Blog

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT AHLI

Yang kita ketahui bahwa pendidikan sebagai wadah atau tempat seseorang dalam belajar, mencari tahu, menganalisis dan menyimpulkan sesuatu dan kemudian menjadi tahu dan bisa. Dibawah ini beberapa pengertian pendidikan menurut beberapa ahli, sebagai berikut:

1. Menurut Sujana (2019, p. 29) mengatakan “Pendidikan adalah upaya untuk membantu jiwa anak-anak didik baik lahir maupun batin, dari sifat kodratnya menuju Kearah peradaban manusiawi yang lebih baik, sebagai contoh dapat dikemukakan; anjuran atau arahan untuk anak duduk lebih baik, tidak berisik agar tidak mengganggu orang lain, mengetahui badan bersih seperti apa, rapih pakaian, hormat pada orang yang lebih tua dan menyayangi yang muda, saling peduli satu sama lain, itu merupakan sebagian contoh proses pendidikan untuk memanusiakan manusia.” Adapun pengertian lain yaitu pendidikan merupakan proses berkelanjutan yang tidak pernah berhenti (never ending proces), sehingga dapat menghasilkan yang berkesinambungan, yang diperlihatkan pada manusia masa depan, yang berpedoman nilai-nilai budaya dan pancasila.

Baca Juga:Model-Model pembelajaran Efektif Untuk Di Sekolah

2. Menurut Munib (2004) mengatakan “Pendidikan adalah usaha sadar dan sistematis, yang dilakukan orang-orang yang diserahi tanggung jawab untuk mempengaruhi perserta didik agar mempunyai sifat dan tabiat sesuai dengan cita-cita pendidikan.” Makadari itu pendidikan diharapkan menjadi sebuah tempat untuk setiap perserta didik dalam mencapai pendewasaan dan kemandirian.

3. Menurut Kemdiknas (2003) mengatakan “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan sepiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak yang mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.”

Baca juga:Pengertian Mtematika Menurut 6 Para Ahli

4. Menurut Wahyudin (2009) mengatakan “pendidikan adalah humanisasi (upaya memanusiakan manusia) yaitu suatu upaya dalam rangka membantu manusia (peserta didik) agar mampu hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya.”

5. Menurut Soeprapto (2013, p. 266) Mengatakan “Pendidikan, terutama pendidikan formal adalah salah satu proses dalam hidup bermasyarakat dan berbangsa yang penting. Sumber manusia yang terdidik sebagai hasil pendidikan akan besar berpengaruhnya pada perkembangan hidup bermasyarakat dan berbangsa.”

Baca Juga:Jenis-jenis Bullying, Wajib Diketahui

Jangan Lupa Belangganan (Gratis) dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel terbaru Dari Journal Extract. Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Kemdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Kementerian Pendidikan Nasional: Jakarta.

Munib, A. (2004). Pengantar Ilmu Pendidikan. UPT MKK UNNES: Semarang.

Soeprapto, S. (2013). Landasan aksiologis sistem pendidikan nasional Indonesia dalam perspektif filsafat pendidikan. J Cakrawala Pendidikan(2), 87792.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. J Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Wahyudin, D. (2009). Pengantar Pendidikan. Universitas terbuka: Jakarta.