Blog

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat Tanpa Olahraga

Cara mengecilkan perut buncit tentu harus dilakukan bila kamu ingin memiliki tubuh yang sehat. Terlebih, lemak pada bagian perut yang menyebabkan perut buncit bukan hanya sekadar gangguan untuk penampilan saja.

Namun, perut buncit bisa menjadi berbahaya karena punya implikasi terhadap berbagai masalah kesehatan.

Salah satunya jenis lemak perut (lemak visceral) menjadi faktor utama sejumlah penyakit, seperti diabetes tipe 2 dan jantung.

Orang dengan lemak perut berlebih memiliki risiko lebih tinggi, meskipun dari luar dan anggota badan lainnya terlihat kurus.

Cara mengecilkan perut buncit
Mengecilkan perut buncit memang bukan hal yang mudah, ada banyak sekali tugas yang perlu dilakukan sebagai cara mengecilkan perut buncit.

Namun, perlu diketahui bahwa hal itu hanya bisa berhasil bila kamu menerapkan sejumlah cara mengecilkan perut dengan cepat seperti di bawah ini.

Berikut adalah cara mengecilkan perut buncit secara alami dan juga efektif yang tentunya didukung oleh studi ilmiah.

1.Konsumsi banyak protein
Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk mengecilkan perut buncit. Asupan protein yang tinggi meningkatkan pelepasan hormon kenyang, menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Kemudian, protein dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh dan membantu mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan.

Sejumlah penelitian observasional menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut daripada mereka yang mengkonsumsi makanan diet rendah protein.

Berikut sumber protein yang baik untuk mengecilkan perut buncit:

* Daging
* Ikan
* Telur
* Susu protein
* Kacang polong

2. Kurangi karbohidrat
Soal karbohidrat mungkin telah banyak kamu dengar dalam hubungannya dengan penurunan berat badan. Lalu, bagaimana dengan perut buncit?

Penelitian dari Journal of Nutrition menyebutkan bahwa seseorang yang mengurangi asupan karbohidratnya akan kehilangan sejumlah lemak hanya dan penambahan massa otot hanya dalam hitungan minggu.

3. Santap makanan berserat
Jenis serat larut dapat menyerap air dan membentuk gel yang akan membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan.

Hasil studi pun menunjukkan bahwa jenis serat larut berfungsi untuk meningkatkan penurunan berat badan. Caranya adalah dengan membuat kamu merasa kenyang, sehingga secara alami makanan yang dikonsumsi lebih sedikit.

Selain itu, secara otomatis juga mengurangi jumlah kalori yang diserap tubuh dari makanan.

Tidak hanya itu, serat larut dapat membantu mengecilkan perut buncit. Sebuah studi pada lebih dari 1.000 orang dewasa menunjukkan bahwa untuk setiap 10 gram asupan serat larut, akan menurun 3,7% lemak perut.

Usahakan untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi setiap hari. Sumber serat larut yang sangat baik, yaitu

* Biji rami
* Mie shirataki
* Kubis Brussel
* Buah alpukat
* Kacang polong
* Blackberry

4.Taburi saus vinaigrette pada makanan
Makanan asam seperti cuka dan jus lemon meningkatkan pembakaran karbohidrat mulai dari 20% hingga 40%. Para peneliti percaya bahwa asam menumpulkan lonjakan insulin dan memperlambat laju pengosongan makanan dari perut.

Sejumlah makanan fermentasi, seperti acar dan yogurt juga menjadi pilihan makanan asam yang baik untuk mengecilkan perut buncit atau lemak berlebih.

5.Teratur makan ikan berlemak
Ikan berlemak kaya akan protein tinggi dan lemak omega 3 yang melindungi tubuh dari penyakit. Tidak hanya itu, lemak omega 3 juga membantu mengurangi lemak visceral.

Hasil studi menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat secara signifikan mengurangi lemak hati dan perut. Nah, untuk mengecilkan perut buncit secara alami, usahakan untuk mengkonsumsi 2 sampai 3 porsi ikan berlemak per minggunya.

