Blog

25 Daftar Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Lengkap

Bagi sebagian orang tentu saja sudah tidak asing lagi dengan istilah akuntansi. Terutama bagi kamu yang menempuh pendidikan di SMA IPS, SMK akuntansi, ekonomi, manajemen, dan lain sebagainya.

Tetapi sebenarnya apa itu akuntansi? Apa saja manfaat dari akuntansi?

Makna akuntansi dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah sebuah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan juga penafsiran suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.

Jika dilihat dari penggunaannya, maka diperlukan suatu ketrampilan yang khusus supaya bisa mengerjakan semua kegiatan akuntansi.

Misalnya seperti pencatatan transaksi, penggolongan atau mengelompokkan transaksi, sampai dengan bisa mengeluarkan hasil berupa laporan keuangan yang bisa digunakan untuk kepentingan entitas.

Oke, pertanyaannya yaitu bagaimana pengertian akuntansi menurut para ahli? Bagaimana pengertiannya secara umum? Tenang di artikel ini akan dibahas secara lengkap.

Dalam hal ini ada banyak sekali pakar atau ahli akuntansi yang ada di dunia yang mempunyai definisi atau penjelasan tersendiri untuk kata akuntansi.

Apakah semua ahli sepakat tentang satu makna atau fungsi daripada akuntansi? Atau mereka mempunyai pendapatnya masing-masing?

Oke, kami ada beberapa pengertian tentang akuntansi yang disampaikan oleh pakar atau ahli akuntansi yang ada di dunia ini.

Akuntansi (Accounting) adalah bahasa bisnis dan sistem informasi yang mengukur aktivitas, memproses data menjadi laporan serta mengkomunikasikan hasilnya bagi pengambilan keputusan yang akan membuat keputusan yang dapat mempengaruhi aktivitas bisnis.

Akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan informasi keuangan kepada pihak – pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu perusahaan.

Akuntansi adalah suatu seni untuk mengumpulkan, mengidentifikasi, mengklasifikasi, mencatat transaksi sesuai kejadian yang berhubungan dengan keuangan untuk mendapatkan informasi berupa laporan keuangan yang dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan.

Akuntansi adalah suatu sistem informasi keuangan, yang bertujuan untuk menghasilkan dan melaporkan informasi yang relevan bagi berbagai pihak yang berkepentingan.

Akuntansi adalah suatu seni kegiatan jasa dalam proses pengolahan data keuangan menjadi suatu informasi mengenai suatu badan ekonomi yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

Akuntansi keuangan (financial accounting) adalah sebuah proses yang berakhir pada pembuatan laporan keuangan menyangkut perusahaan secara keseluruhan untuk digunakan baik oleh pihak – pihak internal maupun pihak ekstern.

7. Menurut Financial Accounting Standards Board / FASB (2017)
Akuntansi adalah kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan suatu informasi kuantitatif yang kemudian digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi.

Akuntansi yaitu sebagai fungsi organisasi secara sistematis, dapat dipercaya dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisis, menginterpretasikan seluruh transaksi dan kejadian serta karakter keuangan yang terjadi dalam operasional perusahaan sebagai pertanggungjawaban atas kinerjanya.

Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang mempunyai fungsi untuk memberikan berbagai macam data yang kuantitatif.

Data kuantitatif yang dimaksud di sini adalah yang mempunyai sifat keuangan, dari suatu usaha ekonomi yang bisa digunakan pada pengambilan berbagai macam keputusan ekonomi untuk mendapatkan berbagai macam alternatif tertentu dalam suatu keadaan tertentu.

Akuntansi merupakan sebuah sistem informasi yang dapat digunakan untuk menghasilkan sebuah laporan kepada berbagai pihak yang mempunyai kepentingan terhadap kegiatan ekonomi dan kondisi perusahaan.

Akuntansi adalah suatu sistem atau teknik untuk melakukan pengukuran dan pengelolaan transaksi keuangan dan juga memberikan hasil pengelolaan tersebut ke dalam bentuk informasi kepada berbagai pihak intern dan ekstern perusahaan.

