuk gigi yang terluka.

Cara Pakai: Setelah menggosok gigi seperti biasa, oleskan sedikit pasta gigi khusus gigi sensitif di sekitar gigi atau gusi yang bermasalah. Lakukan dua kali sehari untuk mengurangi nyeri.

4. Kunyah daun jambu biji
Daun jambu biji mengandung zat antiinflamasi (anti peradangan) dan zat antimikroba (zat yang menekan pertumbuhan mikroba). Keduanya bisa membantu meredakan sakit gigi secara alami.

Cara Pakai: Kunyah langsung daun jambu biji segar ketika rasa sakit menyerang. Atau, Anda juga bisa menumbuh daun tersebut, lalu campur dengan air hangat dan jadikan cairan kumur.

5. Aplikasikan bawang putih
Bumbu dapur yang satu ini kerap dimanfaatkan untuk pengobatan. Sebab, zat yang terkandung di dalamnya mampu membunuh bakteri berbahaya penyebab plak gigi. Bawang putih juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri.

Cara Pakai: Tumbuk bawang putih, bubuhi sedikit garam, lalu tempelkan ke area gigi yang bermasalah.

6. Kompres dengan air dingin
Menggunakan kompres dingin bisa membantu mengerutkan pembuluh darah, sehingga rasa sakit dan peradangan berkurang.

Cara Pakai: Siapkan kantung es, bungkus dengan handuk, lalu tempelkan ke area gigi yang sakit. Lakukan beberapa kali untuk meredakan sakit gigi

Itulah beberapa cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit secara alami yang bisa Anda coba. Agar sakit gigi ini tidak berlanjut, sebaiknya Anda menjaga kesehatan gigi dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari.

Baca juga:Kepala Pusing dan Mual Gejala Penyakit Apa? Ini Penjelasannya

Namun, bila kondisi sakit gigi yang Anda alami memburuk disertai kondisi lain seperti demam, pembengkakan, atau gusi merah hingga mengeluarkan nanah, sebaiknya segera ke dokter.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter gigi melalui AlteaCare untuk mendapat penanganan yang tepat. Segera unduh aplikasinya di Google Play store dan App store ponsel Anda!

Sumber:

* Insider. Diakses pada 2021. Four home remedies to get rid of a toothache when you can’t see a dentist.
* MedicineNet. Diakses pada 2021. 16 Home Remedies for Toothache.
* Healthline. Diakses pada 2021. 10 Home and Natural Remedies for Toothache Pain.