Blog

6 Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya Sampai Tuntas

Enam Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Sampai Tuntas
Saat mengatasi jerawat, baiknya lakukan dengan benar agar mencegah meninggalkan bekas jerawat. Semakin awal jerawat dirawat dan coba diatasi, maka semakin kecil kemungkinan muncul noda dan luka bekas jerawat.

1. Gunakan produk skincare khusus
Cara hilangkan jerawat komedo, papula, dan pustula adalah dengan merawat menggunakan produk skincare khusus untuk kulit berjerawat ditambah dengan obat jerawat yang dijual bebas. Biasanya produk-produk ini mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mengatasi jerawat, seperti benzoyl peroxide, salicylic acid, retinol, niacinamide, atau adapalene.

2. Konsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan obat
Untuk jerawat parah seperti nodul dan kistik, harus ditangani oleh dokter kulit agar tidak meninggalkan bekas permanen di kulit wajah. Dokter kulit kemungkinan akan meresepkan Anda obat minum atau obat oles untuk membantu mengatasi jerawat ini.

3. Rajin melakukan eksfoliasi dan menggunakan sunscreen
Jika jerawat sudah terlanjur meninggalkan bekas, maka Anda bisa memudarkan bekas jerawat dengan pemakaian produk-produk skincare untuk menghilangkan bekas jerawat secara teratur dan rajin melakukan eksfoliasi kulit berjerawat. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen karena noda hitam bisa bertambah parah akibat paparan sinar UV dari matahari.

4. Lakukan treatment khusus di klinik kecantikan
Kalau Anda punya dana lebih dan butuh cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas dengan cepat, maka dapat melakukan perawatan yang dilakukan dokter kulit di klinik kecantikan, berupa terapi laser, chemical peeling, dan mikrodermabrasi.

5. Jangan lupa dengan skincare dasar
Untuk perawatan kulit wajah sehari-hari sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas, paling tidak lakukan perawatan mendasar, yaitu membersihkan, melembapkan, dan melindungi kulit. Bersihkan wajah setiap pagi sebelum beraktivitas dan pada malam hari sesudah beraktivitas. Setelahnya, Anda bisa aplikasikan serum untuk kulit berjerawat atau obat jerawat, lalu aplikasikan pelembap. Pada skincare routine pagi hari, akhiri dengan aplikasi sunscreen.

6. Jangan menyentuh jerawat
Hindari memegang, mengutak-atik, dan memencet jerawat karena selain dapat membuatnya semakin meradang, juga berpotensi besar untuk meninggalkan bekas luka. Selain itu, biasanya untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan wajah.