Blog

40 Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli Dan Penjelasan Secara Umum

Pengertian ilmu ekonomi itu apa sih?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli, ada baiknya kita dari mana kata ini berasal. Kenapa, supaya kita mengetahui secara umum ilmu ekonomi dan bisa jawab ketika ada pertanyaan seperti itu.

Gini sob.

Kosa kata “ekonomi” itu sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan νόμος (nomos), atau “peraturan, aturan, hukum,”. Jadi secara umum (garis besar) dapat diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.” Sehingga yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja. Dan Pelaku Ekonomi adalah semua pihak yang melakukan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, dan konsumsi), baik itu perorangan maupun organisasi (pemerintah atau swasta).

Jadi sekarang sudah jelas bukan, apa itu ilmu ekonomi, ekonom (ahli ekonomi) dan pelaku ekonomi.

Yah, sama aja sih bro dengan blog yang lain…

Eits tunggu dulu…

Beda dong bro. Untuk itulah kenapa Anda kesini, bukan nyasar dong ya tetapi beneran sedang mencari referensi definisi atau pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli, ya kan?

So, jangan beranjak dulu dong, baca baca dulu dan mampir juga ke: Pengertian Manajemen Secara Umum.

Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum
Nah, tadi kan kita sudah melihat apa itu ilmu ekonomi. Sekarang saatnya kita lebih serius barang kali tadi masih kurang serius. Karena pada dasarnya, membahas ilmu ekonomi itu perlu keseriusan, tapi ingat harus tetap santai ya bro.

Sekarang mari kita lihat apa itu pengertian ilmu ekonomi secara umum berdasarkan KBBI, Wiki dan Ensiklopedia.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Ilmu ekonomi adalah ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (seperti hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan) serta berbagai hal mengenai pemanfaatan uang, tenaga, waktu, dan sebagainya yang berharga.

Ensiklopedi Indonesia
Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala dan hubungan yang timbul dari usaha tersebut.

Wikipedia
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.

Dari ketiga definisi diatas, dapat dikatakan bahwa ketidak seimbangan antara kebutuhan manusia dan alat pemuasnya, menyebabkan orang untuk mengusahakan sehingga timbulan aktivitas produksi, distribusi dan perdagangan. Dari sini kemudian tercipta alat penukaran, pertemuan kedua pihak dan ada hukum yang berlaku.

Setelah kita melihat secara umum, kini saatnya kita akan melihat pendapat para ahli tentang pengertian ilmu ekonomi. Yang namanya ahli, tentu mereka yang sudah dianggap kompeten dalam mendefinisikan, ya paling tidak mungkin seorang ahli ekonomi (menyelesaikan pendidikan doktoralnya atau bahkan seorang Profesor ).

baca juga: Pengertian ilmu ekonomi mikro menurut para ahli.

Berikut penjelasan selengkapnya:

Abraham Maslow

Ilmu ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian dimana ilmu ini mencoba untuk menyelesaikan masalah atas keperluan manusia melalui berbagai sumber ekonomi yang sudah ada berdasarkan kepada teori dan prinsip tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang sudah dianggap efektif dan efisien.

A. C. Pigou

Ilmu ekonomi adalah satu kajian untuk menambahkan jumlah pengeluaran untuk meningkatkan taraf hidup.

Adam Smith

Ilmu ekonomi merupakan ilmu secara sistematis memprlajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu

Alfred W

Ilmu ekonomi dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu ilmu ekonomi deskriptif, teori ekonomi, dan ilmu ekonomi terapan.

Alfred Marshall

Ilmu ekonomi merupakan ilmu atau studi yang mempelajari kehidupan manusia sehari-hari.

Albert Meyers

Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu tentang pengetahuan yang membahas mengenai berbagai jenis persoalan untuk memenuhi kebutuhan hidup dari setiap manusia.

Amwal

Ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu yang menjelaskan mengenai bagaimana menentukan keputusan yang efektif dalam mengelola sumber daya yang ada dalam rangka memenuhi kebutuhan individu atau masyarakat.

Aristoteles

Pengertian ilmu ekonomi menurut Aristoteles merupakan sebagai sutau cabang dapat digunakan dengan dua jalan yaitu kemungkinan untuk dipakai dan kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang. Nilai pemakaian dan nilai pertukaran.

Case and Fair

Ilmu ekonomi adalah studi tentang bagaimana individu dan masyarakat mengambil pilihan untuk menggunakan sumber daya yang langka yang telah disediakan oleh alam dengan generasi sebelumnya.

Edwin Cannan

Ilmu ekonomi adalah suatu studi yang bertujuan untuk menerangkan faktor-faktor umum yang menentukan kebijakan material.

Frank Knight

Ilmu ekonomi adalah ilmu atau studi mengenai cara menindak lanjut hubungan yang terkait dengan segala hal yang bersifat ekonomis.

Hennipman

Ilmu ekonomi adalah ilmu atau studi yang bertugas untuk menganalisis manusia dan rekasi yang diberikannya dalam kehidupan ekonomi.

