Blog

3 Cara Menghapus Akun Instagram Enggak Pakai Ribet

VIVA– Cara menghapus akun Instagram tidaklah sulit. Ada beberapa cara yang direkomendasikan sehingga tidak memakan waktu ketika Anda sudah bosan dengan akun Instagram Anda. Seperti diketahui, akun Instagram salah satu media sosial yang saat ini sudah memiliki banyak pengguna. Para pengguna memakai akun Instagram karena kebutuhan interaksi sosial, berjualan, atau ingin selalu mengikuti kehidupan sang idola bahkan orang lain.

Instagram juga saat ini sebagai salah satu wadah agar seseorang menjadi selebriti. Itulah ada sebutan selebgram yaitu selebriti Instagram. Oleh karena banyaknya iklan, bosan dengan akun yang dimiliki, seseorang jadi ingin menghapus akun Instagramnya. Berikut 3 cara menghapus akun Instagram dengan sangat mudah:

1. Cara menghapus akun Instagram sementara
Cara ini bisa dilakukan baik menggunakan laptop atau ponsel:

* Buka browser pada ponsel atau laptop, lalu buka situs

* Masuk ke akun Instagram dengan menggunakan email atau username dan kata sandi.

* Masuk ke menu profil dan pilih edit profil.

* Gulir sampai bawah hingga menemukan ‘Temprorarily Disable My Account’ atau ‘Nonaktifkan sementara Akun Saya’.

* Lalu pilih salah satu alasan kenapa Anda ingin menonaktifkan akun.

* Terakhir, masukkan kata sandi dari akun Instagram Anda, lalu klik ‘Temprorarily Disable My Account’. Instagram kemudian akan menonaktifkan akun Anda sementara waktu.

Cara mengaktifkan kembali

Cara mengaktifkan kembali akun Instagram yang telah dinoaktifkan sangat mudah. Anda hanya perlu log in menggunakan username dan kata sandi seperti biasanya. Apabila berhasil, maka secara otomatis akun Instagram Anda akan kembali dan bisa digunakan seperti semula.

2. Cara Menghapus akun Instagram secara permanen melalui browser
Sama halnya dengan cara menghapus Instagram sementara, menghapus akun Instagram secara permanen juga bisa dilakukan dengan browser baik ponsel maupun laptop. Caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

* Buka browser melalui laptop Anda, dan masuk ke akun Instagram dengan menggunakan username dan kata sandi.
* Buka halaman help.instaram.com dan pilih menu ‘Mengelola Akun Anda’.
* Lalu dilanjutkan dengan memilih menu ‘Hapus Akun Anda’.
* Selanjutnya pilih ‘Bagaimana cara menghapus akun say?’. Setelahnya akan muncul beberapa pilihan, pilih nomor satu lalu kliuk ‘Halaman Menghapus Akun Anda’.
* Kemudian pilih alasan mengapa Anda ingin menghapus akun Instagram.
* Terakhir, masukan kata sandi akun Instagram Anda dan pilih ‘Pemanently Delete My Account’.

3. Cara menghapus akun Instagram dari ponsel
Akun Instagram juga bisa dihapus melalui ponsel. Caranya sangat mudah cukup ikuti langkah-langkah berikut:

* Buka aplikasi Instagram pada ponsel Anda, kemudian masuk ke profil Anda.
* Setelah itu, pilih simbol titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
* Lalu masuk ke menu ‘Settings’ yang terdapat di paling bawah dan pilih opsi ‘Help Centre’.
* Anda akan diarahkan untuk masuk ke laman help.instagram.com, pilih ‘Bagaimana Cara Menghapus Akun Saya’.
* Dan pilih nomor satu dan klik ‘Halaman Menghapus Akun Anda’.
* Kemudian pilih alasan kenapa Anda ingin menghapus akun Instagram.
* Terakhir, masukkan kata sandi akun Instagram Anda dan klik ‘Pemanently Delete My Account’.

Selain karena masalah keamanan dan privasi data, ada beberapa pertimbangan yang membuat pengguna pada akhirnya harus menonaktifkan akun Instagram mereka selamanya.

1. Adiktif
Riset menunjukkan jika rata-rata orang bisa menghabiskan sekitar 2 jam 24 menit di laman media sosial, termasuk Instagram. Bahkan beberapa negara seperti Afrika, masyarakatnya banyak menghabiskan waktu rata-rata 3 jam 10 menit per hari untuk melihat media sosial saja Faktor kecanduan media sosial ini yang pada akhirnya dapat mendorong pengguna untuk menghapus Instagram.

2. Iklan yang banyak
Instagram telah menjadi media sosial yang populer. Tidak heran bila perusahaan banyak menyediakan ruang bagi mereka yang ingin menaruh iklan suatu produk. Bisa kamu perhatikan di setiap 4 hingga 5 postingan temanmu, pasti kamu akan menemukan iklan yang muncul. Belum lagi jika kamu mengikuti salah satu selebgram maka, akan banyak iklan atau produk endorse yang dilakukan oleh mereka.

3. Menciptakan kehidupan yang palsu
Banyak selebgram sering menunjukkan kehidupan mewah dan bahagia di Instagram. Hal ini yang kadang dapat menimbulkan rasa iri di kalangan followers-nya. Mereka ingin menjadi selebgram tersebut dan memperoleh kehidupan yang sama. Tidak jarang beberapa di antaranya berusaha membuat kehidupan palsu dan membagikan di Instagram agar mencapai popularitas yang sama.

4. Akun diretas
Survei online Kaspersky Lab kepada 4.831 responden menunjukkan bahwa sebanyak 5% responden mengatakan bahwa mereka ingin menghapus akun media sosial mereka karena akunnya telah diretas. Seperti media sosial lainnya, Instagram juga memiliki kerentanan untuk diretas.

5. Merasa insecure
Sebanyak 4% responden dari survei online Kaspersky Lab yang disebutkan di atas mengungkapkan alasan mereka meninggalkan media sosial adalah karena lelah dengan haters yang merudung atau mem-bully mereka secara online. Kebebasan berbicara secara online dapat menjadi kekurangan, terutama ketika banyak orang dapat berkomentar secara asal tanpa memikirkan dampak dari perkataan mereka.

Hal ini membuat mereka merasa tidak sebaik pengguna lainnya bahkan banyak pengguna yang merasa iri dengan kehidupan orang lain. Hanya karena konten yang mereka unggah karena konten yang mereka buat tidak sekeren atau semewah orang lain, akhirnya pengguna merasa insecure dan rendah diri. Hal inilah yang membuat menghapus akun Instagram menjadi rekomendasi terbaik untuk menenangkan psikis dari pengguna.