Blog

5 Pengertian Media Menurut Para Ahli

5 Pengertian Media Menurut Para Ahli – Media merupakan kata yang tidak asing bagi telinga kita. Hampir di setiap tempat kata tersebut muncul Kita dapat menyebutkan macam-macam media dengan mudah. Di sekolahpun guru sering menyebut kata media pembelajaran yang melengkapi intensitas kita mendengar istilah tersebut.

Media dibagi dalam 3 jenis yaitu media visual yaitu media yang dapat dilihat (contohnya Koran dan majalah), media audio yaitu mendia yang dapat didengar saja ( radio dan mp3), media audiovisual adalah media yang dapat dilihat dan didegarkan ( contohnya film dan video). Lalu sebenarnya apakah yang disebut dengan media itu? Media berdasarkan etimologi, merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang dapat diartikan sebagai antara atau sedang sehingga pengertiannya dapat mengarah pada sesuatu yang mengantar atau meneruskan informasi antara sumber dan penerima pesan.

Selain menurut etimologis, media memiliki banyak pengertian beberapa ahli memberikan pendapatnya mengenai pengertian dari media. Berikut 5 pengertian media menurut para ahli bahasa:

Media merupakan orang, material, ataupun kejadian yang dapat menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap baru, dalam pengertian meliputi buku, guru, dan lingkungan sekolah

1. Menurut Blake dan Horalsen

Media merupakan saluran komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan antara pemberi pesan dengan penerima pesan.

Media merupakan komponen strategi penyampaian yang dapat dimuati dengan pesan yang akan disampaikan kepada pembelajar yang dapat berupa alat, bahan, dan orang.

Media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan kepada penerima pesan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar mengajar berlangsung dengan efisien dan sesuai dengan yang diharapkan,

Media merupakan alat atau sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Ada beberapa pakar psikologi yang memandang bahwa media yang paling mendominasi dalam komunikasi antarmanusia adalah panca indera seperti mata dan telinga. Pesan-pesan yang diterima oleh panca indera tersebut kemudian akan diteruskan ke pikiran manusia untuk kemudia diproses. Pikiran manusia kemudian akan mengontrol dan menentukan sikap apa yang akan dilakukan sebagai tanggapan terhadap rangsangan. Hasil pemikiran ini kemudian diwujudkan dalam bentuk nyata dengan sebuah tindakan.

Demikian lah 5 pengertian media menurut para ahli meskipun tidak sama persis pendapat satu ahli dengan ahli lainnya namun secara umum kelima pegertian yang dipaparkan oleh 5 ahli tersebut mengandung makna yang sama. Dapat disimpulkan dari pendapat kelima ahli tersebut bahwa media merupakan alat, sarana, perantara, dan penghubung untuk menyebarkan atau menyampaikan suatu pesan, gagasan, maupun informasi antara pemberi informasi dengan penerima informasi. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda.

Artikel Lainnya :

* 10 Contoh Negara Maju dan Berkembang