Blog

5 Definisi Ilmu Politik Menurut Para Ahli

5 Definisi Ilmu Politik Menurut Para Ahli – Berbicara mengenai politik memang tidak akan ada habisnya, setiap saat selalu ada-ada saja yang jadi tranding topic utuk dibicarakan. Mulai dari masalah masyarakat hingga ke ranah pemerintah.

Secara estimologi, politik berasal dari bahasa Yunani, polis yang berarti kota atau negara kota. Berkembang menjadi polites yang artinya warganegara, politeia yang artinya semua yang berhubunga dengan negara, polotika yang berarti pemerintahan negara dan politikos yang artinya kewarganegaraan. Ilmuan politik sering terlihat bekerja pada pemerintahan. Di partai politik, atau yang memeberikan pelayanan publik. Dan termasuk dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau pergerakan politik. Dalam berbagai kapasitas orang yang dididik dan dilatih dalam ilmu politik dapat memberikan nilai tambah yang menyumbangkan keahlian pada perusahaan.

Untuk lebih jelas mengenai pengertian politik, berikut akan dijelaskan mengenai 5 Definisi Ilmu Politik Menurut Para Ahli, diantara yaitu:

Dalam bukunya Introduction to Politics, Ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari negara, tujuan-tujuan negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan-tujuan itu, hugungan antara negara dengan warga negaranya serta dengan negara-negara lain.

Dalam bukunya Ilmu Politik, Ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari kehidupan suatu negara yang nerupakan bagian dari kehidupan manusia, ilmu politik mempelajari negara-negara itu melakukan tugas-tugasnya.

Dalam bukunya Political Analysis, Ilmu politik adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijakan umum untuk seluruh masyarakat.

Dalam bukunya The University Teaching of social sciences, Ilmu politik adalah mempelajari kekausaan masyarakat yaitu hakiki, dasar, proses-proses, ruang lingkup dan hasil-hasil. Fokus perhatian seorang sarjana ilmu politik terjutu pada perjuangan untuk mencapai atau mempertahankan kekuasaan, melaksanakan kekuasaaan atau pengaruh atas orang lain, menentang pelaksanaan kekuasaan itu.

Dalam bukunya The Political System ,Ilmu politik adalah studi mengenai terbentuknya kebijakan umum. Menurutnya kehidupan politik mencakup bermacam-mcam kegiatan yanag mempengaruhi dengan kibijakan dari pihak yang berwenang yang diterima oleh suatu masyarakat dan yang mempengaruhi cara untuk melaksanakan kebijakan itu. Kita juga bisa ikut berpartisipasi dalam kehidupan politik apabila aktivitas kita ada hubungannya dengan pembuatan dan pelaksaan kebijakan untuk suatu masyarakat.

Jadi ilmu politik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang negara dan seluruh kehidupan di dalamnya yang berhubungan dengan warga, pemerintahan, kebijakan, aturan dan hukum yang berlaku pada negara tersebut. Dan itulah tadi 5 Definisi Ilmu Politik Menurut Para Ahli, dengan penjelasan yang telah dijabarkan di atas dapat menambah wwasan dan pengetahuan mengenai ilmu politik dan tidak salah artikan mengenai ilmu politik. Tentunya pengetahuan ini tidak hanya untuk anak-anak sekolah dan orang-orang berpendidikan namun juga untuk masyarakat luas yang belum paham mengenai ilmu politik.

Artikel lainnya :