Blog

4 Cara Mengembalikan Indra Penciuman Sederhana Tapi Ampuh

Suara.com – Keluhan indra penciuman yang melemah atau menghilang kemampuannya banyak muncul selama pandemi Covid-19 ini melanda. Tentu saja, hal ini bisa disiasati dengan beberapa cara yang sebenarnya cukup sederhana. Cara mengembalikan indra penciuman bisa Anda lihat di sini.

Kehilangan indra penciuman sendiri disebut dengan anosmia. Istilah ini populer saat pandemi menyerang, dan salah satu gejala yang dirasakan adalah hal tersebut. Sialnya tak kemudian ketika sembuh, penciuman langsung kembali normal.

Cara Mengembalikan Indra Penciuman

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan indra penciuman yang hilang, antara lain:

Baca Juga: Peneliti: Nasal Vitamin A Mungkin Bisa Kembalikan Penciuman Usai Covid . Menggunakan Benda Berbau Kuat

Menggunakan benda berbau kuat dan khas bisa jadi cara yang digunakan untuk melatih kembali sensitivitas indra penciuman. Misalnya saja seperti minyak kayu putih, atau jeruk, bunga mawar, dan bau kuat lainnya.

Sangat dianjurkan tidak menggunakan bau-bauan yang justru bisa merusak pernapasan. Ingat, Anda ingin penciuman kembali, bukan menambah masalah baru.

Ilustrasi hidung. (Shutterstock)2. Konsumsi Bawang Putih

Kandungan antivirus yang ada di bawang putih bisa membantu membunuh kuman dan meningkatkan imunitas tubuh. Secara rutin ketika dikonsumsi, indra penciuman bisa lekas kembali seperti semula.

Baca Juga: Kehilangan Indra Penciuman akibat Virus Corona Bisa Turunkan Berat Badan

Hancurkan 4 sampai 5 siung bawang putih, kemudian campur ke air mendidih, rebus kembali selama 2 menit, tambahkan garam, dan minum selagi masih hangat.

3. Konsumsi Jahe

Aroma jahe tentu mudah sekali dikenali oleh siapa saja yang pernah menciumnya. Selain mencium aroma khas jahe, Anda juga bisa menggunakan jahe dengan cara direbus.

Pertama, kupas dan potong jahe mentah, kemudian seduh satu sendok makan jahe dengan dua cangkir berisi air panas lalu diamkan selama 15 menit. Minumlah secara rutin untuk hasil yang lebih optimal.

Ilustrasi jahe. (Pixabay/jmexclusives)4. Konsumsi Obat yang Disarankan Dokter

Mungkin dari cara mengembalikan indra penciuman yang ada di atas tadi, cara ini bisa jadi cara yang memiliki tingkat keberhasilan paling tinggi.

Pasalnya setelah berkonsultasi dengan dokter, Anda akan mendapatkan diagnosa tepat dan rekomendasi hal apa yang bisa paling membantu. Anda juga bisa saja mendapatkan obat untuk mendukung proses pemulihan ini.

Semoga, empat cara mengembalikan indra penciuman di atas bisa jadi informasi yang berguna. Selamat mencoba, dan selalu jaga kesehatan ya!

Kontributor: I Made Rendika Ardian