Berikut rekomendasi ikan berlemak yang baik untuk tubuh:

* Ikan salmon
* Ikan haring
* Ikan sarden
* Ikan kembung
* Ikan teri

6. Berhenti minum jus buah
Jus buah sudah sejak lama diketahui bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Sebab, kandungan di dalamnya yang terdapat vitamin dan mineral.

Namun, tahukah kamu bahwa kandungan pada jus yang tidak murni dan asli mengandung gula yang sama tingginya dengan soda dan berbagai minuman manis lainnya.

Minum jus yang seperti itu dalam jumlah besar dan juga rutin dapat memicu risiko hadirnya lemak perut .

Satu gelas standar berukuran 240 mL jus apel tanpa pemanis mengandung 24 gram gula, dan setengahnya adalah fruktosa.

Untuk kamu yang hendak mengurangi lemak pada bagian perut, alangkah baiknya mengganti jus buah dengan air, es teh tanpa pemanis, atau air soda dengan irisan lemon atau jeruk nipis.

7.Minum teh hijau
Sebagaimana informasi yang telah tersebar di masyarakat, teh hijau adalah minuman yang sangat sehat dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Teh hijau mengandung kafein dan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG). Kedua kandungan itu berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh. EGCG sendiri merupakan katekin yang dapat membantu menghilangkan lemak perut.

Minuman teh hijau akan lebih efektif bila dibarengi dengan olahraga yang teratur dan rutin.Sekadar informasi, teh hijau juga merupakan minuman yang disarankan untuk mencegah kanker serviks.

8. Berhenti minum minuman manis
Minuman manis menempati urutan tinggi dalam asupan makanan yang menyebabkan perut menjadi buncit. Namun,jika kamu memiliki tekad untuk melakukan perubahan kecil sedikit saja, itu akan baik untuk tubuhmu.

9. Hindari lemak trans
Menghindari lemak trans dapat menurunkan risiko terjadinya peradangan, penyakit jantung, resistensi insulin dan lemak perut.

Lemak trans merupakan lemak yang terbentuk saat minyak menjadi lemak padat. Contoh makanan yang mengandung lemak trans antara lain:

* Makanan yang digoreng dengan teknik deep frying seperti kentang goreng, ayam goreng, dan donat.
* Makanan yang dipanggang seperti kue.
* Cemilan seperti popcorn.
* Adonan yang didinginkan seperti pizza beku.

10. Jangan melewatkan waktu makan
Apabila kamu tidak makan secara teratur dan melewatkan jam makan dalam waktu yang lama, maka sama saja kamu memposisikan tubuh pada kondisi katabolik.

Katobilk artiya mengurai protein yang mengakibatkan pengurangan pembentukan protein. Selain itu, katabolic juga mempengaruhi metabolisme tubuh serta distribusinya dan menyebabkan pertambahan lemak di sejumlah bagian tubuh, salah satunya adalah lemak perut.

Oleh karena itu, apabila kamu serius mengecilkan perut buncit, tentukanlah waktu makan yang efektif dan terapkan tanpa ada satu waktu pun yang terlewat.

11. Rutin sikat gigi
Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa pria yang sering menggosok gigi cenderung lebih kurus daripada pria yang jarang menyikat giginya.

Salah satu alasannya adalah rasa segar mint dari pasta gigi, yang cenderung membuat orang tidak banyak ngemil di antara jam makan.

12.Kelola rasa stress
Cara mengecilkan perut buncit yang berikut ini sangat mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menarik napas dalam-dalam di tempat yang tenang dan nyaman secara pribadi.

Usahakan untuk berada di tempat yang membuat kamu rileks, baik tempat asing atau telah berkali-kali dikunjungi tidak masalah. Kemudian, berjalan-jalan di sekitar tempat tersebut dan rasakan atmosfer di sana.

13. Makan perlahan dan tenang
Cara yang satu ini mungkin tidak disangka-sangka, tetapi makan dengan perlahan justru jadi cara yang ampuh untuk mengecilkan perut buncit.