Gunnar Myrdal

Ilmu ekonomi adalah cabang ilmu dari ilmu sosial, sehingga ilmu ekonomi tidak terlepas kaitannya dengan ilmu sosial lainnya, seperti politik, psikologi, geografi, antropologi dan lain sebagainya.

J . S. Mill

Menurutnya, ilmu ekonomi adalah ilmu praktis tentang produksi dan distribusi kekayaan.

J . B. Say

Menurut ahli ilmu ekonomi ini, beliau menyebutkan bahwa ekonomi sebagai suatu kajian tentang peraturan yang bisa menentukan kekayaan.

J. M. Keynes

Ilmu ekonomi adalah suatu teknik berpikir yang mempunyai kegunaan untuk mempertimbangkan sejumlah biaya serta bagian dari keuntungan.

Jack Hirshleifer

Ilmu ekonomi merupakan studi tentang keputusan dalam memilih di antara berbagai tindakan yang mungkin di ambil, atau ilmu ekonomi juga mempelajari apa yang terjadi bila keputusan bermacam-macam orang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.

Jacob Louis Mey Jr

Ilmu ekonomi adalah salah satu dari ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai segala usaha manusia untuk mencapai tujuan ke arah yang disebut kemakmuran di dalam kehidupannya.

Jean-Baptiste Say

Ilmu ekonomi adalah suatu kajian tentang peraturan yang bisa menentukan kekayaan.

John Stuart Mill

Ilmu ekonomi adalah ilmu praktis tentang produksi dan distribusi kekayaan.

J. Van Zwijnregt

Ilmu ekonomi adakah cabang ilmu atau studi pengetahuan yang mempelajari setiap usaha manusia untuk tercapainya suatu kemakmuran.

Khursid Ahmad

Ilmu ekonomi merupakan suatu upaya sistematis yang mencoba memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungan dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang islam.

Lionel Robbins

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia sebagai kaitan antara tujuan (ends) dan sarana yang langka (scarce means) yang mempunyai banyak alternatif kegunaan.

Louis Cantori

Definisi louis berbeda dengan para ahli diatas, menurutnya ilmu ekonomi adalah masalah yang menjamin berputar nya harta diantara manusia, sehingga manusia bisa memaksimalkan fungsi hidupnya sebagai hamba Allah untuk mencapai falah di dunia dan akhirat.

Mel Vilye J Ulmer

Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang membahas tentang kegiatan pokok perekonomian, yaitu produksi, distribusi dan konsumsi.

M. Manullang

Ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari masysrakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran (kemakmuran suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik yang berupa barang-barang maupun jasa).

M. Akram Khan

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang bertujuan mempelajari kesejahteraan manusia (falah) yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama dan pertisipasi.

N. Gregory Mankiw

Ilmu ekonomi adalah studi mengenai cara masyarakat dalam mengelola sumber-sumber daya yang langka.

Oscar Langen

Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tata administrasi dari berbagai sumber baik kecil maupun besar dan dianalisa sedemikian rupa hingga bisa dipergunakan bagi kehidupan manusia secara maksimal dan sebaik-baiknya.

Penson

Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang selalu mendalami mengenai kesejahteraan material di setiap diri manusia.

Prof. Paul Anthony Samuelson

Ilmu ekonomi adalah studi tentang manusia dalam kegiatan hidup mereka sehari-hari untuk mendapat dan menikmati kehidupan.

Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat memiliki keinginan yang tidak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memuaskan keinginan mereka.

Richard G. Lipsey

Ahli ekonomi ini menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka guna mesia yang tidak terbatas.

Samuekon

Ilmu ekonomi adalah suatu studi yang menganalisis kerugian dan keuntungan meningkatkan pola-pola tertentu dalam pemakaian sumber daya.

Suherman Rosydi

Ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berdaya upaya untuk memberikan pengetahuan dan pengertian tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai kemakmuran.

Von Neumann dan Mogenstern

Ilmu ekonomi merupakan disiplin ilmu yang sayang sekali bila tidak diperlakukan secara tidak ilmiah karena para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi solusi-solusi untuk menghadapi masalah-masalah mendesak pada saman itu.

Van Der Valk

Ilmu ekonomi adalah cabang dari studi pengetahuan yang selalu mempelajari mengenai setiap tindakan ekonomis yang dilakukan oleh setiap manusia yang disertakan juga dengan akibat yang bisa saja timbul karena setiap tindakan ekonomis itu.

Willian Beveridge

Ilmu ekonomi adalah suatu kajian mengenai cara manusia bekerjasama untuk mendapatkan keperluan material

Nah, diatas kita sudah membahas tentang pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli, dan tentu saja kesimpulannya ilmu ekonomi itu merupakan usaha untuk memenuhi kesenjangan antara kebutuhan dan pemuas kebutuhan. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa ekonomi itu wajib diusahakan dengan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan perdagangan).

Sumber referensi

zonareferensi.com/

yuksinau.id/

id.wikipedia.org/

maxmanroe.com/

sumber gambar:

pixabay.com

sumber gambar:

pixabay.com