Blog

24 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Buku UU Bahasa Dan KBBI

Kampus IPB, Gambar via WordPressPengertian pendidikan menurut para ahli, buku dan Undang-undang (UU), bahasa dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memang sangat penting untuk dipahami bagi Anda seorang pelajar, mahasiswa, guru atau dosen.Selain itu, mereka yang sedang membuat makalah di Perguruan Tinggi (PT) juga tidak sedikit yang harus mengetahui tentang definisi dari kata pendidikan.

Mengetahui arti dari pendidikan adalah ilmu dasar. Selanjutnya akan banyak lagi disiplin ilmu yang harus dipelajari terkait dunia pendidikan. Maka dari itu, sebagai mahasiswa sudah sewajarnya menjadikan aktivitas membaca sebagai kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan. Baca, baca dan baca. Bisa baca buku, jurnal, artikel, majalah, dan lain-lain.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan kumpulan pengertian pendidikan untuk pembaca.

Kampus IPB, Gambar via WordPressBerikut adalah 24 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli, Buku, UU, Bahasa dan KBBI:

1. Pendidikan Menurut Bahasa

Dalam bahasa inggris, pendidikan disebut denganeducationyang berasal dari bahasa latin yaitu‘educatum’yang tersusun atas dua kata yaituEdanDuco. Kata E memiliki sebuah arti perkembangan dari luar atau dari sedikit menjadi banyak, sementara Duco berarti perkembangan atau sedang berkembang.

Sedangkan secara etimologi, pengertian pendidikan yaitu menjadi berkembang atau bergerak dari dalam keluar, atau dengan kalimat lain, pendidikan berarti proses mengembangkan kemampuan diri sendiri(inner abilities)dan kekuatan individu. Kata Education sering juga dihubungkan dengan‘Educere‘(Latin) yang berarti dorongan (propulsion) dari dalam keluar. Artinya untuk memberikan pendidikan melalui perubahan yang diusahakan melalui latihan ataupun praktik. Oleh karena itu definisi pendidikan mengarahkan untuk suatu perubahan terhadap seseorang untuk menjadi lebih baik.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Siapa yang tak kenal pemuka yang satu ini yang akrab dijuluki sebagai Bapak Pendidikan Indonesia, beliau mengemukakan bahwa pengertian pendidikan adalah tuntunan tumbuh dan berkembangnya anak. Artinya, pendidikan merupakan upaya untuk menuntun kekuatan kodrat pada diri setiap anak agar mereka mampu tumbuh dan berkembang sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat yang bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan dalam hidup mereka.

3. Ensiklopedi Pendidikan Indonesia
Menurut Ensiklopedi Pendidikan Indonesia pendidikan adalah proses membimbing manusia atau anak dari kegelapan, ketidak tahuan, kebodohan dan kecerdasan pengetahuan.

4. Encyclopedia Americana 1978
Menurut Encyclopedia Americana 1978 , Pendidikan adalah proses yang digunakan setiap individu untuk mendapatkan pengetahuan, wawasan serta mengembangkan sikap dan keterampilan.

5. Ahmad D. Marimba

Pendidikan adalah bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh pendidik kepada peserta didik dengan tujuan membentuk kepribadian yang utama secara jasmani dan rohani.

6. Prof. H . Mahmud Yunus
Pendidikan menurut Prof. H . Mahmud Yunus adalah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dna akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak kepada tujuan dna cita-cita. Agar memperoleh kehidupan yang bahagia dan apa yang dilakukanya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, negara dan agamanya.

7. Prof. Dr. John Dewey
Pendidikan menurut Prof. Dr. John Dewey merupakan suatu proses pengalaman. Karena kehidupan merupakan pertumbuhan, maka pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin manusia tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan adalah proses penyesuaian pada setiap fase dan menambah kecakapan dalam perkembangan seseorang melalui pendidikan

8. Aldous Huxley
Beliau mengatakan bahwa pendidikan yang sempurna adalah dimana semua manusia dilatih agar siap untuk ditempatkan dalam hirarki sosial akan tetapi dalam prosesnya tidak melakukan penghancuran atau pengrusakan terhadap individu atau karakter unik atau khas seseorang.

9. Martinus Jan Langeveld

pendidikan adalah upaya untuk membantu peserta didik agar mereka mampu mengerjakan tugas kehidupan secara mandiri dan bertanggung jawab secara oral dan susila. Dalam hal ini, pendidikan juga diartikan sebagai upaya untuk membangun anak agar lebih dewasa.

10. M.J. Langeveld
Pendidikan menurut M.J. Langeveld yaitu upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa kearah kedewasaan. Pendidikan adalah suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya agar senantiasa mandiri dan bertanggung jawab secara susila. Pendidikan juga diartikan sebagai usaha untuk mencapai penentuan diri dan tanggung jawab.

pendidikan adalah sebuah upaya untuk mengembangkan kecakapan individu, baik secara sikap maupun prilaku dalam bermasyarakat. Dengan kata lain, pendidikan adalah proses sosial di mana lingkungan yang teroganisir seperti sekolah dan rumah, mampu mempengaruhi seseorang untuk mengembangkan kecakapan sikap dan prilaku dalam diri sendiri dan bermasyarakat.

