Blog

15 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Manajemen adalah kata yang tua, berasal dari Latin yaitu manus yang secara harfiah artinya ‘dengan tangan’ dan kekuasaan atau yurisdiksi. Kemudian pada abad pertengahan, muncul kata maneggiaren dari Bahasa Italia yang artinya merujuk pada pejabat yang bertanggung jawab atas fasilitas produksi, seperti bengkel manufaktur kain, atau kantor perdagangan luar negeri.

Kata tersebut kemudian diserap oleh Bahasa Perancis yaitu managerie yang artinya seni melaksanakan dan mengatur dan olehBahasa Inggris yang terekam pertama kali dalam dokumen pada tahun 1589. Pada akhir abad ke 17, kata manage atau management umum digunakan dalam Bahasa Inggris yang artinya mengurus, mengemudikan, mengelola, menjalankan, membina dan memimpin.

Para ahli memiliki pandangan tersendiri mengenai definisi manajemen secara jelas, berikut merupakan penjelasan arti kata manajemen dari para ahli:

1. Henri Fayol berpendapat bahwa manajemen berarti melakukan serangkaian kegiatan yaitu meramalkan dan merencanakan, mengorganisasikan, mengoordinasikan, dan mengendalikan.
2. Menurut G.R Terry, manajemen adalah segala usaha untuk mencapai tujuan yang sebelumnya telah ditetapkan dengan menggunakan orang lain.
3. John. D Millett mendefinisikan manajemen sebagai proses yang terdiri dari pembimbingan, pengarahan dan pemberian fasilitas kerja pada orang yang telah terorganisir dalam kelompok untuk mencapai tujuan tertentu.
4. Manajemen didefinisikan oleh Mary Parker Foller sebagai seni dalam menyelesaikan sesuatu oleh orang lain.
5. James A.F. Stoner meyakini manajemen sebagai proses merencanakan, mengorganisir, memimpin dan mengontrol usaha anggota organisasi dan sumber daya ogranisasi lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
6. Luther Gulick berpendapat bahwa manajemen merupakan bidang ilmu pengetahuan yang berusaha secara sistematik memahami mengapa dan bagaimana orang dapat bekerja sama.
7. Menurut Hasibuan, manajemen adalah ilmu dan seni untuk mengatur dan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan tertentu.
8. Menurut Assauri, manajemen dapat diartikan sebagai proses koordinasi berbagai aktifitas kerja sehingga pekerjaan dapat selesai secara efisien oleh orang lain.
9. Griffin menjelaskan, manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengontrol sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
10. Menurut Morgen Witzel, manajemen adalah pengkoordinasian dan pengarahan kegiatan oleh diri sendiri atau orang lain untuk menuju tujuan tertentu.
11. Stanley Vance meyakini manajemen hanya merupakan proses pengambilan keputusan dan kontrol atas tindakan manusia dalam mencapai tujuan jelas yang telah ditetapkan sebelumnya.
12. Harold knootz berpandangan bahwa manajemen adalah seni dalam menyelesaikan sesuatu oleh orang orang yang terorganisir secara formal.
13. Certo & Certo menegaskan definisi manajemen sebagai proses mencapai tujuan organisasi melalui orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya.
14. Menurut Robbins & Coulter, manajemen berarti mengkoordinir dan mengawasi kegiatan kerja orang lain agar kegiatannya selesai secara efisien dan efektif.
15. Gulati, Mayo, & Nohrian memandang manajemen sebagai tindakan bekerja dengan dan melalui sekelompok orang untuk mencapai tujuan atau sasaran yang diinginkan dengan cara yang efisien dan efektif.

referensi:

Witzel, Morgen (2004). Management The Basic. London: Routledge.

Sulastri, Lilis (2014). Manajemen Sebuah Pengantar. Bandung: LaGood’s Publishing.

Kaehler, Boris & Grundei, Jens. (2019). The Concept of Management: In Search of a New Definition. 10.1007/ _2.