Akuntansi yaitu suatu proses pengindentifikasian, pengukuran, dan juga pelaporan informasi ekonomi untuk dapat memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan juga tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Akuntansi yaitu suatu seni dalam kaitannya dengan pencatatan, penggolongan, dan peringkasan dari berbagai macam peristiwa dan berbagai kejadian yang mempunyai sifat keuangan dengan cara yang secepat-cepatnya atau dinyatakan dengan uang, dan penafsiran terhadap berbagai hal yang timbul daripadanya.

Akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasi, mengukur, dan juga menyampaikan berbagai macam informasi ekonomi sebagai suatu bahan informasi dalam kaitannya dengan mempertimbangkan berbagai macam alternatif dalam mengambil sebuah kesimpulan oleh para penggunanya.

Akuntansi merupakan suatu tahapan proses pengumpulan, pengindentifikasian, pencatatan, penggolongan, peringkasan, dan juga penyajian atau pelaporan dari berbagai macam transaksi keuangan serta penafsirannya untuk kepentingan pengambilan keputusan.

Akuntansi merupakan suatu proses melakukan identifikasi, mengukur, dan juga melaporkan berbagai macam informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya suatu penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Akuntansi merupakan suatu proses mencatat transaksi keuangan dan juga mengolah data transaksi dan menyajikan suatu informasi kepada berbagai pihak yang mempunyai hak dan juga berkepentingan terhadap informasi tersebut.

Berdasarkan penjelasan Committee on Terminology of The American Institute of Certified Public Accountants dalam bukunya Bastian dan Suharjono dijelaskan bahwa:

Akuntansi adalah sebuah seni dalam kaitannya dengan pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran berbagai macam transaksi atau peristiwa yang mempunyai sifat keuangan dengan suatu cara yang bermakna dan dalam satuan uang serta menginvestasikan hasil-hasilnya.

Akuntansi yaitu suatu kegiatan jasa yang mempunyai tujuan untuk menyediakan berbagai macam informasi kuantitatif, khususnya yang bersifat ekonomis untuk pengambilan berbagai keputusan ekonomis dalam memberikan berbagai pilihan yang logis di antara berbagai tindakan alternatif.

Akuntansi adalah suatu proses pengukuran kegiatan ekonomi pada suatu entitas dalam satuan mata uang dan dapat memberikan hasilnya terhadap berbagai pihak yang berkepentingan.

Akuntansi yaitu suatu perhitungan atau sebuah kalkulasi komparasi antara berbagai biaya yang ada sebagai suatu usaha dengan pencapaian hasil yang merupakan suatu usaha atau prestasi tersebut.

Akuntansi adalah suatu alat yang dipakai sebagai suatu bahasa bisnis. Dalam hal ini informasi yang disampaikan hanya dapat dipahami apabila mekanisme akuntansi sudah dipahami.

Akuntansi dapat disusun sedemikian rupa agar berbagai transaksi yang tercatat bisa diolah menjadi suatu informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan.

Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang mempunyai fungsi untuk memberikan fasilitasi atau menyediakan berbagai informasi kuantitatif.

Informasi ini terutama yang berhubungan dengan keuangan. Diharapkan informasi ini menjadi sebuah masukkan dalam proses pengambilan keputusan ekonomis serta rasional.

Akuntansi merupakan suatu teknologi, sehingga perlu diperlakukan sebagai sebuah teknologi juga.

Teknologi ini digunakan untuk bisa mengendalikan berbagai macam variabel alam serta sosial untuk bisa meraih kehidupan tertentu yang lebih baik.

Apabila akuntansi diarahkan menjadi sebuah teori, maka seharusnya teori akuntansi ini mempunyai sifat bebas dari nilai sosial dan juga tidak mempunyai sifat normatif.

Sebuah teori seharusnya tidak dapat mempengaruhi secara langsung kepada pengaplikasian atau praktik akuntansi.

Hal tersebut dikarenakan sebuah teori tidak dapat mengendalikan variabel yang sudah diorikan.

Akuntansi merupakan suatu sistem informasi yang berhubungan dengan keuangan, yang mempunyai tujuan untuk menghasilkan dan selanjutnya melaporkan informasi yang relevan atau sesuai untuk berbagai pihak yang mempunyai kepentingan.