Saat sedang makan, pastikan kamu hanya fokus pada santapan itu saja tanpa membagi fokusmu pada urusan lain, seperti smartphone atau pekerjaan.

Sebab, saat hanya melakukan satu kegiatan saja a.k.a makan, maka kamu akan lebih mudah merasa kenyang dan pada akhirnya tidak mengkonsumsi makanan berlebih.

14.Terapkan puasa intermiten
Sebuah studi di University of Illinois, Chicago, menunjukkan bahwa orang yang melakukan diet dengan hanya makan antara jam 10 pagi dan 6 sore atau serupa dengan puasa intermiten, mengkonsumsi 350 kalori lebih sedikit sehari. Selain itu, kamu juga berpotensi kehilangan 3% bobot tubuh dalam waktu 12 minggu.

15. Perbaiki kualitas tidur
Terakhir, tidak sedikit penelitian yang menunjukkan hubungan antara tidur singkat dengan penambahan berat badan.

Jika kamu kekurangan waktu tidur, aktivitas pada bagian lobus frontal otak (bagian pengambilan keputusan yang masuk akal) akan otomatis terganggu. Sedangkan, sisi lainnya seperti bagian ‘primal’ otak yang berhubungan keinginan akan menyala tanpa terkontrol.

Kurangnya waktu tidur juga mendatangkan bahaya untuk metabolisme tubuh. Saat tubuh tidak mendapat durasi istirahat yang cukup, maka akan terjadi penghematan energi dan berakibat pada memperlambatnya fungsi dasar tubuh.

Kombinasi dari keinginan dan kemauan yang tidak terkendali, dan sistem tubuh yang tidak berjalan efisien adalah undangan terbuka untuk penumpukan lemak.

Oleh karena itu, apabila lemak telah terlanjur menumpuk di dalam tubuh, maka perbaiki kualitas tidur dan hindari penumpukan lemak yang lebih banyak lagi.

Tips dari Lifepal! Cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga sangat sederhana dan begitu mudah untuk dilakukan, bukan? Kini setelah membaca informasi di atas tentu kamu dapat memenangkan bahwa dari perut yang buncit saja dapat memicu penyakit kronis lainnya.

Datangnya penyakit itu tidak bisa diprediksi dan tanpa undangan. Saat kejadian yang tidak menyenangkan itu terjadi tentu kamu atau orang-orang di sekitar membutuhkan perawatan yang terbaik.

Nah, kondisi akan tidak baik jika saat kondisi yang demikian itu datang, tetapi kamu tidak mempunyai asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan sendiri sangat bermanfaat untuk kamu sebagai bentuk proteksi diri. Jadi, saat kamu membutuhkan pertanggungan biaya pengobatan, perawatan di rumah sakit, dan jenis layanan medis lainnya, maka tidak perlu lagi kesulitan mencari kesana kemari.

Pentingnya memiliki proteksi asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan dapat mengcover biaya berobat di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang saat sakit.

Manfaatkan asuransi kesehatan cashless sehingga kamu bisa berobat ke rumah sakit hanya dengan menunjukkan kartu keanggotan.

Cari tahu di Lifepal daftar asuransi kesehatan terbaik di Indonesia dan bandingkan sendiri pilihan polis dan manfaat pertanggungan yang ditawarkan. Dapatkan diskon hingga 20% dan cashback 10% jika kamu membeli asuransi kesehatan di Lifepal.

Pertanyaan seputar cara mengecilkan perut buncit
Selain dari pola makan dan kebiasaan, maka kamu juga bisa menjadikan olahraga sebagai kombinasi untuk mengecilkan perut buncit. Sejumlah kegiatan olahraga yang dianggap efektif mengurangi lemak perut adalah sit up, twist crunch, vertical leg crunch, dan bicycle crunch. Asuransi kesehatan menawarkan penggantian biaya pengobatan di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya sehingga penggunanya tidak perlu mengeluarkan uang untuk berobat. Salah satu jenisnya adalah asuransi kesehatan cashless yang memungkinkan pengguna berobat ke faskes hanya dengan menunjukkan kartu asuransi yang dimiliki.