12. Comenius

Comeniusmenyatakan bahwa pendidikan adalah proses dimana individu mengembangkan kualitasnya terhadap agama, ilmu pengetahuan dan moralnya, yang membuatnya mampu mengklaim dirinya sebagai manusia.

endidikan adalah sebuah alat di mana komunitas sosial mampu melanjutkan keberadaan dalam mempengaruhi diri sendiri dan mempertahankan idealisme.

14. Stella Van Petten Henderson

pendidikan adalah sebuah kombinasi antara pertumbuhan dan pengembangan diri serta warisan sosial.

15. Driyarkara
Pendidikan didefinisikan sebagai upaya memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke taraf insani.

16. Stella van Petten Henderson

Pendidikan merupakan kombinasai dari pertumbuhan dan perkembangan insani dengan warisan sosial. Kohnstamm dan Gunning (1995) : Pendidikan adalah pembentukan hati nurani. Pendidikan adalah proses pembentukan diri dan penetuan-diri secara etis, sesuai denga hati nurani.

17. C.D Hardie
Menurut C.D Hardie dalam buku monografnya Truth and Fallacy in Educational Theory (1941), menyatakan bahwa pendidikan seharusnya mendidik seseorang dengan alami (nature), bahwa seorang guru harus bertindak sebagai tukang kebun yang membina tumbuhan secara alami dan tidak melakukan hal hal yang tidak alamiah. Dalam monografnya, C.D. Hardi mengkritik pemerintah yang memberikan aturan aturan (law) yang mengatur pendidikan.

18. Thedore Brameld
Pendidikan adalah suatu proses yang lebih luas daripada proses yang berlangsung di dalam sekolah saja. Pendidikan adalah suatu aktivitas sosial yang memungkinkan masyarakat tetap ada dan berkembang. Di dalam masyarakat yang kompleks, fungsi pendidikan ini mengalami spesialisasi dan melembaga dengan pendidikan formal yang senantiasa tetap berhubungan dengan proses pendidikan informal di luar sekolah).

19. Gunning dan Kohnstamm

Pendidikan adalah sebuah proses pembentukan dan pembangunan hati nurani, di mana seseorang mampu membentuk serta menentukan diri secara etis berdasarkan hati nurani.

20. Plato
Pendidikan adalah proses yang dilakukan seumur hidup yang dimulai dari proses lahir hingga kematian, yang akan membuat seseorang bersemangat dalama mewujudkan warga negara yang ideal dan mengajarkannya bagaimana cara memimpin dan mematuhi yang benar.

21. Pengertian Pendidikan Berdasarkan UU
Pengertian Pendidikan berdasarkan Undang-Undang No 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Berdasarkan undang-undang ini, pendidikan diartikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi di dalam diri untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Berdasarkan pengertian di atas maka dapat diketahui bahwa sasaran pendidikan tidak hanya cerdas secara kognitif atau akademis saja akan tetapi juga cerdas secara akhlak.

22. Pengertian Pendidikan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

didik/di·dik/ v, mendidik/men·di·dik/ v memelihara dan memberi latihan (ajaran, tuntunan, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran
didikan/di·dik·an/ n 1 hasil mendidik: pada umumnya anak-anak ~ Taman Siswa pada zaman Belanda tebal rasa kebangsaannya; 2 anak atau hewan yang dididik: anak yang saleh itu ~ orang tuanya; 3 cara mendidik: bukan karena apa anak itu, hanya salah
pendidik/pen·di·dik/ n orang yang mendidik
pendidikan pen.di.dik.an
proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik

Pengertian Pendidikan Menurut Ahli Pendidikan Dalam Buku

23. Buku karya John Stuart Mill
Salah satu filosof yang berasal dari inggris John Stuart Mill mengatakan bahwa pendidikan merupakan berbagai hal yang dikerjakan, baik seseorang bagi dirinya sendiri maupun yang dikerjakan orang lain bagi dirinya. dan mempunyai tujuan untuk mendekatkan dirinya pada tingkat kesempurnaan

24. Buku karya Prof Richey
Dalam bukunya yang berjudul planning for teaching an introduction to education. beliau mengatakan bahwa pendidikan ialah yang berkenaan akan fungsi secara luas dari perbaikan, serta pemeliharaan kehidupan suatu masyarakat dan mampu membawa generasi masyarakat yang baru untuk penuaian tanggung jawab juga kewajiban dimasyarakat.

Selain 24 pengertian atau definisi pendidikan diatas, pastinya di luar sana masih banyak lagi yang membahas arti dari pendidikan itu sendiri. Diharapkan kepada pembaca untuk selalu menjadi pembaca yang cerdas, yaitu selalu mengumpulkan banyak referensi untuk memahami suatu ilmu. Salah dalam menyimpulkan, maka fatal akibatnya.

Meski era zaman now informasi sedemikian rupa banyak berseliweran dimana-mana. Tapi buku harus tetap menjadi panduan kita dalam belajar, tidak selalu bergantung kepada mbah google.

Oke, demikianlah informasi mengenai 24 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli, Buku, UU, Bahasa dan KBBI kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Bagi Anda yang ingin mengetahui tentang pengertian teknologi pendidikan dan tujuannya, bisa membacanya disini.

Referensi:
rocketmanajemen.com
pelangiblog.com
KamusBesarBahasaIndonesia.org
pelajaran.co.id
belajarberkebun.com